scholastica' blogs…

Telekomunikasi dan Jaringan (Networks)

Posted: November 4th 2012

 

Kali ini saya akan membahas infrastruktur IT mengenai telekomunikasi dan jaringan (networks). Sistem Telekomunikasi adalah Perangkat keras dan perangkat lunak yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain. Dimana prosesnya bisa menggunakan dua atau lebih komputer atau perangkat transfer data, instruksi, dan informasi, Telekomunikasi memiliki beberapa komponen yaitu: hardware, software, media, network, data communication provider, protocol, dan aplikasi.

Pengiriman data melalui Sistem Telekomunikasi dilakukan melalui dua cara yaitu melalui sinyal analog dan sinyal digital. Media yang dipakai ialah Wire Twisted-pair , Coaxial cable, Fiber-optic cable, Microwave, Satelit, Radio, dan Inframerah.

Dalam komunikasi diperlukan juga jaringan, yaitu perangkat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer Jaringan dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu Local Area Network  (LAN) dan Wide Area Network (WAN).  LAN adalah jaringan yang mencakup jarak geografis yang relatif kecil sedangkan WAN adalah jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas. Untuk menghubungkankan jaringan dapat digunakan Bridge untuk jaringan yang sama dan untuk jaringan yang berbeda ialah Router.

Cara untuk mengatur pemrosesan jaringan dengan Perangkat Lunak  berikut ini: Jaringan Sistem Operasi – memungkinkan semua perangkat pada jaringan untuk berkomunikasi, Manajemen Jaringan Perangkat Lunak – menyederhanakan tugas manajemen jaringan manusia, Protokol – menentukan aturan yang mengatur komunikasi perangkat melalui jaringan

dalam bisnis saat ini pengolahan jaringan dilakukan melalui client server processing dan Peer-to-peer processing. Didalam telekominikasi juga terdapat berbagai aplikasi yaitu Electronic mail, Video conferencing, Electronic Data Interchange, Transfer Dana Elektronik, Faksimil, Telecommuting, Distenc Learning, dan Telematics

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php