Sigit Purnomo

Understanding Your Blog Visitor Behavior

Posted: August 8th 2006

Pengantar
Pengunjung suatu situs Web (seterusnya baca: blog) akan berinteraksi melalui serangkaian request yang bertalian dan berhubungan selama melakukan suatu kunjungan tunggal yang sering disebut dengan istilah session. Interaksi ini dilakukan untuk mendapatkan informasi maupun layanan yang diinginkan oleh pengunjung situs Web. Pengunjung situs Web dalam sebuah session dapat berinteraksi dengan berbagai fungsi (pages, category, dll) yang telah disediakan. Interaksi yang dilakukan oleh pengunjung yang satu dengan pengunjung yang lainnya mungkin berbeda baik dalam urutan rangkaian permintaannya maupun frekuensi kunjungannya. Pengunjung yang sama dalam suatu session yang berbeda mungkin melakukan rangkaian request yang berbeda. Tingkah laku atau interaksi pengunjung situs Web dapat dipahami sehingga pemilik situs Web dapat mengetahui bagaimana pola kunjungan untuk masing-masing pengunjung dalam sebuah session. Informasi pola kunjungan ini dapat digunakan untuk mengetahui fungsi-fungsi mana saja yang sering dilakukan ataupun yang jarang dilakukan oleh pengunjung (atau dengan kata lain fitur atau halaman mana yang sering dikunjungi dan yang jarang dikunjungi).

So, how to understanding the blog visitor behavior?
Pemahaman tingkah laku pengunjung suatu situs Web dapat dilakukan dengan mengambil elemen-elemen tingkah laku pengunjung dalam arti pola navigasi, fungsi-fungsi yang digunakan, frekuensi akses terhadap fungsi-fungsi dan waktu antara pengaksesan terhadap fungsi-fungsi yang ditawarkan oleh suatu situs Web. Pemahaman tingkah laku pengunjung ini diperoleh berdasarkan interaksi yang dilakukan pada setiap session dari pengunjung situs Web. Data mengenai interaksi masing-masing pengunjung pada setiap session salah satunya dapat diperoleh dari log akses terhadap situs Web yang tersimpan pada Web server. Untuk yang satu ini Anda bisa baca dari publikasi saya di Jurnal Algoritma (download here).

Cara yang akan saya bahas di sini adalah cara yang mudah, alias kita tidak perlu membuat tools sendiri. Kita dapat memahami tingkah laku pengunjung blog kita melalui fitur yang disediakan oleh W3Counter. Langkah-langkah yang harus kita lakukan juga sangat mudah, yaitu tinggal Sign-Up ke W3Counter dan mengikuti tahapan-tahapan yang ada.

Understanding the Blog Visitor by Their Visits
Fitur ini bisa kita gunakan untuk memahami karakteristik pengunjung blog kita dari kunjungannya. Melalui fitur ini kita bisa tau pada hari X ada berapa pengunjung yang unik, ada berapa pengunjung yang baru, ada berapa pengunjung yang kembali lagi, ada berapa page views dan ratio page views per visit. Tidak hanya per hari saja tetapi kita juga bisa mengetahui karakteristik kunjungannya berdasarkan jam, yang sedang online, dan berdasarkan lokasi geografisnya.

Visitor By Date

Visitor by Date Graph

Understanding the Blog Visitor by Popular Pages
Fitur ini bisa kita gunakan untuk memahami halaman situs blog mana yang paling sering dikunjungi. Pada fitur ini kita juga dapat memahami bagaimana sebuah halaman yang ada pada situs blog kita menjadi Entry Page atau Exit Page dan nilai Bounce Rate-nya.

Visitor Popular Pages

Understanding the Blog Visitor by Their Search
Fitur ini bisa kita gunakan untuk memahami bagaimana pengunjung blog kita bisa sampai ke blog kita, melalui search engine atau dari suatu situs tertentu (referrers).

Visitor Referrers

Selain itu, fitur ini bisa kita gunakan untuk memahami search engine apa yang digunakan oleh pengunjung blog kita sebelum menuju ke blog kita. Tidak hanya itu saja tetapi kita juga dapat mengetahui mengenai keyword apa saja yang digunakan oleh pengunjung sehingga dapat sampai ke blog kita.

Visitor from Search Engine

Understanding the Blog Visitor by Their Systems
Fitur ini bisa kita gunakan untuk memahami web browser apa yang digunakan oleh pengunjung blog kita. Tidak hanya itu saja tetapi kita juga dapat mengetahui mengenai sistem operasi yang digunakan maupun display setting yang digunakan.

Visitor Web Browsers

Finally, selamat memahami tingkah laku pengunjung blog Anda dan thanks to Dental yang secara tidak langsung sudah membuat saya mengetahui situs W3Counter.


4 responses to “Understanding Your Blog Visitor Behavior”

  1. zam says:

    nice info..

    Itulah gunanya statistik web. Selain menggunankan W3Counter, kita bisa menggunakan software 3rd party macam webalizer, awstat, dsb..

    Kalo aku lebih suka pake awstat 😀 lebih lengkap alaiom gambreng.. Hehehe

  2. Andry says:

    Parameter2 ini cocoknya untuk situs web secara umum. Jika ingin fokus ke situs web dengan alur informasi kronologis (misal, blog), pakai Measure Map saja.

    Lebih simple buat pengguna rata-rata seperti saya.

  3. phantom says:

    wah wah, terima kasih atas infonya. BTW, sebenarnya apa yg membuat pngunjung datang ke blog kt? any idea?

    http://tocanaan.blogspot.com

  4. y_sigit_p says:

    @phantom:
    salah satu caranya adalah dengan memposting konten yang bagus dan menarik… selain itu kita juga dapat menggunakan social networking seperti FaceBook, Twitter, dll untuk menginformasikan tentang posting yang kita buat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php