Personal Action Plan (Tugas Matakuliah Biologi Konservasi)

Rencana Konservasi Ikan Pari Air Tawar Raksasa (Urogymnus polylepis)

Posted: December 11th 2021

Halo, sebelumnya perkenalkan nama saya Shevatsa Dheya Dhurupadhi mahasiswa Fakultas Teknobiologi UAJY dari angkatan 2019 dengan npm 190802087. Blog yang saya buat dengan judul “Rancangan Konservasi Ikan Pari Air Tawar Raksasa (Urogymnus polylepis)” ini saya buat bertujuan untuk memenuhi tugas matakuliah Biologi Konservasi. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih

Urogymnus polylepis

(Sumber: IUCN Redlist)

Ikan pari air tawar raksasa (Urogymnus polylepis) ini merupakan ikan pari besar dengan ukuran kurang lebih lebar piringan sebesar 223cm yang endemik di Asia Tenggara dimana penyebarannya yang tidak merata dari timur laut India hingga Indonesia. Spesies ini mendiami habitat air tawar, muara, dan laut pesisir, terdapat catatan yang menyatakan bahwa spesies ini ditemukan pada sungai-sungai besar dengan lumpur atau pasir. Catatan dari Sumatera menunjukkan bahwa keberadaan spesies ini dari muara hingga sekitar 170 km ke daratan.

Spesies ini merupakan ovovivipar yang bertahan hidup dengan memakan invertebrata bentik dan ikan. Ikan ini memiliki daging dan tulang yang lunak, dengan tidak adanya lipatan kulit ventral dan punggung pada ekor, kemudian terdapat pita marginal lebar keabuan hingga kehitaman pada permukaan ventral diskus. Punggung cakram ikan ini berwarna coklat atau abu-abu, serta memiliki ekor panjang berbentuk seperti cambuk yang dapat mengancam manusia karena berbisa.

Ancaman bagi Urogymnus polylepis

(Sumber: IUCN)

Ikan pari air tawar raksasa memiliki daging dan tulang yang lunak sehingga sering dimanfaatkan masyarakat setempat untuk diambil bagian tubuhnya. Spesies ini ditargetkan dan ditangkap sebagai tangkapan sampingan dalam perikanan subsisten, skala kecil, rekreasional dan industri oleh berbagai alat tangkap, dan dipertahankan untuk konsumsi dan untuk ditampilkan di akuarium publik. Penurunan populasi terjadi akibat penangkapan dan adanya degradasi habitat Sungai sehingga dapat mengancam kehidupan spesies ini. Terdapat catatan yang menyatakan bahwa penangkapan terjadi dengan menggunakan pukat harimau maupun jaring insang demersal, untuk kemudian dipasarkan secara segar dan dijual dalam skala kilogram.

Berdasarkan IUCN, Urogymnus polylepis tercatat sebagai spesies Endangered (E) atau terancam punah. Spesies ini tunduk pada tekanan penangkapan ikan bersejarah dan saat ini yang intensif serta modifikasi dan degradasi habitat intensif di seluruh rentang yang diketahui. Ini memiliki sedikit perlindungan dari ancaman ini dan penurunan drastis dalam keanekaragaman ikan dan penurunan perikanan air tawar karena eksploitasi berlebihan juga terjadi dalam jangkauannya. Diduga spesies ini telah mengalami pengurangan populasi 50–79% selama tiga generasi terakhir (24–66 tahun), akibat penurunan yang telah disimpulkan dari penurunan kualitas habitat dan tingkat eksploitasi, dan dinilai sebagai A2bcd yang terancam punah.

Action Plan

Distribusi Urogymnus polylepis di kawasan Sumatera (Iqbal dan Yustian, 2016).

Berdasarkan beberapa penjelasan ancaman yang telah dijelaskan, saya berencana untuk melakukan aksi konservasi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penurunan populasi Ikan Pari Air Tawar Raksasa yang berada di kawasan Sumatera, khususnya sungai Musi. Rancangan kegiatan yang akan dilakukan yaitu membentuk suatu komunitas konservasi khusus, kemudian melakukan penyuluhan masyawakat setempat untuk tidak melakukan eksploitasi berlebih dan melakukan aksi pembersihan area-area kecil sungai yang tercemar. Selain itu, ingin melakukan galang dana donasi untuk membangun tempat konservasi budidaya ikan pari air tawar raksasa, dengan harapan ikan pari air tawar raksasa Urogymnus polylepis ini populasinya dapat meningkat.

DAFTAR PUSTAKA

Fishbase.2011. Giant Freshwater Whipray Urogymnus polylepis, Giant freshwater whipray : fisheries, aquaculture, aquarium (mnhn.fr). Diakses pada 11 Desember 2021.

Iqbal, M. dan Yustian, I. Occurrence of the giant freshwater stingray Urogymnus polylepis in Sumatra, Indonesia (Chondrichthyes: Dasyatidae). An international journal for field-orientated ichthyology 27 (4): 333-336.

IUCN.2021. Redlist Giant Freshwater Whipray Urogymnus polylepis https://www.iucnredlist.org/species/195320/104294071. Diakses pada 11 Desember 2021.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Hello world!

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php