Sigit Purnomo

Upsss… the server will be down soon

Posted: September 8th 2006

Sekitar satu minggu ini, entah kenapa server inf.uajy.ac.id agak bermasalah. Setiap kali mau posting di blog, selalu prosesnya lambat dan pada akhirnya gagal. WYSIWYG HTML editor (tinyMCE) juga bermasalah karena menjadi tidak WYSIWYG lagi (mode teks).

WYSIWYG tinyMCE

What’s the Problem?
Ternyata masalah tidak terjadi pada saya saja. Temen-temen yang lain juga mengalami pada saat me-maintenance situs mata kuliah yang di ampu. Pusing, karena tidak menemukan penyebabnya apa. Berkali-kali server dicek + diubah konfigurasinya kemudian di-restart tetapi hasilnya tetap sama saja. Setelah berpusing-pusing ria, ternyata masalah yang terjadi adalah harddisk server penuh. Setiap kali melakukan proses untuk upload data ke server, statusnya memang berhasil tetapi ukuran file-nya 0 bytes. Pantas saja kalau setiap kali saja ingin posting di blog juga gagal. Untung beberapa minggu sebelumnya sudah dipersiapkan server baru untuk menggantikan server yang lama, so beberapa hal bisa mulai dimigrasi ke server yang baru, termasuk blog ini. Huh… proses migrasi blog ini ternyata tidak semudah yang dibayangkan, terlebih lagi karena sekalian mau upgrade versi WordPress-nya. Entah kenapa database-nya selalu bermasalah setiap kali ditimpa dengan yang lama. Setelah trial and error akhirnya berhasil juga migrasi blog ini ke server baru.

Saat ini, jika Anda mengunjungi blog saya di alamat yang lama, maka akan otomatis saya redirect ke alamat yang baru meski hanya sementara sampai proses migrasi server lama selesai. Hore… I can start blogging again now!


2 responses to “Upsss… the server will be down soon”

  1. agustami says:

    mo nnya nie.gw newbie banget .coba222 mo pake tinymce dalm upload berita..nga jalan.padahal udah diextrak ke localhost..napa ya..? listing sperti ini..apa ada yang salah ?

    Tiny Test

    tinyMCE.init({
    mode : “textareas”
    });

    ini akan tampil

  2. y_sigit_p says:

    #agustami:
    udah pakai textarea belum di form-nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php