Nama : Sartika Br Purba
NIM : 090705950
Resume PTI Minggu Kesembilan : “Sistem Informasi Functional, Enterprise, dan Interorganizational”
Sistem Informasi Fungsional:
v karakteristik
- Terdiri dari beberapa SI kecil yang fokus pada tugas yg spesifik
- secara spesifik aplikasi SI bisa diwujudkan dalam
- Aplikasi yg benar benar independen
- Terintegrasi membentuk suatu sistem fungsional departemen yang koheren
- Di integrasikan lintas departemen untuk mendukung proses bisnis yg lebih luas
v Management Information Systems
- Menyediakan informasi rutin kepada manajer pada area fungsional
Transaction Processing Systems
Transaction processing systems (TPS) di rancang untuk mencatat dan menyimpan data yg menjabarkan setiap business event yg terjadi
v TPSs : automated, berulang, konsisten, high-volume tasks
v TPSs menyediakan fondasi untuk sistem informasi lainnya
v TPS memberikan impresi/kesan kepada konsumen mengenai kualitas dari sebuah bisnis
v Karakteristik dari TPSs
v Data yg diproses dalam volume yg besar
v Sumber data sebagian eksternal, dan output sebagian besar untuk pengguna internal
v TPS beroperasi secara regular (on demand, daily, weekly, etc.)
v Membutuhkan kapasitas penyimpanan (database) besar
v Memerlukan pemrosesan berkecepatan tinggi (due to the high volume)
v Data Input dan output dikenali dan mudah dipahami (highly structured)
v Melibatkan level detil yg tinggi tetapi low computation complexity
v Membutuhkan level accuracy, data integrity, dan security yang tinggi
v Membutuhkan kehandalan pengolahan yg tinggi; organizations cannot function for long without TPSs
v Mendukung Inquiry processing
v Secara tradisional, TPS di implementasikan pada sistem main frame menggunakan batch processing
v Online Transaction Processing (OLTP)
v Dapat dibanggun menggunakan client/server architecture, hemat
v Internet (Intranet) Transaction Processing
v mengijinkan multimedia data transfer
v fast response time
v storage of large databases of graphics and videos
v real time
v low cost
Accounting and Finance Systems
v Financial Planning and Budgeting
- Prediksi financial dan economic
- Penganggaran biaya (Budgeting)
v Investment Management
- Akses ke laporan ekonomi dan finansial
- Analisa finansial
v Financial Controls
- Kontrol anggaran
- Auditing
- Analisa kesehatan finansial
- Analisa Profitability dan kontrol biaya (cost)
Marketing & Sales Systems
v Customer Service
- Analisa profil dan preferensi konsumen
- mass customization – high volume production of specialized product
- targeted advertising
- customer inquiry systems dan automated Help Desk
v Telemarketing
- advertisement and reaching customers
- order processing
- customer service
- sales support
- account management
v Distribution Channels
- Manajemen pengiriman
- Improve retail stores
v Marketing Management
- Men set dan me monitor harga dari produk dan layanan
- Memonitor dan mengevaluasi produktivitas dari salesperson
- Evaluasi keuntungan dari products / customers
- Menilai trend penjualan
- Analyze new products, services, and markets
v Ethical and Social Issues in IT-supported Sales Activities
- Pengumpulan dan penggunaan informasi
- concern kepada masalah privasi
v Tren saat ini– Customer Relationship Management (CRM)
- concern kepada pengembangan relasi one-to-one kepada konsumen
Production & Operations Management Systems
v Planning Production/Operations
- Material Requirements Planning; MRP II
- Just-In-Time
- Project Management (PERT & CPM)
- Short-term scheduling
v Automatic Design Work and Manufacturing
- Computer Aided Design (CAD)
- Computer Aided Manufacturing (CAM)
- Computer Integrated Manufacturing (CIM)
Human Resources Management Systems
v Recruitment
- Melacak semua lowongan yg terbuka
- Mengiklankan lowongan melalui internet
- Seleksi karyawan
v Human Resources Maintenance and Development
- Pelatihan karyawan
- Penilaian performa
- Analisa Turnover (omset), keterlambatan, absensi
v Human Resources Management and Planning
- Mengelola personnel files dan skills inventory
- Mengelola tunjangan
- Menyesuaikan dengan government reporting
- Personnel planning
- Succession planning
- Labor negotiations
Integrated Information Systems
v Alasan integrasi
- Kekurangan dari SI berbasis fungsional:
- Tidak bisa memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh karyawan
- Tidak mengijinkan departemen yg berbeda berkomunikasi dengan efektif
- Data penjualan, inventory, dan produksi sering di inputkan secara manual ke sistem komputer yg terpisah
v Bagaimana mengintegrasikan SI
- Menghubungkan sistem yg ada
- Memaksimalkan penggunaan sistem yg ada dan mengijinkan adanya penambahan aplikasi baru
- Menggunakan aplikasi supply chain management
- Mengatasi isolasi dari struktur departemen tradisional dengan mengintegrasikan pengelolaan pada beberapa area fungsional
- Menggunakan aplikasi Enterprise Resource Planning
- Mengelola semua proses bisnis utama menggunakan arsitektur aplikasi tunggal secara real time
- Meningkatkan efisiensi untuk meningkatkan kualitas, produktifitas dan profitibilitas
v Sistem elektronik melibatkan aliran informasi antara dua atau lebih perusahaan yang berada pada on-going relationship
v tujuan – pengelolaan transaksi yg efisien
v Banyak bisnis besar yg membutuhkan adanya hubungan dengan supplier melalui applikasi IOS
v IOSs dapat di implementasikan dengan
- Private, third-party networks (value-added networks)
- Publicly accessible networks (Internet)
v Types of Interorganizational Systems
- Global systems
- Electronic data interchange (EDI)
- Electronic funds transfer (EFT)
- Extranets
- Shared databases
- Integrated messaging
Issues in IOS / Global IS Design
v Perbedaan budaya
v Perbedaan Economic dan political
v Fokus pada Cross-border data transfer