Selice Tavares Leite

HASIL SURVEI KIOS BUAH DI DAERAH YOGYAKARTA

Posted: April 13th 2017

Hii .. hii gaesss .. jumpa lagi kita di blog ini yah,, kalo biasanya penulis selalu menulis tentang all about Konservasi, kepunahan, dan lainya, kali ini akan sedikit berbeda, kenapa? Karena kali ini kita akan membahas lebih banyak tentang BUAH Yang ada di Indonesia, dan Yogyakarta khususnya.. Indonesia merupakan suatu negara yang beruntung karena terletak di daerah katulistiwa yang mempunyai tipe hutan hujan tropik cukup unik dengan keanekaragaman jenis tertinggi di dunia. Kekayaan keanekaragaman jenis buah-buahan asli Indonesia juga cukup tinggi dan masih banyak yang belum dimanfaatkan secara baik. Hal ini terlihat antara lain dengan masih banyaknya buah-buahan “import” yang dijual di pasar-pasar ataupun di toko-toko swalayan di berbagai kota di seluruh Indonesia. Di Yogyakarta , kami melakukan survei pada dua tempat pennjualan buah, dikarenakan pada lokasi yang pertama jumlah buah yang dujual sedikit dan hanya ada buah local, lokasi pertama yang kami datangi yaitu Jl. Inspeks iSelokan Mataram, CAturtunggal, … Read more


Pemanfaatan Pohon Lontar Di Nusa Tenggara

Posted: February 15th 2017

Pohon Lontar (Borassus flabellifer) adalah sejenis palma (pinang-pinangan) yang tumbuh di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di Nusa Tenggara Timur, pohon lontar sama sekali bukan pohon yang asing di mata orang NTT, sebab pohon lontar dapat dijumpai di banyak bagian wilayah ini seperti Pulau Timor, Rote, Sabu dan beberapa tempat lain. Bahkan secara khusus bagian terselatan negara ini yakni Pulau Rote dikenal dengan dengan sebutan ‘Nusa Lontar’. .Pohon ini banyak dimanfaatkan daunnya, batangnya, buah hingga bunganya yang dapat disadap untuk diminum langsung sebagai legen (nira), difermentasi menjadi tuak ataupun diolah menjadi gula siwalan (sejenis gula merah). Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Plantae Divisi: Angiospermae Kelas: Monocotyledoneae Ordo: Arecales Famili: Arecaceae sinonim: Palmae Genus: Borassus Spesies: Borassus flabellifer Pemanfaatan Pohon Lontar Rote Ndao memiliki potensi lontar yang besar. Dengan ribuan pohon lontar yang dimiliki daerah ini maka tentu saja dapat diusahakan untuk menjadi salah satu komoditi andalan yang mampu menghidupi masyarakat daerah ini. … Read more


Selamatkan Merpati Hijau Timor Leste….

Posted: December 2nd 2016

Hallo guys, kali ini kita coba melihat ke Negara tetangga dulu ya,, saya akan membuat Aksi personal untuk melindungi spesies yang hampir punah yaitu Treron psittaceus endemik Timor-Leste (Merpati Hijau Timor Leste). Timor -Leste sebagai negara yang baru restorasi pada tahun 2002 masih harus mengejar ketinggalan dari negara-negara lain. Dengan membangun bisa membawa negara ini lepas dari ketertinggalannya. Salah satu sektor vital yang perlu di perhatikan oleh pemerintah Timor-Leste adalah kawasan hutan. Menurut laporan Departemen Kehutanan dan Sumber Daya Air bahwa,Timor kehilangan masa hutan sebesar 1,1%per tahun empat kali lebih besar dari rata-rata global. Data ini mengacu pada periode 1972-1999, di mana kehilangan 114.000 hektar dari hutan lebat dan hutan menengah 78000 hektar. Seteleh referendum dan kemerdekaan (2002) disebutkan bahwa angka-angka ini tidak menurun.Deforestasi di Timor, bersama-sama dengan sistem curah hujan dan topografi di mana 41% dari total wilayah Negara memiliki lereng lebih besar dari 40% (Mota, 2002). Skala kerusakan … Read more


Si Wangi, Kayu Cendana

Posted: August 23rd 2016

Hallow teman – teman dimana pun kalian berada!!! Gimana kabar kalian semua? Apapun kondisi kalian saya harapkan untuk tetap Sehat ya!!, eh teman- teman pada  tau ngk sih…? Ternyata kayu cendana itu punya segudang manfaat loh..bisa diguanakan sebagai bahan  baku furniture dan meubel , lambang prestise, bahan obat herbal, antiseptic dan antimikrobia, Sebagai bahan parfum dan wangi-wangian dan ini nih yang paling penting buat teman-teman cewek yang cantik seperti saya ,, huaaahuaa,,,!  kayu cendana juga mempunyai manfaat utnuk kecantikan, seperti :  Menghilangkan noda hitam pada kulit, Mencegah munculnya jerawat, Mengatasi dan menghilangkan minyak pada kulit…nah kan udah aku sebutin tuh manfaatnya, tapi teman teman tau ngk sih ??? karena harga kayu cendana yang begittu Fantastis atau mahal, kayu cendana ini sering diburu oleh tangn- tangan liar untuk kepentingan mereka sendiri,seharusnya kayu cendana ini dibudidayakan ,dijaga, biar tidak punah agar segala manfaatnya itu bisa digunakan terus…! nahh.. kalau teman-teman mau taulebih … Read more


Hello world!

Posted: August 23rd 2016

Welcome to Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!



© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php