Shasi Danisworo

PTI : E-Commerce

Posted: November 19th 2012

E – Commerce

Electronic Commerce mencakup proses pembelian, penjualan, transfer, atau perangkat produk, layanan atau informasi melalui jaringan komputer, termasuk internet.

E-commerce vs E-business

E-bisnis adalah definisi yang lebih luas dari EC yang meliputi tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga :

–          pelayanan pelanggan

–          Bekerja sama dengan mitra bisnis

–          Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah organisasi

–          Murni vs Partial EC: didasarkan pada tingkat digitalisasi produk, proses, agen pengiriman

Jenis E-Commerce

–          Bisnis to bisnis (B2B)

Dalam transaksi B2B, baik penjual maupun pembeli adalah organisasi bisnis.

–          Colaborative commerce (c-commerce)

Para mitra bisnis berkolaborasi secara elektronik.

–          Bisnis to consumer (B2C)

Penjual adalah perusahaan, dan pembeli adalah perorangan.

–          Consumer to bisnis (C2B)

Konsumen memberitahukan kebutuhan ataas suatu produk atau jasa tertentu, dan para pemasok bersaing untuk menyediakan produk produk atau jasa tersebut ke konsumen.

–          Consumer to consumer (C2C)

Sesorang menjual produk atau jasa ke orang lain.

–          Intrabisnis commerce

Perusahaan menggunakan EC secara internal untuk memperbaiki operasinya.

–          Government to citizens (G2C)

Sebuah entitas pemerintah menyediakan layanan ke para warganya melalui teknologi EC.

–          Mobile commerce (m-commerce)

Ketika e-commerce dilakukan dalam lingkungan nirkabel, seperti dengan menggunakan telepon selular untuk mengakses  internet dan berbelanja.

Yang mendukung e-commerce :

–          Orang-orang itu sendiri

Para penjual, pembeli, perantara, ahli sistem informasi dan karyawan lainnya, serta pesrta lainnya.

–          Kebijakan publik

Terdapat berbagai isu hukum dan kebijakan serta peraturan lainnya, seperti perlindungan atas privasi dan perpajakan, yang ditetapkan oleh pemerintah.

–          Adanya teknikal standard dan protocol

–          Bisnis partner

–          Support servis

Berbagai layanan, dari pembayaran hingga pengiriman pesanan serta pembuatan isi, dibutuhkan untuk mendukung EC.

Electronic Marketplaces

Menyediakan suatu tempat dimana ada pertukaran barang, layanan yang nantinya ada transaksi bayaran tetapi secara virtual.

Manfaat electronic marketplaces :

–          Ekonomi (pembeli dapat barang, penjual dapat untung)

–          Sosial (ekonomi akan semakin tumbuh)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php