Sigit Purnomo

Analisa Dampak Ekonomis Proyek IT

Posted: June 26th 2006

Pada suatu hari, seorang manajer IT menghadap pimpinan perusahaan untuk menyerahkan proposal proyek IT.

Manajer IT: Bos, menurut saya, sudah saatnya kantor kita menggunakan IT untuk mendukung proses bisnis perusahaan.

Big Boss: Berapa biaya yang kita perlukan?

Manajer IT: 50 juta untuk investasi dan 5 juta untuk biaya operasional tiap tahunnya. Rinciannya sudah saya sertakan dalam proposal.

Big Boss: Hah… sebanyak itu! Saya tidak setuju! Selama ini IT sudah terlalu menghabiskan biaya!

Manajer IT: Tp Boss…

Big Boss
: Tidak ada tapi-tapian! Lebih baik biaya sebesar itu kita gunakan untuk keperluan lain yang lebih penting!

Sepenggal cerita di atas mungkin sering kita alami sebagai orang IT pada saat bertemu dengan orang ‘bisnis’. Banyak orang bisnis, khususnya manajer puncak masih memandang IT sebagai cost center, terlebih lagi karena kebanyakan orang IT masih cenderung technology-oriented, so jangan heran jika IT di ruangan mereka lebih wah daripada di ruangan lainnya (* hihihi… termasuk ruangan saya kayaknya *).

Problem di atas dapat diatasi apabila orang IT mau dan mampu untuk berpikir bisnis bersama-sama dengan orang bisnis. Selama ini, proposal proyek IT yang diajukan seringkali tidak menyertakan sisi bisnis-nya sehingga yang terlihat hanya cost saja. Kita sebagai orang IT harus mampu menunjukkan bahwa proyek yang diajukan memberikan value bagi perusahaan, khususnya dari segi finansial. Lalu bagaimana kita dapat menunjukkan value finansial tersebut? Metode Information Economics adalah salah satu jawabannya dan menurut saya ini adalah salah satu metode yang sangat bagus untuk mengevaluasi proyek IT yang akan kita usulkan.

Analisa Manfaat Proyek
Langkah ini merupakan langkah awal yang harus kita lakukan. Manfaat yang kita gali dapat dikategorikan ke dalam 4 kategori yaitu tangible measurable, tangible immeasurable, intangible measurable, dan intangible immeasurable.

Benefit Analysis

Traditional Cost-Benefit Analysis
TCBA dilakukan untuk mengkaji dampak finansial proyek IT berdasarkan manfaat-manfaat yang sifatnya tangible measurable, yaitu cost reduction, cost avoidance, dan increased revenue. Contoh analisa dampak finansialnya adalah sebagai berikut:

Proyek IT yang diusulkan memberikan manfaat berupa pengurangan staf yang harus mengerjakan suatu tugas. Pada sistem lama (manual) dibutuhkan 4 orang untuk mengerjakan proses pengelolaan faktur penjualan Pada saat sistem baru berbasis IT nanti diterapkan, pekerjaan dapat dilakukan oleh 2 orang saja, sehingga terjadi pengurangan biaya operasional gaji untuk 2 orang staf per tahun. Misal gaji 1 orang karyawan per tahun adalah 24 juta, maka akan terjadi penghematan sebesar 48 juta pertahun.

Value Analysis
Value analysis dilakukan sebagai enhancement dari TCBA karena TCBA hanya berfokus pada manfaat-manfaat yang terlihat di permukaan gunung es (Iceberg Phenomenon) yang biasanya bersifat tangible measurable. Manfaat yang digali di sini adalah manfaat-manfaat yang bersifat intangible measurable, yang dapat memberikan value berupa value linking (merepresentasikan ripple effect dari peningkatan suatu fungsi atau proses antar bagian akibat dari implementasi IT yang tidak tergantung dengan waktu), value acceleration (merepresentasikan ripple effect dari peningkatan suatu fungsi atau proses antar bagian akibat dari implementasi IT yang tergantung dengan waktu), value restructuring (nilai yang berhubungan dengan adanya restrukturisasi suatu tugas atau proses bisnis sebagai akibat dari penerapan IT sehingga dapat mengurangi non productive time), dan innovation valuation (nilai yang diperoleh terkait adanya fungsi baru dalam domain bisnis dikarenakan cara perusahaan berbisnis berubah sebagai akibat dari penerapan IT). Manfaat intangible measurable, khususnya value linking dan acceleration dapat digali dengan menggunakan teknik so what analysis. Contoh analisa dampak finansial untuk manfaat value linking adalah sebagai berikut:

Proyek IT yang diusulkan memberikan manfaat berupa peningkatan kualitas layanan pada pelanggan.
SO WHAT: pelanggan akan menjadi senang/puas dengan pelayanan yang diberikan perusahaan
SO WHAT: pelanggan akan cenderung memilih membeli di perusahaan kita dibandingkan dari pesaing
SO WHAT: penjualan kita akan semakin meningkat
Jika sudah sampai pada pertanyaan ini, maka kita tinggal menentukan seberapa besar peningkatan jumlah penjualan yang terjadi, 5%, 10% atau yang lainnya. Hal ini akan menunjukkan seberapa besar dampak finansial yang bisa diperoleh oleh perusahaan sebagai akibat dari proyek IT.

Finally (* uh… akhirnya dah mo selesai hihihi *), jika kita sudah mendapatkan seberapa besar dampak finansial proyek IT yang diusulkan, maka kita tinggal menghitung nilai return on investment-nya (ROI) dengan rumus (total biaya investasi/5/total arus kas bersih). Akhir kata, berhubung artikel ini sangat-sangat singkat untuk membahas mengenai evaluasi IT maka kalau ada yang kurang jelas, mari kita diskusikan bersama, ocre…


35 responses to “Analisa Dampak Ekonomis Proyek IT”

  1. darkula says:

    WAH WAH WAHH!!
    EKONOMIK TEKNIKT!!
    BU ERNAAAAAAAAAAA
    AKU KANGEN PADAMUUUHHHH

  2. y_sigit_p says:

    ups… kalau mo mengungkapkan perasaan jangan di sini Nald hihihi… :-p

  3. hery says:

    Bisa nggak …
    dikirimin contoh proposalnya

  4. y_sigit_p says:

    hmmm… untuk proposalnya sebenarnya sama dengan proposal proyek IT biasa, hanya saja ada lampiran berupa analisis dampak ekonomisnya…
    contoh analisa yang pernah saya lakukan bisa Anda download di sini (red: dokumen ini masih blm sempurna)

  5. pak saya ikut comment yah……

    memang benar apa yang ada di dunia bisnis, kadang IT sering di kambing hitamkan sebagai “depatemen pemborosan”. itu kalo menurut saya ada 2 hal.

    1. Dari sisi IT.
    apa yang bapak utarakan adalah benar, tetapi
    perlu di ingat pula kita tidak bisa pandang
    sebelah mata. Kenyataan yang ada teknologi sekarang memang sudah semakin maju. tetapi tidak semua product teknologi dapat digunakan secara maksimal.
    Memang kemudahan dalam hal mencari data dll. itu salah satu keunggulan IT. tapi apakah requrenment sebuah product teknologi bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pe bisnis?
    seberapa besar teknologi IT mempengaruhi dunia usaha pebisnis yang akan menggunakan produk IT?

    2. dari sisi Perusahaan
    Biasanya orang bisnis segala sesuatu dihitung dengan uang… ketika boss diberi proposal sumbangan dana perusahaan pastilah dia akan berteriak “Koq mahal sekale….”. hal tersebut terjadi karena unsur level bisnis.
    misal jika ada perusahaan yang omzet per tahun mencapai 20 M itu bukan berarti dia perusahaan besar, jika dia jual mobil mewah yang harganya +-
    1 s/d 2 M yang QTY barangnya hanya berapa buah saja. Berbeda dengan perusahaan omzet pertahun mencapai 20 M dengan barang2 yang di jual rata2 per buah seharga 100 rb. untuk contoh kedua ini dimungkinkan sekali untuk memiliki teknologi informasi untuk menunjang kinerja perusahaan.

    Kesimpulannya… semua itu tergantung jumlah dana, kebutuhan perusahaan, dll.(* masih banyak yang bisa dibahas…. nanti gak selesai, mungkin bisa dilanjutkan pada sesi mendatang… *)
    terima kasih salam untuk seluruh dosen FTI UAJY.

  6. robik says:

    Saya ga ingin berkomentar, tapi saya ingin bertanya?
    Setahu saya dalam analisis manfaat intangible terdapat nilai korporatnys. Nah bagaimana cara pengukuran nilai korporat tersebut.

    Trus, bagaimana cara pngukuran dengan IE-Kuesioner Domain

  7. y_sigit_p says:

    #Fandy: thx a lot atas info tambahannya…
    #robik: yup… tuk pengukuran nilai korporat tergantung kondisi dari perusahaan ditinjau dari sisi line of business + computer supportnya… guidance untuk penentuan nilai korporat dan IE-Kuisioner domain ada di bukunya Parker “Information Economics: Linking Business Performance to Information Technology”

  8. Dion Azani says:

    Saya setuju dengan Fandy (0107002963). IT bukan suatu pemborosan. Dan dalam implementasi IT juga harus dilihat strategy, fungsi dan visi perusahaan tersebut.

  9. iwan says:

    Bisakah saya mendapat contoh proposal untuk cost reduction..terimakasih

  10. ella says:

    Bisa gak saya dapat contoh perhitungan B/C, BCR, IRR dan NPV. Terimakasih

  11. tika says:

    Saya sangat suka artikelnya karena menambah pengetahuan dan referensi saya untuk thesis saya. Yang saya mau minta, bisakah saya mendapatkan artikel lengkap mengenai metode information economics dalam menganalisis penerapan IT khususnya dalam perusahaan/organisasi..
    Terima Kasih..

  12. y_sigit_p says:

    #Dion Azani: kalau menurut saya, pemborosan atau tidaknya tergantung dari manfaat yang dihasilkan…

    #iwan, ella, tika: referensi bisa Anda dapatkan dari beberapa tesis dan buku yang ada di Perpustakaan Program Magister Teknologi Informasi UI di Kampus Salemba (smoga semuanya dari Jakarta :p)…

  13. Thejo Elian says:

    saya mahasiswa Bina Nusantara jurusan AK-SI angkatan 2003,sedang akan skripsi dengan topik IE yg telah anda bahas,tapi susahnya minta ampun mencari tmpt skripsi nya,pada nolak semua,sedangkan dosen pembimbing saya mewajibkan harus perusahaan yg ada Divisi IT nya, apakah anda mempunyai saran?

  14. y_sigit_p says:

    #Thejo Elian: coba Anda masukkan proposal ke Bentoel dan membahas Sistem Sales Force Automation-nya siapa tau berhasil… saat ini juga sudah ada beberapa perusahaan yang menggunakan sistem seperti yang diterapkan di Bentoel, misal Aqua, Coca Cola, dll… yang penting kalau menurut saya, kasusnya di perusahaan yang profit oriented dan jangan di pemerintahan…

  15. Thejo Elian says:

    halo
    saya mau tanya,buku apa yang sebaiknya jadi landasan teori untuk topik IE ini?? Apakah Anda mempunyai info tentang buku-buku IE?kalau bisa yang bahasa Indonesia ^^

  16. y_sigit_p says:

    #Thejo Elian:

    untuk buku yang berbahasa Indonesia setau saya hanya “Kajian Strategis Cost Benefit Teknologi Informasi” karangan R. Eko Indrajit terbitan Penerbit Andi…

    klo yang bahasa Inggris ada “Information Economics: Linking Business Performance to Information Technology” karangan Marilyn M. Parker dkk terbitan Prentice Hall…

  17. Thejo Elian says:

    wah iya pak,kalau yg buku Inggris itu saya sudah ada,tapi pusing bacanya. Bahasa inggrisnya kelas tinggi >.

  18. santo says:

    mas..mas, ulasan anda ini bagus banget, aku sangat tertarik. ngomong2 rumus2 itu didapat dari mana, kalo aku pengen mempelajari lebih dalam lagi tentang analisis-analisis dengan rumus2 semacam itu aku harus mempelajari buku2 tentang apa..???

    thanks berat

    -santo-

  19. Marcus says:

    Saya Mau bertanya pada Pak Sigit

    Tolong Berikan Contoh Sistem IT yang mengandung Value” tersebut?
    dan tolong berikan penjelasan di mana letak value dr sistem tersebut?

    Terima Kasih

  20. y_sigit_p says:

    #Marcus:
    saya mencoba membahas suatu projek IT dan analisis manfaatnya di artikel berikutnya, silahkan di baca di sini

  21. Limpat Argo says:

    Topik yang menarik pak, kebetulan saya lagi dapat project seperti ini, untuk menghitung nilai ekonomis dari project yang akan diterapkan. yang saya belum paham masalah Tangible Measureblenya, masih bingung ngebedainya,kemarin sudah konsultasi sama pak Yudi Dwi, kata beliau di website kuliah UAJY ada artikelnya, cuman kemarin saya register tapi sampai sekarang belum ada konfirmasi jadi ga bisa masuk, bisa bantu pak? saya UAJY angk. 99 TF(Skripis : Simulasi Palang Pintu Rel Kereta). Simplenya seperti apa pak?Makasih pak Sigit.

  22. y_sigit_p says:

    #Limpat Argo:
    iya saya masih ingat :p
    btw, manfaat yang Tangible Measurable biasanya bersifat cost displacement dan cost avoidance…
    cost displacement (pengurangan biaya) adalah terjadinya pengurangan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan sebagai akibat dari penerapan IS/IT, contoh pengurangan biaya fasilitas, pengurangan biaya gaji karyawan…
    cost avoidance (penghindaran biaya) adalah terjadinya penghindaran biaya atau diantisipasinya biaya yang tidak perlu yang harus dikeluarkan oleh perusahaan sebagai akibat dari penerapan IS/IT, contoh hilangnya pengeluaran biaya karyawan untuk keperluan administrasi, akomodasi, transportasi, dll karena IS/IT menyebabkan tidak perlu lagi ada perjalanan dinas ke kantor cabang…

  23. Limpat Argo says:

    masih inget to, kirain dah lupa ma mahasiswanya.heeheh. yang tangible measurablennya seh masih gampang buat dipahami, yang susah yang ngebedain antara yang Tangible Immeasurable, Intangible Measureable, Intangible Immeasurable, mohon diperjelas pak. hehehehhe. Thx a lot

  24. Ryry says:

    ada contoh proposal gk pak??
    mNta contoh Proposal proyek IT donk pak..
    sAya mau pake buat refrensi…

  25. y_sigit_p says:

    #Ryry:
    kalau proposal yang ada kajian information economics-nya saya blm punya…

  26. ficky says:

    thak pak bwt artikelx sangat membantu sy dlm skripsi. penelitian saya pada evaluasi kelayakan implementasi e-gov ditinjau dari manfaat ekonominya studi kasus di pemerintah denpasar. metode yang sy gunakan adalah Information economics. yang saya mau tanya, klu pengambilan data untuk identifikasi manfaat VL,VA,VR dan IV nya itu cukup data keuangannya aja atau harus dibuat quesioner untuk memperoleh data2 tsbt. klu yang kriteria untuk menilai domain bisnis dan teknologi pake kuesionernya kan?
    pak punya contoh quesioner penelitiannya ga??
    mohon pencerahannya.

  27. chelta says:

    pak..saya salah ngambil matkul newh!!(trpaksa c,dosennya ga enk bgd!!!huh)bs minta contoh proposalnya (Analisis Cost Benefit dengan metode Information Economics )?

    knp IT diremehkan ya pak?pdhl IT pntg bgd bwt nunjang perusahaan tu ndr..
    mesti tahan kuping jd ank IT ya pak?banyak yg remehin..huh..

  28. y_sigit_p says:

    #ficky:
    sip dah kalau artikel saya bisa membantu… btw, sebaiknya sih dilengkapi juga dengan interview atau kuisioner untuk melengkapi dan crosscheck data…
    hmmm… untuk contoh kuisioner penelitiannya saya nggak punya…

    #chelta:
    di comment saya (no#4) ada linknya untuk download, tetapi dokumen itu masih jauh dari sempurna…
    yup, kadang memang kalau orangnya belum ngeh dengan IT jadinya meremehkan, yang penting sebagai orang IT kita harus bisa menunjukkan manfaatnya…

  29. ficky says:

    pak , aku dah baca jurnal ilmiah IE nya, yang menganalisa dampak ekonomis proyek e-learning pada LAN. yang aku mau tanyakan , pada analisa domain bisnisnya. kok ga ada analisa faktor proyek or organization rik ?
    mohon penjelasannya
    thank B4
    GBU

  30. y_sigit_p says:

    #ficky:
    hmm… waktu itu sepertinya kelupaan deh :p sebenarnya udah ada guidance-nya kok… score project/organization risk berhubungan dengan ada tidaknya project champion, business continuity plan, dll

  31. raysha says:

    ada proposal pengambangan sistem informasi perpustakaan g y???
    kl y kirim k aq diar_cartoon@yahoo.co.ic mksh sblmnya…

  32. marechia says:

    pak, saya mahasiwa UBAYA.saat ini saya sdang skripsi dgn topik economics of IT.objek yang saya ambl adalah TOYOTA ASTRA. saya bingung dalam membuat proposalnya ke TOYOTA.kira2 pak sigit, punya masukan ga???makasih sblmya.
    email:m4r3ch@yahoo.com

  33. y_sigit_p says:

    @raysha:
    hmmm… kalau untuk proposal pengembangan sistem informasi perpustakaan saya tidak punya… maaf ya…

    @marechia:
    hmmm… proposal penelitiannya ya? kalau proposal penelitian mungkin isinya mengenai latar belakang penelitian, rumusan masalah yang akan diselesaikan, batasan masalah, tinjauan pustaka yang terkait dengan topik penelitian, dan metodologi penelitiannya…
    satu hal yang perlu dipertimbangkan jika akan melakukan penelitian di suatu perusahaan adalah bersedia atau tidaknya perusahaan untuk memberikan data, terlebih jika topik penelitiannya economics of IT, pasti nanti ada data-data yang sifatnya confidential dan biasanya kita sulit mendapatkannya…

  34. Achycool says:

    Klu bleh tw perusahaan apa saja yg mengimplementasi IT:
    -untuk belajar
    -untuk bekerja
    -untuk berusaha menjalankan perintah

    perusahaan yg ada di indonesia aja kak…

    kirim aja ke email aq kak, achycool@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php