Sigit Purnomo

IT on the Movie #1: Mission Impossible 3 (MI 3)

Posted: May 15th 2006

IT on the Movie adalah artikel yang mencoba untuk membahas mengenai penggunaan IT (Information Technology) dalam proses pembuatan film maupun bagaimana IT itu sendiri digunakan sebagai bagian dari cerita film. Pada episode #1 ini yang akan dibahas adalah film MI (Mission Impossible) 3.

Mission Imposible 3

Scene #1: Misi Penyelamatan Agen Lindsey
Pada misi ini, IT digunakan sebagai sarana untuk melakukan scanning kondisi gedung memanfaatkan sensor dari jarak jauh dan juga untuk pengendalian senjata. Kedua hal tersebut termasuk kategori sistem berbasis mikroprosesor, yaitu bagaimana menghubungkan suatu device dengan komputer sehingga fungsi-fungsi device tersebut dapat dikendalikan melalui komputer.

Scene #2: Misi Penculikan Owen Davian
Pada misi ini, IT digunakan sebagai sarana untuk Computer-aided Design (CAD) yaitu untuk membuat ‘wajah’ Davian palsu berdasarkan foto 2D dari Davian. Setelah foto 2D berhasil dimodelkan menjadi bentuk 3D, maka komputer dihubungkan dengan piranti lain untuk membentuk bahan yang ada menjadi wajah Davian.

Scene #3: Misi Pencurian “Rabbit Foot”
Pada misi ini, IT digunakan sebagai sarana keamanan, yaitu melalui fingerprint. Agen Ethan menggunakan jari anak buah Davian untuk memasuki ruang digedung tempat penyimpanan “Rabbit Foot”. Setelah “Rabbit Foot” berhasil di curi, IT juga digunakan untuk keperluan tracking sehingga dapat dilacak keberadaannya oleh Agen Musgrave.

Scene #4: Misi Pembebasan Julia
Pada misi ini, IT digunakan sebagai sarana untuk melacak keberadaan Julia berdasarkan data dari telepon seluler yang sebelumnya digunakan anak buah Davian dari tempat menyekap Julia. Melalui data tersebut, maka lokasi keberadaan Julia dapat diketahui dengan tepat terlebih lagi karena sistemnya terhubung dengan Global Positioning System (GPS).


One response to “IT on the Movie #1: Mission Impossible 3 (MI 3)”

  1. yuki says:

    ommmmmmmm minta smallville behind the scene dunk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php