Shasi Danisworo

PTI : Internet, Intranet dan Extranet

Posted: November 10th 2012
  1. Internet

Internet adalah     :

–          Jaringan komputer terbesar di dunia

–          Pertukaran informasi yang terbuka, standar  non-eksklusif dan protokol, dalam jaringan interkoneksi

–          Sebuah forum demokrasi komunikasi yang menghasilkan demokratisasi informasi

 

Layanan yang ada dalam Internet :

–          E-mai

–          Web

–          File transfer

–          Chat

–          Message Board

–          Instant Messaging

 

Infrastruktur dari Internet :

–          Komersial komunikasi perusahaan penyedia utama dari jaringan backbone fisik Internet

–          Pemerintah AS menyumbang sejumlah dana untuk proses administrasi penting

–          Infrastruktur internet disediakan oleh penyedia layanan jaringan

–          Sambungan dan aliran informasi antara penyedia backbone telah terbuka dan gratis

 

Operasi dari Internet :

–          Paket arus informasi antara mesin diatur oleh aturan umum (protokol):

  • Internet protocol (IP)
  • Transportasi control protocol (TCP)

–          Internet adalah jaringan packet-switching

  • Pesan yang membusuk menjadi paket-paket, yang berisi bagian dari pesan, ditambah informasi tentang pengiriman dan penerimaan mesin dan bagaimana paket berkaitan dengan paket lainnya
  • Paket perjalanan secara independen dan mungkin pada rute yang berbeda melalui Internet
  • Paket dipasang kembali ke dalam pesan di mesin penerima.

–          New top-level domain zones: Pada November 2000, penambahan pertama dari top-level domain global untuk Internet sejak tahun 1980-an terjadi.

  • aero (untuk industri transportasi udara).
  • biz (untuk bisnis).
  • kandang (bagi koperasi).
  • museum (untuk museum).
  • Nama (untuk perorangan).
  • pro (untuk profesi)..

–          Mengakses Internet

  • Hubungkan melalui LAN Server
  • Terhubung melalui Internet Protocol Serial Jalur Protokol / Point (SLIP / PPP)
  • Hubungkan melalui Layanan Online (AOL, MSN)

 

Internet Service – Komunikasi

–          E-mail : Pesan elektronik

–          Usenet newsgroups : forum yang mengumpulkan kelompok pesan dari pengguna berdasarkan tema-tema umum

–          Listserv : mendistribusikan pesan email ke pelanggan

–          Chatting : hidup, interaktif tertulis

–          Instant messaging : pesan instan antar pengguna internet

–          Telnet : pengguna pd suatu computer melakukan pekerjaan di computer lain

–          Internet telephony : melakukan percakapan suara melalui internet

–          Internet Fax : pengiriman dokumen

–          Streaming audio dan video

–          File Transfer Protocol(FTP) : transfer file elektronik dari suatu computer ke computer lain

–          Archie : alat untuk memungkinkan mencari file pada situs FTP

–          Gophers : menu informasi berbasis alat pencarian

–          Veronica : teks pencarian melalui situs Gopher

–          Wide Area Information servers (WAIS) : alat pencarian database

 

Tantangan Internet

–          Teknologi Baru

  • Diadopsi oleh vendor lebih cepat dari pengguna dan pelanggan dapat menerapkannya
  • Pengembang web tidak bisa berasumsi bahwa pengguna dapat menjalankan inovasi mereka berhasil

–          Internet Peraturan

  • Organisasi teknis (misalnya, World Wide Web Consortium) mengembangkan standar yang mengatur fungsi Internet
  • Organisasi-organisasi ini tidak secara resmi dibebankan dalam arti hukum atau operasional dengan tanggung jawab untuk Internet

–          Internet Ekspansi

  • Pertumbuhan internet luar biasa telah membuat beberapa elemen jaringan
    • Lambat pengambilan kali
    • Diandalkan transmisi data
    • Penolakan layanan oleh server overload
    • Pendekatan untuk mengatasi kemacetan ini termasuk
      • Peningkatan teknologi perangkat keras
      • Web Peningkatan manajemen software

2.      Intranet

–          Jaringan internal yang menggunakan teknologi internet

–          Membuat informasi yang dapat diakses oleh karyawan

–          Biasanya termasuk koneksi internet

–          Extranet memungkinkan pelanggan atau pemasok untuk mengakses. Bagian dari perusahaan intranet

–          Sebuah jaringan pribadi yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP / IP

  • Menyediakan karyawan dengan akses mudah ke informasi perusahaan
  • Digunakan untuk menyebarkan aplikasi perusahaan

Contoh – kebijakan dan prosedur manual, bentuk sumber daya manusia; katalog produk

  • Keamanan adalah kekhawatiran

Langkah-langkah keamanan termasuk – keamanan kunci publik, enkripsi, sertifikat digital, firewall

 

3.      Extranet

–          Perpanjangan intranet untuk dipilih mitra bisnis di luar, seperti pemasok, distributor, dan pelanggan utama

  • Menyediakan mitra bisnis dengan akses mudah ke informasi perusahaan dan kolaborasi mudah

–          Keamanan

  • Kritis untuk mencegah masuknya yang tidak diinginkan ke dalam sistem internal
  • Jaringan pribadi virtual (VPN) yang sering digunakan untuk menambah keamanan untuk komunikasi internet

–          Extranet konfigurasi

  • Salah satu perusahaan set up Extranet untuk dealer, pelanggan, atau pemasok
  • Perusahaan dalam suatu industri mendirikan Extranet kolaboratif untuk saling menguntungkan
  • Beberapa perusahaan berkolaborasi melalui Extranet untuk usaha patungan

–          Manfaat meliputi

  • Lebih rendah biaya komunikasi, komunikasi yang lebih baik, peningkatan order entry dan layanan pelanggan, peningkatan efektivitas bisnis

Comments are closed.

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php