Sigit Purnomo

WordPress database error: [Can't open file: 'wp_comments.MYI' (errno: 144)]

Posted: August 10th 2006

August 9, 2006, seperti biasa, setiap kali sampai di kantor, rutinitas yang dilakukan adalah menghidupkan komputer kemudian menjalankan aplikasi Web browser untuk masuk ke Control Panel WordPress. Dueng… nggak seperti biasanya, ternyata ada sesuatu yang salah. Pada setiap bagian yang berkaitan dengan akses ke table wp_comments ternyata ada error. Gak cuma di Control Panel WordPress, ternyata di blog juga sama. “WordPress database error: [Can’t open file: ‘wp_comments.MYI’ (errno: 144)] “. Ada apa nih???

Langkah pertama adalah Ask Mr. Google dengan keywordmysql errno: 144” (plus beberapa keyword lainnya). Dari banyaknya jawaban Mr. Google, ada beberapa artikel yang sesuai dengan harapan saya. Dueng… ternyata setelah dicoba dari shell Linux (red: server blog saya menggunakan Linux) semuanya tidak seperti yang saya harapkan. Problem isn’t solved! HIKS!

Langkah berikutnya, kirim email ke someone yang sudah dikenal dan sudah mempunyai jam terbang terkait dengan dunia blog menggunakan WordPress. Harapannya paling tidak saya bisa dapet clue ataupun langsung dapet solusinya. Pulang kantor, ternyata di rumah problem tersebut masih kepikiran. Pada saat tiduran, dueng… tiba-tiba ada lampu menyala di samping kepala saya (baca:saya tiba-tiba dapat ide tuk mencoba memecahkan masalah tersebut).

August 10, 2006, rutinitas seperti hari sebelumnya dan ternyata problem masih ada. Siap grak… ayo cepat cari PHPTriad dan install di komputer. Cari di folder my master komputer, ternyata nihil. Cari di server FTP kantor, ternyata nihil. Ask Mr. Google, ketemu tetapi konfigurasi proxy membuat saya tidak bisa mendownload file EXE kalau belum jam pulang kantor. Fuih, akhirnya ketemu di komputer Voyager, dan dari Smallville langsung terbang ke Voyager tuk mengambilnya. Setelah kembali ke Smallville membawa PHPTriad, langkah berikutnya adalah install ke komputer Smallville. Setelah instalasi selesai coba jalankan WinMySQLAdmin dan ternyata ada sedikit masalah, namun bisa terpecahkan berkat bantuan seorang teman.

Ide yang muncul malam sebelumnya, coba saya praktekkan. Setelah gagal mencoba memperbaiki table wp_comment dari Linux, saya berpikir untuk mencoba memperbaiki dari Windows. Melalui aplikasi Ws_FTP saya mengambil file database saya yang ada di server, lalu meng-copy ke folder data dari mysql versi Windows (PHPTriad). Melalui GUI WinMySQLAdmin saya coba akses ke table wp_comments ternyata gagal (masih error dan tidak bisa diakses). Putus asa, no way! Gimana ya klo dari command prompt mysql?

Nothing to lose! Akhirnya saya coba dari command prompt menjalankan teknik yang saya dapatkan dari artikel hasil jawaban Mr. Google. Dueng… ternyata berhasil! Proses me-repair table wp_comments berhasil, tidak seperti pada saat saya coba di Linux. Seakan tak percaya saya coba dari GUI WinMySQLAdmin dan ternyata bisa. Horeeeeeeeeee! Tidak mau menunggu waktu, saya langsung menjalankan aplikasi Ws_FTP, upload file table wp_comments ke server dan melalui aplikasi SSH Secure Shell saya pindahkan file table wp_comments tersebut ke tempat asalnya.

Finally, melalui Web browser saya coba akses Control Panel WordPress saya dan horeeeee… the problem is solved! Saya tidak jadi kehilangan data-data comments Web blog saya. From now, don’t forget to backup your data, OK!.


4 responses to “WordPress database error: [Can't open file: 'wp_comments.MYI' (errno: 144)]”

  1. ekhm… kesimpulannya apa? *geleng-geleng

  2. y_sigit_p says:

    #.the kecek’s: kesimpulannya adalah… baca sendiri paragraf terakhir hehehe…

  3. hehehheh,,,,,gak ngerti 🙂 😉

  4. Toko Online says:

    Rada bingung juga. Tapi yang penting problem is solved. Thanks banget infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php