Sigit Purnomo

PP? OH MY GOSH!!!

Posted: April 17th 2006

PP? Apaan tuh??? Bagi mereka yang bukan civitas akademika Prodi Teknik Informatika FTI UAJY mungkin mengartikan PP sebagai Pulang Pergi atau yang lainnya, tetapi arti dari PP pada konteks ini adalah Program Profesional yang merupakan salah satu mata kuliah wajib dalam Kurikulum 2004 Prodi Teknik Informatika FTI UAJY.

PP bagi sebagian mahasiswa Prodi Teknik Informatika FTI UAJY mungkin adalah mata kuliah yang ‘menakutkan’ sekaligus ‘mengasyikkan’. Mengapa? Berikut ini sebagian komentar dari mahasiswa Prodi Teknik Informatika FTI UAJY yang saya ambil dari situs forum diskusi Prodi Teknik Informatika FTI UAJY.

Dinxz: “PP bener2 menyita tenaga, pikiran, dan waktu.Aku & temenku pernah kekunci di lab IL gara2 nekat ngerjain PP waktu lab nya mau tutup. Tapi asyik juga lho ambil PP, ada tantangannya. Dari PP kita jadi belajar banyak!”

Sankata Lee: “Sebenarnya PP kalo dibilang sangat mengasyikan deh mengingat sepertinya program2 yang diminta di dunia kerja kita memang seperti itu.”
Sankata Lee juga menambahkan “…. ternyata Sangat..100x berat mengambil PP bersamaan dengan praktikum lain, jadinya semua praktikum termasuk PP itu sendiri jadi kacau dan ngawur!!!!”

@nak-TF-UAJY: “Yang bikin saya pucat tu mengetahui bahwa PP itu “besar” dan “berat” huhuhuhuhu dan saya merasakan bahwa bekal progaming yang saya miliki masih kurangT_T tapi bener kata Bapak Positive Thinking!!!! yang penting berusaha dulu,masalah nanti bisa atau tidak urusan belakang,yang penting berusaha!!!”

The Green Devil: “OH MY GOSH!!! IT’S THE MOST INTERESTING AND WONDERFUL THING IN MY LIVE!!! I LOVE IT MUCH!! MY LOVELY PP!!! THANKS GOD, YOU SEND PP TO MY LIVE…. VIVA PP……”

Bagi saya, PP adalah salah satu mata kuliah yang sangat penting di Prodi Teknik Informatika FTI UAJY. Mengapa? Karena melalui PP kita akan belajar bagaimana membuat software (perangkat lunak) secara profesional. Profesionalnya seperti apa? Ada studi kasus seperti pada kondisi nyata yang harus diselesaikan. Ada proses atau tahapan yang jelas dan ketat dengan output yang jelas pula untuk setiap proses atau tahapan. Ada proses bimbingan dan evaluasi dari dosen pembimbing yang terjadwal untuk setiap minggunya. Ada ‘standar’ dokumentasi yang harus diikuti. Ada proses mandiri untuk melakukan coding/programming sehingga mahasiswa benar2 dapat mengeksploitasi tools software development yang dikembangkan. It’s absolutely challenging! Jika mahasiswa berhasil mengikuti dan menyelesaikan PP dengan baik, saya yakin pada saat Kerja Praktek, Kuliah Kerja Nyata (Non Lokasi) dan Skripsi pengalaman pada saat PP akan sangat membantu.

Lalu mengapa PP yang benar-benar memberikan tantangan menjadi ‘menakutkan’? Jawabannya bermacam-macam, kesiapan laboratorium yang dipakai untuk PP, standar dokumentasi yang masih ‘bermasalah’, ‘persepsi’ dosen yang ‘berbeda’ dan kesiapan mahasiswa mengenai tools yang akan digunakan (Saya rangkum dari komentar-komentar di forum diskusi).

Btw, mungkin resep PP dari Moderator berikut dapat berguna untuk ‘mengobati’ masalah PP Anda.

Bahan – Bahan

  1. Semua jenis teori yang didapat selama kuliah
  2. Kemampuan praktis yang didapat selama mengikuti praktikum
  3. Teori atau kemampuan praktis yang didapat secara otodidak

Caranya

  1. Campurkan semua bahan dalam otak selama kurang lebih 1 semester (aslinya cuman 2 bulan)
  2. Panaskan teori dalam otak selama kurang lebih 1 bulan untuk analisis dan desain, kemudian tiriskan
  3. Rebus kemampuan praktis selama kurang lebih 1 bulan juga untuk implementasi, tunggu sampai mendidih
  4. Agar lebih sedap tambahkan kemampuan praktis yang didapat secara otodidak
  5. Setalah matang (analisis, desain, implementasi sudah selesai) hidangkan (uji) di hadapan penguji (ini yang paling menegangkan)

Nb :

  1. Lezat atau tidaknya masakan pp anda tergantung kemauan dan kerja keras anda
  2. Klo resep ini ternyata ga manjur jangan salahin sapa2, salahin aja saya (lho…..), maksudnya resep ini ga dijamin 100% manjur atau sedap jadi jangan dianggap serius ya….

2 responses to “PP? OH MY GOSH!!!”

  1. phi-ka says:

    PP…?
    2 Huruf singkatan yang sangat ditakuti oleh para mahasiswa UAJY. Tetapi dibalik 2 huruf itu, ada pengetahuan yang lebih baik dibandingkan ketakutan dan kecemasan yang datang. Jadi…, jangan pernah menyerah untuk mengerjakan PP. Pahami dengan baik, belajar dengan rajin, dan tentunya selalu berdoa. Lalui PP dengan senyum. Jangan cepat cemberut ditengah jalan…! Kelak setelah lulus Mata Kuliah PP, anda akan menemukan manfaat yang lebih besar dari hanya sekedar cemberut ,ng-gerutu and emosi setiap hari. Itulah proses….! Proses belajar untuk masa depan. Gak ada ruginya kita ambil PP, cause this is our world…. IT WORLD…!

  2. y_sigit_p says:

    Saya juga setuju…
    PP menurut saya juga tidak perlu ditakuti…
    Manfaat yang Anda peroleh di PP sangat banyak dan itu akan sangat berguna pada saat Anda KP, KKN Non Lokasi, Skripsi, dan bahkan pada saat Anda bekerja nanti…
    always keep the faith, OK…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php