Sigit Purnomo

The Fifth Year: New Responsibility, New Challenge!

Posted: April 1st 2006

Hari ini, 1 April 2006, adalah “anniversary” yang ke-5 saya bekerja di UAJY sebagai staf pengajar (dosen) di Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Suka duka selama 5 tahun bekerja telah terlewati dan jalan yang harus ditempuh masih panjang. Bersamaan dengan ‘annyversary” ini, sebuah kado dihadiahkan, yaitu tanggung jawab dan tantangan baru. Yah, hari ini, jam 10.00 WIB, saya akan dilantik sebagai Wakil Ketua Program Studi Teknik Informatika.

Tanggung jawab baru ini tentu membawa konsekuensi. Mulai hari ini, Senin sampai Sabtu saya harus masuk kerja sesuai jam kerja (red: Senin sampai Jumat jam 08.00 – 14.00 WIB, Sabtu dari jam 08.00 – 12.00 WIB). Ini jelas berbeda dengan kondisi pada saat menjadi dosen biasa. Mengapa berbeda? Jika hanya sebagai dosen biasa, biasanya dateng ke kampus siang atau kalau emang ndak ada ngajar sama sekali ya ndak ke kampus :-). Kalau sekarang, ndak bisa lagi tentunya, meski sebenarnya kalau mau juga bisa sih tetapi ada resikonya. Yah, kondisi ini, maknanya tentu lebih berbeda lagi karena saya sudah berkeluarga. Dulu, sewaktu masih jadi dosen biasa, saya juga sering overtime kalau bekerja. Dateng siang, tetapi suka pulang malam. Setelah berkeluarga pinginnya waktu lebih banyak di rumah. But, it’s okay… Ternyata 31 Maret 2006, Tuhan mengaruniakan anugerah pekerjaan buat Dian. Mulai tanggal 3 April 2006, Dian bekerja dari jam 08.00 – 16.00 WIB (Senin-Jumat) dan 08.00 – 13.00 WIB (Sabtu). Kondisi ini tentunya mendukung ritme pekerjaan, so masalah ini bisa dikatakan telah terselesaikan. Thanks to God for everything.

Tanggung jawab baru dan tantangan baru harus dijalani. Intinya sekali lagi adalah perubahan (change). Kata ini terucapkan dan ditekankan berkali-kali dalam sambutan dari Rektor UAJY dan Ketua Yayasan Slamet Riyadi. UAJY harus berubah menghadapi perubahan kondisi lingkungan eksternal yang senantiasa berubah. Sayapun juga harus berubah dengan adanya tanggung jawab baru. Perubahan yang mengarah ke hal yang lebih baik tentunya. Finally, kiranya Tuhan memberkati sehingga semuanya selalu baik adanya.


2 responses to “The Fifth Year: New Responsibility, New Challenge!”

  1. he says:

    walaupun telat selamat ya pak karena telah diangkat sebagai wakil prodi TF.
    Pak mau tanya update web-nya tiap kapan??
    Bagus kok isinya menarik:)

  2. y_sigit_p says:

    terima kasih…
    saya usahakan setiap kali ada ide, saya langsung posting ke web…
    pinginnya sih tiap hari bisa update, tp kadang susah nyari ide apa yang harus ditulis :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php