teknologi informatika (shandra)

E-COMMERCE

Posted: November 19th 2012

E-commerce

Sejarah singakat E-commerce

Aplikasi e-commerce dimulai pada awal tahun 1970an dengan berbagai inovasi seperti transfer dana secara elektronik. Pada awal tahun 1990an aplikasi ec meluas dengan cepat, bersamaan dengan komersialisasi internet serta di perkenalkannya web. Sejak tahun 2003 ec terus menunjukkan kemajuan yang stabil. Kini, kebanyakan perusahaan menengah dan besar serta banyak perusahaan kecil, mempraktikkan ec dalam beberapa bentuk.

Definisi E-commerce (perdagangan elektronik) : proses pembelian, penjualan transfer, atau pertukaran produk, jasa atau informasi, melalui jaringan komputer, termasuk internet.

Konsep bisnis :

  1. Secara tradisional, yang kita butuhkan adalah fisiknya (brick and mortar organization)
  2. Pure E-commerce, proses jual beli barang secara digital 9pure online, virtual)
  3. Partial EC , E-commerce yang sebagian tradisional dan virtual online.

Manfaat e-commerce :

  1. Ketersediaan pasar nasional dan internasional serta penurunan biaya pemrosesan, distribusi dan penarikan informasi.
  2. Akses ke sejumlah besar produk dan jasa, 24 jam sehari.
  3. Dengan mudah dan nyaman memberikan layanan informasi, serta berbagai produk ke orang-orang di kota, di desa dan di berbagai negara berkembang.

E-business

E-business lebih luas dari e-commerce, semua transaksi jual beli di sebut e-business. E-commerce merupakan e-business. Melakukan transaksi bisnis secara secara elektronik (secara elektronik)

Tipe-tipe e-commerce :

  • Business to business ec (B2B)
  • Kolaboratif commerce
  • Business to consumer
  • Consumer to business
  • Consumer to consumer
  • Intra bisnis commerce (jual beli yang dilakukan suatu bisnis)
  • Government to citizens (G2G) and others
  • Mobile commerce (m.commerce)

Jenis e-commerce :

  1. Electronik market places (pasar elektronik) fungsinya sama seperti pasar untuk jual beli barang, informasi, dan pelayanan.
  2. Interorganization system yaitu dua atau lebih transaksi via online

Pendukung e-commerce : orang , polisi, teknologi, business parters dan layanan pendukung.

Payment (transaksi pembayaran) :

  • Elektronik chek
  • Kredit card
  • Elektronik cash in pc (bekerja sama dengan bank)
  • Smart card
  • (paypal) pihak ke3 yang menyediakan layanan orang yang memiliki kredit card dan yang tidak memiliki kredit card
  • Elektronik transfer (bekerja sama dengan bank)

Kebutuhan keamanan

  • Proses yang dibuat untuk informasi (mengacak messages) : encription yang memakai satu kunci
  • Electronik sertificates
  • Protokol yang digunakan untuk encripty (SSL) secure sockrt layer
  • Protokol yang di pakai khusus untuk kredit card (SET) secure electronik transaction protokol.

 

Study kasus

Qantas Airways (perusahaan penerbangan australia)

Masalah:

  1. Meningkatnya harga bahan bakar
  2. Kompetisi,banyaknya perusahaan yang muncul
  3. Pembayaran yang cukup mahal

Solusi:

  1. Mejalin kerja sama dengan suplayer
  2. Memesan bahan bakar jauh-jauh hari
  3. Membuat e-commerce (B2B)
  4. Melakukan (B2C)
  5. Melakukan (B2E)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php