Sigit Purnomo

The Valuable Moments of PP

Posted: May 23rd 2006

Proses panjang PP Semester Genap Tahun Ajaran 2005/2006 telah berakhir minggu lalu. Ada rasa lega, ada pula rasa ‘cemas’ ataupun campur aduk antara lega dan ‘cemas’. Lega bagi mereka yang telah berhasil melewati ujian dengan baik atau dengan kata lain selama ujian, program PP-nya dapat berhasil didemokan dengan baik di depan penguji tanpa ada masalah. ‘Cemas’ bagi mereka yang pada saat ujian masih terjadi error di sana sini pada program PP-nya atau bahkan tidak berjalan sama sekali. Campur aduk bagi mereka yang belum atau bahkan tidak yakin dengan hasil akhirnya nanti akan dapat nilai apa. Apapun yang Anda alami, jalanilah! Yang berlalu, biarlah berlalu! Kita ambil sisi positifnya saja!

Pertanyaannya adalah, kapan “The Valuable Moments of PP” yang merupakan sisi positif dari PP dapat Anda rasakan? Menurut saya, hal tersebut akan Anda rasakan pada saat Anda mengalami hal berikut ini. Pertama, setelah proses panjang PP yang bagi beberapa mahasiswa adalah sesuatu yang berat, Anda merasakan bahwa PP sangatlah berarti bagi Anda. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh beberapa mahasiswa pada situs forum diskusi TF FTI UAJY seperti berikut.

Guest: PP, mungkin baru kali ini aku merasakan kuliah yang benar-benar butuh banyak perjuangan, Nglembur ampe malem, tanya sana-sini, baca banyak buku referensi, coding dari pagi ampe pagi lagi, susah tidur, ngak doyan makan dsb. Tapi begitu sudah selesai ujian, wah aku baru kali ini merasakan kepuasan yang belum pernah aku rasakan sebelumnya. Semua pengorbanan yang telah aku lakukan ngak sia-sia. Yah tentu saja hal ini tidak lepas dari dukungan rekan-rekan yang telah banyak membantu dan berkat Rahmat dan Hidayah-Nya. Thank’s to GOD and All of My Friend.

Brilianjoey: jujur aja…aq baru merasa bener2 ngoding tuh baru PP ini loh…soalnya praktikum yang lain aq rasa blom ada visi dan tujuan yang jelas yang kita terapkan untuk kerja. sedangkan PP sudah menunjukan ke arah tujuan kerja dan permasalahan REAL dalam dunia kerja. jadi tertantang tuh.. tiap aq hari lembur sampe jam 3 pagi… dan hasilnya lumayan kok..aq ga merasa rugi..walaupun ga tau besok nilai PP ku gimana. Tapi yang pasti aq ga mengejar nilai, yang penting kemampuanku ter -upgrade dan aq merasa PUAS akan jerih payahku.hehehe….

Kedua, setelah proses panjang PP yang bagi beberapa mahasiswa adalah sesuatu yang berat, Anda merasa menyesal karena selama proses tersebut Anda melaluinya dengan setengah-setengah atau bahkan Anda hanya mengandalkan sepenuhnya bantuan dari orang lain (dengan kata lain, PP-nya dibuatkan oleh orang lain). Penyesalan memang datangnya terlambat, tapi It’s OK karena jika Anda menyesal berarti Anda menyadari bahwa apa yang Anda lakukan adalah salah.

Finally, bagi mereka yang sukses melewati semuanya dengan baik saya ucapkan selamat, dan bagi mereka yang gagal, jangan putus asa karena jalan masih panjang. “Hey, bertahanlah… Kegagalan adalah satu sukses tertunda… Jangan ragu… Tetap pada arahmu… Bangun Jiwa… Bangun Raga… (Hey, Kla Project)”


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php