septiger

Anget Anget Nyos-nya Jawa Barat (SUMBER DAYA PANAS BUMI JAWA BARAT)

Posted: March 3rd 2016

Sumber daya panas bumi itu apa sih?
Panas bumi muncul akibat adanya aktivitas tektonik di dalam perut bumi. Aktivitas tersebut berhubungan dengan magma yang ada di inti bumi. Magma seperti yang kita tahu memiliki suhu yang sangat tinggi bahkan mencapai 5.400˚C. Nah, saking panasnya lapisan bumi yang di atas inti bumi mengalami peningkatan suhu juga. Pada saat lapisan yang suhunya meningkat tadi bersentuhan dengan air maka akan timbullah uap panas yang bertekanan tinggi. Uap panas bertekanan tinggi ini lah yang biasa dijadikan energi panas bumi.
Energi panas bumi merupakan salah satu sumber daya alternatif yang mampu menjadi pembakit tenaga listrik yang ramah lingkungan. Ramah lingkungan karena energi panas bumi ini tidak menghasilkan limbah sama sekali, tidak mudah habis, dan energi yang dihasilkan terhitung konstan dan stabil. Maka dari itu Sumber daya panas bumi sangat efisien untuk dijadikan tenaga alternatif.

Hubungannya dengan sumber daya di Indonesia apa?
Nah, balik lagi ke awal bahwa sumber daya panas bumi ini karena adanya aktivitas magma. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan “ring of fire”, maka dari itu Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai sumber daya panas bumi terbesar hingga 40% sumber daya panas bumi di dunia. Hingga tahun 2011 sudah ada 251 lokasi PLTP di Indonesia seperti di Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua. Kapasitas seluruh cadangan dan sumber daya energi panas bumi di Indonesia mencapai 28.994 MWe. Jumlah energi yang sebesar itu akan menghemat BBM lebih dari 200 milyar barrel minyak.

Bagaimana Sumber daya panas bumi di Jawa Barat?
1
Berdasarkan tabel diatas, dapat disimpulkan bahwa belum semua dapat dimanfaatkan dengan baik. Hal tersebut dikarenakan di daerah Jawa Barat hanya Darajat saja yang sudah dimanfaatkan. Hingga saat ini di Derajat sudah ada 5 Unit yang dapat menghasilkan tenaga listrik. Padahal di wilayah Jawa Barat memiliki potensi yang tinggi hingga mencapai 6.096 MWe. Sedangkan di Daerah Garut saja bisa menghasilkan 1.045 MWe. Berarti memang masih banyak sekali energi panas bumi yang masih belum dioptimalkan.

Sudah sejauh mana pengembangan di PLTP Kamojang?
PLTP Kamojang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Saat ini PLTP di Kamojang telah menjadi 5 unit. Awal dibuka pada tahun 1984 kerjasama antara Amoseas dengan Pertamina dan Energy Sales Contract. Hingga saat ini telah dibuka 5 unit di Kamojang dan sudah menghasilkan listrik untuk wilayah Jawa Barat sebesar 350 MW. Unit pertama saat ini telah dikelola oleh PT. Indonesia Power, Unit 2 dan 3 dikelola oleh CTEI, unit 4 dan 5 dikelola oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

2   3

Kesimpulan 

         Indonesia ini jelas memiliki potensi yang sangat besar untuk sumber daya panas bumi. Bahkan hampir di semua pulau di Indonesia memiliki potensi yang besar. Tapi sayangnya pengembangannya tidak merata, hanya terpusat pada satu tempat saja. Contohnya potensi panas bumi di Jawa Barat ini, banyak sumber panas bumi lain tapi hanya di Kamojang saja yang dikembangkan. Mungkin memang belum ada yang mau memulainya dari awal untuk pembuatan pembangkit listriknya. Mengingat bahwa PLTP Kamojang ini hanya di kembangkan saja.


5 responses to “Anget Anget Nyos-nya Jawa Barat (SUMBER DAYA PANAS BUMI JAWA BARAT)”

  1. libriestanico says:

    apa beda PLTP dengn PLTU?
    kemudian selain untuk pembangkit listrik apakah dimanfaatkan untuk hal yang lain?

  2. bogo6013 says:

    saya baru tau tentang PLTP ini.. sayang sekali dari kekayaan alam jabar ini baru sedikit yang mengetahui dan potensinya belum optimal di manfaatkan.

  3. Monica Tri Kumala Dewi says:

    Wow! artikelnya menarik.Sangat disayangkan memiliki bibit potensi yang sangat bagus tetapi belum dmanfaatkan secara optimal.

  4. marshalino0103 says:

    wahhh… sangat berkualis skali… sangat bermanfaat

  5. febriyantivera says:

    infomasi yang menarik, PLTP ini bisa dijadikan sebgai energi alternatif pembangkit listrik. saya mau menannyakan apa dimungkinkan jika pengembangan PLTP sudah merata daoat mengganti seluruh penggunaan energi yang saat ini digunakan? makasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php