Selice Tavares Leite

HASIL SURVEI KIOS BUAH DI DAERAH YOGYAKARTA

Posted: April 13th 2017

Hii .. hii gaesss .. jumpa lagi kita di blog ini yah,, kalo biasanya penulis selalu menulis tentang all about Konservasi, kepunahan, dan lainya, kali ini akan sedikit berbeda, kenapa? Karena kali ini kita akan membahas lebih banyak tentang BUAH Yang ada di Indonesia, dan Yogyakarta khususnya..

Indonesia merupakan suatu negara yang beruntung karena terletak di daerah katulistiwa yang mempunyai tipe hutan hujan tropik cukup unik dengan keanekaragaman jenis tertinggi di dunia. Kekayaan keanekaragaman jenis buah-buahan asli Indonesia juga cukup tinggi dan masih banyak yang belum dimanfaatkan secara baik. Hal ini terlihat antara lain dengan masih banyaknya buah-buahan “import” yang dijual di pasar-pasar ataupun di toko-toko swalayan di berbagai kota di seluruh Indonesia. Di Yogyakarta , kami melakukan survei pada dua tempat pennjualan buah, dikarenakan pada lokasi yang pertama jumlah buah yang dujual sedikit dan hanya ada buah local, lokasi pertama yang kami datangi yaitu Jl. Inspeks iSelokan Mataram, CAturtunggal, Depok, Kab.Sleman. (Dekat Gereja St Maria AssumptaBabarsari )

Buah yang dijual di kios ini sebagian besar atau hamper keseluruhan merupakan buah local yang didapatkan dari pasar Pakem, pasar Kolom bodan pasar Gamping. Buah-buah local tersebut sperti Pepaya Thailand didapatkandaripasarPakem. Harga 6K/Kg, Alpukat didaptkan dari pasar pakem. Harga 16K/Kg, Nanas harga 10K/kg,Bengkoang dariPurworejo. Harga8K/kg, Buah nagamerah : 23-25K/kg, Kedondong dari pasar pakem. Harga 10K/kg, Mangga Indramayu dari pasar Gamping. Harga 18K/kg, Jeruk Kino dari pasar Gamping. Harga 20K/kg, Manggaapel Harga 20K/kg, Jeruksiem dari Jember.16K/kg, Nanas madu dari Pemalang Harga sama dengan nanas biasayaitu 10K/kg, Pir harga 22K/kg, Apel Fuji daripasarGamping. Harga 26K/kg, Pisang daripasar pakem. Harga 8K/sisir.
Pada lokasi ke dua tepatnya di Kios buah :Anto , Alamat : Jl. Colombo No. 1 sebagian besar buah yang dijual merupakan buah impor dari Negara Amerika, Thailand, China, Italia dan Afrika. Adapun beberapa buah lokal yang didapatkan dar ipasar Gamping dengan asal buah dari Magelang, Jember, Lampung, Banyuwangi, Turi, Klaten. Buah- buah yang ada di kios ini seperti ,
Kurma : Harga 15K/bungkus
Jeruk Sunkist : harga 35K/kg
Apelgs : ImpordariAmerika. 38K/kg.
Anggur : impordariAmerika. 70K/kg
Jerukponkan : harga 26K/kg. Impoordari China
Kelengkeng : impordari Bangkok, Thailand. Harga 38K/kg.
Jeruk : dariJember
Semangka : Harga 8K/kg.
Nanas : dari Lampung. Harga 8K/buah
Salak : dariTuri. Harga 13K/buah.
Mangga Arumanis dan Indramayu :Harga 35K untuk masak ditoko dan 40K untuk buah yang masak di pohon.
Pepaya : dariMagelang.
Jambu Kristal : dari Lampung. Harga 28K/kg.
Golden pir : impordariAmerika. Harga 50K/kg.
Buah Naga merah : harga 25K/kg.
Melon Golden : Harga 17K/kg
Alpukat : dariklaten.
Pisang Ambon : dari Lampung
Apel Malang : Harga 28K/kg.
PirJambu : ImpordariAfrika. Harga 45K/kg
Kiwi : Impordariitalia. Harga 55K/kg
Lemon : harga 55K/kg.

Pemilik kios buah Anto ini mengatakan bahwa mereka tetap meminta atau mendatangkan buah- buahimport karena harganya lebih murah dibandingkan dengan buah lokal yang ada di Indonesia. Selain itu, dari segi kualitas buah import memiliki kualitas yang lebih baik ( lebih awet dan tahan lama) dan juga rasanya lebih enak sehingga peminatnya banyak. Buah-buahan ini diambil 2 hari sekali dari Pasar Buah Induk Gamping. Harga buah-buahan yang dijual di toko buah ini pun terjangkau.
Berdasarkan hasil survey yang telah kami lakukan pada lokasi penjualan buah , menurut kelompok kami Dapat disimpulkan bahwa Indonesia kaya dengan keanekaragaman jenis dan sumber buah-buahannya. Karena terdapat banyak jenis buah lokal yang dujual namun mungkin budidaya buah di Indonesia belum dilakukan secara maksimal dan juga masalah nutrisi buah. Hal ini ditandai dengan masih banyaknya buah yang diimport, yang disebabkan karena kualitas buah lokal belum mampu bersaing dengan buah-buahan yang ada diluar negri yang lebih tahan lama jika disimpan dan enak ..

gambar buah yang dijual di kios buah yang dikunjungi kelompok kami :







Sekian dan Terima Kasih .. semoga sedikit dari yang kami bagi ini dapat bermanfaat untuk kita semua ..

Tugas Kelompok

Mata Kuliah Konservasi Sumber Daya Lokal

Anggota :

Selice Tavares Leite
Krisdianti Petra
Andie Wijaya


2 responses to “HASIL SURVEI KIOS BUAH DI DAERAH YOGYAKARTA”

  1. Irajumira says:

    artikelnya bagus, Infornasi yang menarik dan cukup lengkap, ternyata banyak buah impor yang lebih diminati para pedagang buah dibanding buah lokal.
    sebagai seorang mahasiswa biologi apa yang bisa kita lakukan untuk meminimalisisr keberadaan buah impor yang ada di Indonesia dan buah lokal juga mampu bersaing di pasar global ?

  2. yuldinatabeo says:

    Artikelnya menarik dan informasinya juga cukup lengkap. saya mau bertanya apa yang menyebabkan buah import lebih murah di bandingkan dengan buah lokal ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php