scholastica' blogs…

IT DALAM ORGANISASI MODERN

Posted: September 13th 2012

 

Di era informasi yang sangat berkembang saat ini, penggunaan sistem Informasi, dengan dukungan teknologi informasi, telah menjadi komponen penting dalam organisasi modern yang sukses, karena mampu membantu dalam pengembangan dan pengelolaan suatu organisasi modern, dan didalam suatu system informasi pasti mempunyai infrastruktur dan arsitektur. Infrastruktur sendiri adalah fasilitas fisik yang mendukung dan memanagement semua sumber daya komputasi organisasi yang terdiri dari hardware, software, networks, database, personal managemen informasi. Infrastruktur berfungsi mengintegrasi, mengoperasikan, mengelola, dan merawat seluruh komputasi organisasi. Sedangkan arsitektur merupakan gabungan kebutuhan informasi, infrastruktur informasi, dan perangkat lunak dengan sebuah rancangan yang dibuat. Juga berfungsi memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan organisasi dan mengatur informasi itu supaya dapat digunakan. Hal ini membantu supaya IT organisasi cocok dengan strategi bisnis yang diperlukan.

SI dapat digolongkan menjadi beberapa tipe yaitu

–          Transaction Processing System: sistem informasi ini merupakan dasar dari proses transaksi suatu bisnis. Mendukung, melakukan, dan mengotomatisasi kegiatan bisnis rutin, yaitu dengan mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan data transaksi bisnis.

–          Management Information System: merupakan sebuah sistem informasi yang memanagemen dalam pengambilan keputusan secara rutin, mengakses, mengatur, meringkas, dan menampilkan semua informasi.

–          Support Systems:

*Office Automation System yaitu aplikasi yang dikembangkan untuk mendukung pekerjaan, seperti word, excel

*Decision Support System yaitu Sistem pendukung keputusan manajerial non-rutin yang complex

–          Intelligent Systems: sistem pakar yang memberikan pengetahuan yang tersimpan dari para ahli untuk non-ahli, dengan mesin yang mempunyai kemampuan untuk belajar.

–          End- User Computing: Penggunaan atau pengembangan sistem informasi oleh pengguna utama dari sistem ‘ output, seperti analis, manajer, dan profesional lainnya.

–          Knowledge Management System: Mendukung menciptakan, mengumpulkan, mengatur, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan dari organisasi.

–          Data Warehouse: Sebuah data warehouse adalah database yang dirancang untuk mendukung DSS, kegiatan analisis dan pengguna akhir ESS dan lainnya

–          Mobile Computing: Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan pelanggan atau mitra bisnis di luar batas-batas fisik perusahaan mereka, dapat dilakukan melalui jalur kabel atau nirkabel jaringan

Sistem informasi dirancang untuk mendukung struktur organisasi. Biasanya oleh departemen fungsional, dan dijumpai dalam bentuk hierarki, mungkin oleh proyek atau di dalam struktur matriks. Dan biasanya diklasifikasikan oleh dukungan yang ada, dan oleh level organisasi. Sistem Informasi terdiri dari berbagai aplikasi. Sistem dan aplikasi dapat mendukung individu / tim, , departemen,  Divisi / Unit, seluruh perusahaan. Sistem informasi juga dapat menjadi inter-organisasi. Yaitu sistem yang menghubungkan dua atau lebih organisasi yang mempunyai kepentingan umum atau kebutuhan bisnis.

Pengelolaan sumber daya sistem informasi adalah tanggung jawab bersama dept SI dan end users.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php