Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan

Contoh Resensi Buku Resensi berasal dari bahasa Latin yaitu ‘Revidere” atau “Recensere” yang arti harfiahnya melihat kembali.

Resensi adalah sebuah karangan yang isinya penjelasan sebuah karya dari sisi kelebihan dan kekurangannya. Resensi sendiri merupakan karangan yang bertujuan untuk memberikan penilaian seimbang tentang bagus tidaknya, penting tidaknya suatu buku yang telah diterbitkan untuk pembaca nya. Seseorang yang gemar menulis resensi buku disebut resentator contoh cv menarik .

Resensi buku memiliki beberapa unsur yang wajib disertakan. Unsur – unsur tersebut adalah:

  • Identitas buku

Identitas buku seperti judul buku, pengarang, penulis asli dan penerjemah (jika buku terjemahan).

  • Judul resensi

Judul resensi harus sesuai dengan isi resensi yang dibuat karena judul adalah gambaran besar tulisan yang disajikan penulisnya. Sebuah judul yang unik dan menarik akan mudah menarik minat orang untuk membaca resensi yang dibuat.

  • Data buku

Data buku harus disertakan kuis berhadiah. Data buku yang wajib ditulis adalah judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit beserta cetakannya, dimensi buku hingga daftar buku aslinya.

  • Ikhtisar isi resensi

Ikhtisar sendiri artinya adalah rangkuman haji. Di resensi, rangkuman singkat isi buku harus disertakan sehingga pembaca resensi menangkap intisari buku tersebut. ikhtisar buku yang diresensi harus urut menurut plot dalam buku.

  • Kelebihan dan kekurangan buku

Sebuah resensi wajib menuliskan kekurangan dan kelebihan buku dengan porsi yang imbang, sehingga penilaian yang diberikan kepada buku tersebut bernilai objektif.

  • Penutup

Bagian penutup pada resensi buku berisi dan penjelasan kepada pembaca seperti apa buku tersebut ditujukan, beserta saran dan kritik kepada penulis.

Setelah mengetahui dengan benar apakah resensi buku, apa saja unsur-unsurnya hingga untuk apa tujuan dari meresensi buku, berikut ini merupakan contoh resensi dari beberapa bukukarya-karya terbaik sebagai panduan dan penerapan resensi yang sebenarnya. Mulai dari contoh resensi buku non fiksi, contoh resensi buku pengetahuan, contoh resensi buku pelajaran, contoh resensi novel, contoh resensi buku ilmiah, dll.

  1. Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Berikut salah satu contoh resensi buku non fiksi:

Identitas Buku

Judul Buku : God, Do You Speak English?
Pengarang : Jeff Kristianto, Nina Silvia, Rini Hanifa
Penerbit : Rene Books
Tahun Terbit : 2013
Tebal Halaman : 348 halaman

Sinopsis Buku Non Fiksi :

Contoh Resensi Buku Non Fiksi – Buku ini menceritakan tentang para penulis dengan tempat-tempat yang mereka singgahi. Tiga penulis buku ini adalah sukarelawan lembaga sukarelawan internasional Voluntary Service Organization (VSO) Indonesia. Mereka adalah Jeff Kristianto, Nina Silvia, dan Rini Hanifa.

Jeff bekerja mendukung perajin-perajin di Tajikistan, bekas negara jajahan Uni Soviet di Asia. Nina membantu lembaga pendukung suku asli di Bangladesh. Sedangkan Rini ditempatkan di Guyana, Amerika Latin untuk bekerja bersama LSM lokal. Mereka bekerja dan digaji standar minimal negara penempatan.Karena telah hidup dengan warga sekitar, mereka berinteraksi dan mengalami cerita-cerita lucu dan mengharukan CV Online.

Karena itulah, buku ini tak sekadar cerita namun seolah memiliki nyawa. Ketiga penulis adalah bagian dari cerita itu sendiri. Maka, mereka menceritakan sesuatu yang tak mungkin didapatkan jika perjalanan tersebut semata untuk berpetualang.

Kelebihan Buku :

  • Buku ini sangat menarik dari segi judul, karena membawa nama Tuhan atau “God”.
  • Cerita dari ketiga penulis ini sangat menginspirasi.

Kekurangan Buku :

  • Banyak istilah dalam buku yang orang awam mungkin akan susah untuk mengerti.
  • Cerita yang ditulis dari Nina Silvia seolah seperti bernarasi, pembaca akan lelah untuk mengikuti alur cerita.
  1. Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan

Berikut salah satu contoh resensi buku ilmu pengetahuan:

Identitas Buku

Judul Buku :Memahami Film
Pengarang :Himawan Pratists
Penerbit :Homerian Pustaka
Tahun Terbit :2008
Tebal Halaman :223 halaman

Sinopsis Buku Pengetahuan :

Contoh Resensi Buku Pengetahuan – Sebagian besar orang masih melihat film adalah sesuatu yang mustahil dilakukan. Padahal film dapat dibuat oleh siapapun. Walaupun minat seseorang belajar buat film tinggi, namun kedalaman memahami seni film masih sangat terbatas.

Pengetahuan tentang film sebagai sebuah karya seni masih berada di ruang-ruang kuliah semata, padahal film bukanlah milik para akademisi saja, melainkan milik semua orang yang hobi menonton. Buku ini mencoba membantu penonton untuk membaca film sebagai sebuah bentuk seni.

Melalui buku ini, pembaca akan belajar tentang motif atas pilihan teknik sutradara baik dari sisi naratif maupun sinematiknya. Buku ini akan dengan mudah ditangkap pembacanya ditambah dengan gambar-gambar penunjang.

Kelebihan Buku :

  • Mampu memberikan contoh-contoh dari setiap unsur pembentuk film dengan disertai ilustrasi dan referensi film. Contoh-contoh tersebut akan memudahkan pembaca
  • Menjelaskan detail topik yang dibahas dalam buku seperti : Jenis dan Ciri Genre, Aspek Naratif, Struktur Tiga Babak dan Alternatif, Aspek Sinematik, Suara, dll.
  • Mampu membantu pembuat film baru yang masih dalam tahap pengenalan alat-alat dan proses produksi film. Karena buku ini sangat ringan dan menuntun bagi pemula.

Kekurangan Buku :

  • Buku ini sangat susah didapatkan, bahkan di Gramedia jarang sekali menjualnya. Jika ingin mencari buku ini bisa membuka Instagram atau situs penyedia jasa jual buku.
  1. Contoh Resensi Buku Fiksi

Baca Juga  Random Email Perusahaan Aktif Terbaru 2021

Contoh resensi buku fiksi adalah sebagai berikut:

Judul Buku : Milea; Suara dari Dilan
Pengarang : Pidi Baiq
Penerbit : Pastel Books
Tahun Terbit : Agustus – 2016
Tebal Halaman : 360 halaman

Sinopsis Buku Fiksi :

Contoh Resensi Buku Fiksi – Novel ini adalah seri ketiga dari novel Dilan, Dia Dilanku Tahun 1990 dan Dilan, Dia Dilanku Tahun 1991. Jika tidak mengikuti dua novel sebelumnya, pasti akan kebingungan untuk menyimak novel Milea ini. Novel ini seakan menjawab keresahan pembaca novel Dilan sebelumnya, karena di novel Milea ini seolah semua pertanyaan dan kebingungan pembaca akan terjawab.

Novel ini mengambil sudut pandang dari Dilan. Penceritaannya juga menjawab dan mengklarifikasi pernyataan atau cerita dari Milea. Seperti penyebab Akew meninggal, lalu kenapa Dilan ada di kantor polisi. Dilan tidak ditahan karena kasus Akew meninggal. Termasuk latar belakang cerita Dilan yang meramal Milea saat pertama kali kenalan.

Dilan itu teman yang baik. Dilan itu juga pacar yang baik. Dan sebenarnya, Dilan juga murid yang baik untuk guru-guru yang bisa mengerti dirinya.Mungkin, guru-guru bisa membaca novel ini agar tahu bagaimana bersikap pada anak-anak istimewa seperti Dilan dan kawan-kawannya. Mereka tidak perlu dihukum, tidak perlu diceramahi panjang lebar. Cukup dimengerti dan sedikit memberi mereka perhatian dengan cara yang lebih bersahabat. Kisah percintaan Dilan dan Milea, persahabatan, keluarga, hingga kesedihan bersatu dalam buku ini.

Kelebihan buku :

  • Cover bukunya sangat kekinian dan sesuai target sasarannya yaitu remaja.
  • Banyak puisi-puisi yang diselipkan dalam buku jadi membuat pembaca dapat senyum-senyum sendiri.
  • Model penceritaannya dibuat sangat jelas dan terstruktur, jadi ketika membaca dari awal, dapat langsung membayangkan di buku seri Dilan yang pertama dan kedua.
  • Novel Milea dan juga versi sebelumnya sangat tampak seperti kisah nyata. Walaupun banyak yang beranggapan cerita dalam novel ini fiksi, tapi penceritaannya sangat tidak berlebihan dan seperti mengalir apa adanya.
  • Dari dialog dan penjelasan adegan di dalam setiap kalimat tidak berlebihan, sehingga tidak membuat pembaca yang “baru mulai belajar membaca novel” tidak lelah untuk mengikuti jalan ceritanya.
  • Cerita sangat ringan, dapat dibaca oleh semua kalangan umur.

Kekurangan buku :

  • Ending di buku ini membosankan, karena ending kisah cinta Milea dan Dilan telah diungkap di novel seri Dilan sebelumnya.
  • Terdapat beberapa adegan yang membuat penasaran “apakah lazim seseorang melakukan hal itu di tahun 90-an”. Hal ini kembali lagi di riset penulisnya, karena mungkin bagi beberapa pembaca merasa ini sedikit janggal.
  1. Contoh Resensi Buku Pelajaran ilmu Pengetahuan

Berikut salah satu contoh resensi buku ilmu pelajaran:

Judul Buku :Memahami Film
Pengarang :Himawan Pratists
Penerbit :Homerian Pustaka
Tahun Terbit :2008
Tebal Halaman :223 halaman

Sinopsis Buku Pelajaran :

Contoh Resensi Buku Pelajaran – Sebagian besar orang masih melihat film adalah sesuatu yang mustahil dilakukan. Padahal film dapat dibuat oleh siapapun. Walaupun minat seseorang belajar buat film tinggi, namun kedalaman memahami seni film masih sangat terbatas. Pengetahuan tentang film sebagai sebuah karya seni masih berada di ruang-ruang kuliah semata, padahal film bukanlah milik para akademisi saja, melainkan milik semua orang yang hobi menonton.

Buku ini mencoba membantu penonton untuk membaca film sebagai sebuah bentuk seni. Melalui buku ini, pembaca akan belajar tentang motif atas pilihan teknik sutradara baik dari sisi naratif maupun sinematiknya. Buku ini akan dengan mudah ditangkap pembacanya ditambah dengan gambar-gambar penunjang.

Kelebihan Buku :

  • Mampu memberikan contoh-contoh dari setiap unsur pembentuk film dengan disertai ilustrasi dan referensi film. Contoh-contoh tersebut akan memudahkan pembaca
  • Menjelaskan detail topik yang dibahas dalam buku seperti : Jenis dan Ciri Genre, Aspek Naratif, Struktur Tiga Babak dan Alternatif, Aspek Sinematik, Suara, dll.
  • Mampu membantu pembuat film baru yang masih dalam tahap pengenalan alat-alat dan proses produksi film. Karena buku ini sangat ringan dan menuntun bagi pemula.

Kekurangan Buku :

  • Buku ini sangat susah didapatkan, bahkan di Gramedia jarang sekali menjualnya. Jika ingin mencari buku ini bisa membuka Instagram atau situs penyedia jasa jual buku.
  1. Contoh Resensi buku novel ayat ayat cinta lengkap dengan kelebihan dan kekurangan

Berikut salah satu contoh resensi buku novel  lengkap dengan kelebihan dan kekurangan

6. Contoh Resensi Novel 5 Cm

Contoh rResensi novel 5 cm adalah sebagai berikut:

Judul Novel : 5 cm
Penulis  : Donny Dhirgantoro
Penerbit  : PT. Grasindo
Tahun Terbit : 2007
Tebal  : 381 halaman

novel 5 CM merupakan buku fiksi yang menceritakan kisah 7 tahun persahabatan lima pemuda. Selama menjalin persahabatan mereka berlima tidak pernah sekalipun berpisah, mereka selalu kompak mengerjakan segala kegiatan bersama – sama. Mereka bertujuah adalah Arial, Riani, Zafran, Ian dan Genta. Karena bosan hampir setiap hari bertemu dan melakukan segala kegiatan bersama – sama, suatu hari salah satu diantara mereka mengusulkan untuk tidak berkomunikasi dalam bentuk apapun selama 3 bulan dan fokus mengejar impian masing – masing.

Selama 3 bulan, mereka bertujuh lebih konsentrasi menggapai impian dan memiliki banyak kisah berwarna, namun tetap saja mereka merindukan masa – masa kebersamaan bertujuh dan tak sabar untuk bertemu.

Setelah 3 bulan berlalu, mereka bertujuh sepakat untuk janji bertemu dan melakukan pendakian bersama di gunung tertinggi di pulau Jawa, yaitu gunung Mahameru. Meski telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun, namun selama mendaki inilah mereka mendapatkan arti persahabatan lebih dalam. Mereka menyadari betapa pentingnya terus berusaha tanpa melihat kebelakang, selalu optimis menggapai impian yang ada di depan mata, saling memberikan dukungan, dan makna cinta yang sesungguhnya.

Di dalam novel ini, penulis  menggunakan bahasa yang mudah di cerna oleh semua kalangan pembacanya, namun terdapat satu kekurangan yang dapat ditemukan yaitu klimaks cerita yang kurang terasa terkesan memaksakan. Buku ini cocok dibaca oleh pembaca usia dewasa awal untuk lebih memberi inspirasi makna perjuangan dan persahabatanBaca Juga  Cara Menghilangkan Watermark Filmora 9 Wondershare Secara Permanen

7. Contoh Resensi Buku Singkat yang baik dan Benar

a. Identitas Buku

– Judul buku resensi : Laskar Pelangi
– Genre : Roman
– Penerbit : Yogyakarta, Bandung Pustaka
– Penulis : Andrea Hirata
– Tahun terbit : 2005
– Jumlah halaman : 529 hlm
– Nomor Edisi Terbit : ISBN 970-3062-79-7

Sinopsis Buku

Resensi Novel Laskar Pelangi – Novel yang ditulis oleh Andrea Hirata ini berkisahkan 10 orang anak yang tinggal di Belitung Timur, Desa Gantung Kabupaten Gantung. Kisah ini awalnya dimulai karena Depdikbud yang akan membubarkan sekolah Muhamamadiyah yang terancam akan dibubarkan jika tidak memiliki 10 murid.

Saat itu kepala sekolah Pak Hafran mengumumkan jika jumlah muridnya tidak mencapai 10 orang maka Depdikbud akan membubarkan sekolah tersebut. Namun tak lama setelah Pak Hafran mengumumkan hal tersebut maka datang Harun dan ibunya yang hendak mendaftarkan dirinya di sekolah Muhammadiyah tersebut.

Kisah Laskar Pelangi dari sini dimulai, ketika Bu Muslimah yang akrab disapa Bu Mus yang memberi nama mereka dengan sebutan Laskar Pelangi. Laskar pelangi ini tak hanya menceritakan mengenai Borek yang ceroboh, Kucai yang sering protes, Mahar yang diam-diam memiliki bakat yang menakjubkan, Ikal yang mengalami peristiwa jatuh cinta, dan Lintang yang pekerja keras dan tidak mudah menyerah.

Nama yang diberikan oleh Bu Mus ini dikarenakan para murid yang jumlahnya hanya 10 orang ini memiliki semangat yang sangat luar biasa. Buktinya hal itu ditunjukkan dengan kecerdasan Lintang yang mampu mengalahkan Drs.Zulfikar yang terkenal memiliki otak yang cerdas dan jabatan yang tinggi di PN. Kemenangan yang diraih oleh Mahar pada acara karnaval 17 Agustus https://www.kuis.co.id/aplikasi-penghasil-uang-langsung-ke-rekening/.

Kisah laksar pelangi ini tidak hanya mencerikan mengenai kisah mereka dalam lingkup sekolah saja melainkan kisah ini sangat berliku mulai dari kisah kematian ayah Lintang yang dengan tidak sengaja memaksa Lintang yang dijuluki Einstein kecil itu dipaksa untuk putus sekolah. Dan tak lama kisah haru disusul oleh Ikal yang harus melanjutkan sekolahnya di kampung halamannya diluar kampung Belitong.

c. Kelebihan

Resensi Novel Laskar Pelangi – Andrea Hirata memang sosok penulis yang sangat berkarakter sehingga hal tersebut sangat tampak dari gaya tulisan yang disajikan pada novel Laskar Pelangi. Gaya penulisannya yang begitu khas dan menarik sudah sangat mengakar pada semua karya Andrea Hirata. Di dalam novel Laskar Pelangi ini Andrea Hirata menyajikan dengan sentuhan etnis melayu yang kental. Novel ini juga menceritakan tentang kisah persahabatan yang sangat kental dan haru, kisah juang para sahabat dalam mengapai mimpinya.

d. Kekurangan

Resensi Novel Laskar Pelangi – Kekurangan dari novel Laskar Pelangi ini penulis seolah tidak menjelaskan waktu yang jelas. Karena kisah dari novel ini daingkat dari kisah nyata namun penulis seolah mengaburkan waktu tepat yang terjadi pada saat hal itu terjadi. Seolah-olah ingin melindungi pemerintahan pada saat itu. Karena kisah yang diangkat dalam novel Laskar Pelangi ini nyata maka hal tersebut menuai banyak kritikan dari pada pembaca novel atas perlakuan pemerintahan pada masa itu.

8. Contoh Resensi Buku Pengetahuan pendidikan

Kelas 9

berikut salah satu contoh resensi buku pengetahuan untuk kelas 9

Identitas Buku Pengantar Filsafat Pendidikan
Judul Buku : Pengantar Filsafat Pendidikan
Penulis : Drs. Uyoh sadulloh, M.Pd
Jumlah Halaman Buku : 183 hlm.
Tahun Terbit : September 2004

Isi Buku Pengantar Filsafat Pendidikan

Pendidikan adalah suatu kegiatan yang dikerjakan manusia menggunakan media yang sangat luas, dimana mencakup semua pengetahuan dan pengalaman pada manusia mengenai pendidikan. Pendidikan menjadi salah satu praktek di dalam hidup, sama seperti kegiatan lainnya, seperti kegiatan hukum, kegiatan agama, kegiatan ekonomi, dan kegiatan lainnya. Disamping itu, kita bisa mempelajari pendidikan dengan cara akademik, baik itu secara empirik yang sumbernya dari pengalaman, atau dengan merenungi untuk melihat arti dari pendidikan dalam kontek yang lebih luas lagi. Pertama adalah praktek pendidikan, dan kedua adalah teori pendidikan.

Keunggulan Buku Pengantar Filsafat Pendidikan

Buku ini memiliki keunggulan yaitu mampu memberi informasi mengenai suatu nilai, sumber nilai, dan bagiamana seorang manusia bisa mendapatkan nilai itu sebab pendidikan pada prinsipnya tidak bisa dipisahkan dengan nilai.

Kelemahan Buku Pengantar Filsafar Pendidikan

Buku ini memiliki kelemahan yaitu kurang memberikan kepahaman untuk para pembaca yang masih pemula yang menyebabkan penyampaian yang disampaikan buku ini tidak tersampaikan dengan baik ke pembaca.

Kesimpulan Buku Pengantar Filsafat Pendidikan

Buku ini bisa jadi rekomendasi sebab di dalam buku ini terdapat ilmu pendidikan, pendekatan ilmu filosofis, dan tidak hanya teori pendidikan saja yang dibahas akan tetapi dengan praktik pendidikannya untuk membangun sumber daya manusia dan juga memberikan pengalaman yang luas, sebab pendidikan berkaitan erat dengan seluruh aspek dalam kehidupan baik itu pengalaman atau pemikirannya.

Di dalam ilmu pendidikan butuh kajian filosofis sebab kajian seperti ini akan melihat pendidikan dalam kenyataan yang berkesinambungan. Pengkajian pilosofis megengenai pendidikan bisa membantu memberi informasi mengenai hakikat dari manusia yang secara horizontal berkaitan dengan hubungan antar manusia dan alam semesta.

Pengkajian filosofis bisa juga memberi informasi yang ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan jufa sumber dari pengetahuan. Hal ini bisa membantu di dalam menentukan tujuan dari akhir pendidikan itu sendiri. APK Penghasil Uang

9. Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan Umum Sosial

Identitas Buku

Judul Buku : Ilmu Pengetahuan Sosial

Pengarang Buku : Drs. Suwarto W.A, M.Pd dan Drs. Agus Sumali, M.M

Penerbit Buku : Yudistira

Jumlah Halaman : i-vi + 84

Review Buku Ilmu Pengetahuan Sosial
Hak dan kewajiban yang sama konon dibawa oleh setiap insan sejak ia terlahir ke dunia ini. Kemudian insan ini mengalami diferensiasi yang sangat menakjubkan. Kesempatan dalam bermasyarakat di kotak-kotakan ke dalam kelas sosial, status, dan asal-usul.

Manusia memang dilahirkan sama, akan tetapi masyarakat kemudian membeda-bedakannya sendiri. Filosof Prancis J.J Rousseau berpendapat bahwa “Kesialan terbesar manusia survey online adalah kebudayaan dan khususnya pendidikan.”

Dua perkara inilah yang kemudian membuat manusia menjadi membeda-bedakan menurut kependudukan sosialnya, besarnya pendapatan, jenis kelamin, agama, warna kulit, ataupun tingkat kepandaian.

Sedangkan kalau segala tanda pangkat di copot, akte kelahiran di tiadakan, kartu penduduk di hilangkan, dan gelar akademik dibuang, serta tidak ada lagi perbedaan sosial di dalam masyarakat.

Buku ini menceritakan tentang struktur sosial, penyebab konflik sosial, dan mobilitas sosial, kelompok sosial di dalam masyarakat multikultural serta kesamaan dan keragaman budaya yang dimiliki.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Kelebihan :

  • Tata bahasa buku ini mudah dipahami, materi yang terdapat didalamnya juga cukup lengkap dan sangat bagus, serta buku ini dilengkapi dengan soal-soal evaluasi yang dapat membuat kita berpikir lebih luas lagi.

Kekurangan :

  • Buku ini mempunyai sedikit kekurangan yaitu kruang adanya contoh-contoh masalah atau kasus dalam beberapa point tertentu.

Buku ini sangatlah bermanfaat untuk para pembaca. Tidak hanya untuk pelajar, namun juga bisa untuk umum. Buku ini sangat mudah untuk mudah dipahami, apalagi untuk pelajar. Buku ini mencakup semua tentang keadaan yang ada di dalam masyarakat.

10. Contoh Resensi buku ilmiah bahasa Indonesia

Identitas buku

Judul buku : Metodologi penelitian dan teknik penyusunan skripsi

Pengarang buku : H. Abdurrahmat fathoni

Penerbit buku : PT. Rineka cipta

Tahun Terbit : Tahun 2006

Jumlah halaman : 105 halaman

Sinopsis buku

Buku ini merupakan buku yang mana di susun dengan berdasarkan pandangan serta pemikiran dari beberapa peneliti serta pakar dalam bidang ilmu metodologi penelitian.

Tujuan pembuatan buku ini adalah agar membantu mereka yang ingin tahu bagaimana seluk beluk dari metodologi penelitian, prosedurnya dan juga mengenai desain penelitian secara umum bisa di pakai pada sebuah penelitian untuk ilmu sosial. Berbagai teknik yang di jelaskan pada buku tersebut bisa sangat membantu para mahasiswa untuk mudah dalam menyusun skirpsi.

Kelebihan buku

Buku ini memang terlalu segmented, sehingga sangat di anjurkan para pembaca merupakan orang- orang yang akan menjalani penelitian maupun skripsi.
Buku ini juga memiliki penjeelasan yang sangat jelas bakan sangat detail dari tiap- tiap langkah serta metode yang nantinya di tempuh.
Buku sangat mudah di dapatkan di toko buku apa saja dan dimana saja.
Bisa di pakai sebagai acuan untuk meluruh perguruan tinggi di Indonesia.
Baca juga Contoh Paper

Kekurangan dari buku

Terdapat beberapa perguruan tinggi yang mempunyai metode penelitian dari skripsi sehingga pastinya metode dan lankah- langkah pembuatan skripsi tidak sama. Jadi, kamu pun wajib melakukan perbandingan dari buku satu dengan buku yang lainnya juga.
Terdapat sejumlah istilah yang asing yang berada di dalam buku namun tidak di jelaskan secara mendetail.

11. Contoh Resensi buku cerita rakyat

Identitas buku

Judul : Sangkuriang
Penulis : Yuliadi Soekardi
Penerbit : CV Pustaka Setia
Tahun terbit : Cetakan Pertama, 2002
Ukuran : 26 cm x 19 cm
Tebal : 104 halaman

Sinopsis Buku

Cinta dan sayang merupakan dua hal yang berbeda. Cinta terjalin antara dua orang berlainan jenis. Sedangkan sayang terjalin antara dua insan, baik sejenis maupun berlawanan jenis.

Banyak orang tidak dapat membedakan perasaan cinta dan sayang. Rasa sayang yang diberikan seseorang dapat dianggap cinta oleh orang lain. Cinta itu membutakan mata orang. Hubugan darah dilanggar demi cinta. Hal ini menyebabkan cinta terlarang.

Inilah makna yang diceritakan Yuliadi Sokardi melalui bukunya yang berjudul “Sangkuriang”. Tidak seperti cerita pada masa ini, buku “Sangkuriang” ini menceritakan tentang kisah seorang anak mencintai ibunya. Tetapi, cinta tersebut bukan cinta berwujud sayang antara ibu dan anak, tetapi sebuah kisah cinta antara pria dan wanita.

Cerita ini bermula dari seorang anak bernama Sangkuriang yang diusir oleh ibunya, Dayang Sumbi, karena telah membunuh anjing kesayangan ibunya yang ternyata jelmaan dari ayah Sangkuriang, Sona Anggara.

Setelah belasan tahun pergi berkelana dan mencari ilmu bela diri, Sangkuriang tak sengaja kembali ke desanya dan bertemu dengan ibunya. Namun, keduanya tidak saling kenal.

Karena kecantikan Dayang Sumbi, sangkuriang jatuh cinta kemudian melamar ibunya sendiri. Kisah cinta ini merupakan asal-usul munculnya Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat.

Buku cerita rakyat ini memiliki kalimat-kalimat yang mudah dipahami. Bahasa yang digunakan pun tidak bertele-tele. Buku terbitan CV Pustaka Setia ini juga cocok bagi anak-anak karena sarat akan pesan. Selain itu, sampul buku yang berwarna dan bagus sangat menarik perhatian anak-anak.

Disamping banyak kelebihan, dalam buku ini terdapat beberapa penulisan yang salah dan kalimat-kalimat yang tidak efektif. Selain itu, kertas yang digunakan kurang berkualitas sehingga mudah robek. Penjilidannya pun kurang rapi sehingga banyak halaman yang terlepas. Gambar-gambar pada buku tidak berwarna dan terdapat gambar yang diletakkan pada posisi yang salah aplikasi penghasil uang 2021 .

Yuliadi Soekardi menggunakan sudut pandang orang ketiga dalam menceritakan kisah ini. Penulis juga dapat mengetahui isi hati tokoh-tokohnya. Oleh karena itu, sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga serba tahu.

WEEK 11

Nama : Sartika Br Purba

NIM : 090705950

Resume PTI Minggu Kesebelas:  “Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce”

Wireless Technologies https://hendrayulianto.com/blog/contoh-slip-gaji

Perangkat nirkabel cukup kecil untuk dengan mudah membawa atau memakai, memiliki daya komputasi yang cukup untuk melakukan tugas-tugas produktif dan dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan internet dan perangkat lain https://evanazka.com/psikotes-online/ .

  • Sertakan PDA, telepon selular, ponsel pintar.
  • Wireless Application Protocol (WAP) merupakan standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, koneksi bandwidth rendah dan memori minimal untuk mengakses web kuis berhadiah -based informasi dan layanan.

Microbrowsers adalah internet browser dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam low-memory kendala perangkat nirkabel dan bandwidth yang rendah dari jaringan nirkabel.

Pager adalah satu arah, nirkabel sistem pesan, ia mengingatkan pengguna ketika menerima pesan masuk.

Wireless Transmission Media

Sistem transmisi microwave banyak digunakan untuk volume tinggi, komunikasi jarak jauh, point-to-points.

  • Point-to-point memiliki dua karakteristik: pertama, pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lain (disebut line-of-sight), dan kedua, transmisi itu sendiri harus ketat diarahkan dari pemancar ke penerima.

Sistem transmisi satelit menggunakan cara membuat agar agar biasa satelit komunikasi, tiga jenis satelit, masing-masing dalam orbit yang berbeda:

  • Geostasioner (GEO)
  • Medium-earth-orbit (MEO)
  • Rendah-earth-orbit (LEO)

Footprint adalah luas permukaan bumi dicapai oleh transmisi satelit – mengatasi keterbatasan stasiun relay microwave data.

Transmisi Broadcast memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke penerima banyak pada satu waktu.

Delay propagasi adalah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO yang membuat dua arah percakapan telepon yang sulit.https://evanazka.com/contoh-cv-menarik/

Types of Orbits

Geostasioner orbit bumi (GEO) mengorbit 22.300 mil tepat di atas khatulistiwa dan mempertahankan posisi tetap, baik untuk sinyal TV.https://evanazka.com/cara-mendapatkan-uang-dari-internet/

Sedang bumi orbit (MEO) yang terletak 6.000 kilometer di atas permukaan bumi dan bergerak, digunakan untuk GPS dan lebih murah.

Bumi orbit rendah (LEO) adalah 400 sampai 700 mil di atas permukaan dan bergerak lebih cepat sehingga mereka memerlukan banyak memiliki cakupan yang memadai, penggunaan untuk telepon.

Global Positioning Systems

GPS adalah sistem nirkabel yang menggunakan satelit untuk memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi mereka di mana saja di bumi, didukung oleh 24 satelit bersama di seluruh dunia.

Internet over Satellite (IOS)

IOS memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet melalui satelit GEO dari hidangan dipasang pada sisi rumah mereka.

  • Hanya tersedia di beberapa daerah pilihan.
  • Dapat mengalami keterlambatan propagasi atau terganggu oleh kondisi lingkungan.

Radio

Transmisi radio menggunakan gelombang radio frekuensi untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima.

Satellite Radio (radio digital) menawarkan terganggu, dekat CD musik berkualitas yang dikirim ke radio dari ruang angkasa. (XM radio satelit menggunakan GEO, Sirius menggunakan MEO)

Cahaya inframerah adalah lampu merah yang tidak biasa terlihat mata manusia, penggunaan umum dalam unit remote control untuk TV, VCR, DVD, CD player.

WEEK 10

Nama : Sartika Br Purba

NIM : 090705950

Resume PTI Minggu Kesepuluh :  “Electronic Commerce”

  • Sejarah

–        Di mulai pada awal1970 (Jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas)

–        Awalnya terbatas untuk perusaahn besar

–        Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)

–        Ruang lingkup EC saat ini

–        Iklan

–        perbankan

–        Jual beli alat elektronik

–        Jual beli saham

–        Pencarian pekerjaan

–        lelang

–        Kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia

–        Menyediakan layanan konsumen

  • Electronic Commerce (EC) adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet
  • Definisi EC di ambil dari sudut pandang

–        komunikasi

–        Proses bisnis

–        layanan

–        Online

–        kolaborasi

–        komunitas

  • Traditional commerce : semua dimensi terkait fisik
    • Brick-and-mortar organizations (organisasi yg secara fisik ada)
      • Old-economy organizations (corporations)
      • Bisnis dijalankan secara offline
      • Menjual produk melalui physical agents
  • Pure EC: semua dimensi adalah digital
    • Perusahaan Online (virtual)
    • New-economy organization
    • Menjual barang dan jasa secara On line
    • Partial EC: perpaduan antara dimensi digital dan fisik
    • Click-and-mortar organizations
    • Melakukan kegiatan EC
    • Melakukan bisnis utama di dunia nyata

Tipe E-Commerce

  • Business-to-business EC (B2B)
  • Collaborative commerce (c-commerce)
  • Business-to-consumer EC (B2C)
  • Consumer-to-businesses (C2B)
  • Consumer-to-consumer (C2C)
  • Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  • Government-to-citizens (G2C) and others
  • Mobile commerce (m-commerce)

Kerangka kerja EC

  • Aplikasi EC didukung oleh infrastruktur dan 5 support areas
    • People
    • Public policy
    • Technical standards and protocols
    • Business partners
    • Support services

Electronic Commerce Requirements

  • Infrastructure – hardware, software, dan jaringan yg dibutuhkan untuk mendukung transaksi, komunikasi, dan kolaborasi
  • Mekanisme Pembayaran Electronic

–        Electronic checks

  • Konsumen membuka rekening di bank
  • Konsumen meng email encrypted electronic check yang ditanda tangani dengan tanda tangan digital
  • Pedagang mendepositkan cek tersebut ke rekeningnya; uang di debit dari rekening pembeli dan di kreditkan di rekening penjual
  • Mekanisme Pembayaran Electronic (continued)

–        Electronic credit cards

  • Unencrypted payments – Pembeli meng email kan nomer CC ke penjual di internet
  • Encrypted payments – detil credit card di enkripsi untuk keamanan

–        Electronic cash in PC

  • bank menyediakan aplikasi khusus kepada konsumen
  • Konsumen membeli “uang elektronik” dari bank melalui aplikasi
  • Bank mengirim  catatan uang elektronik ke konsumen, disertai tanda tangan digital
  • Uang  disimpan pada PC pembeli dan bisa digunakan pada setiap electronic store yg menerima e-cash
  • Aplikasi juga digunakan untuk mentransfer e-cash dari komputer pembeli kekomputer penjual seller’s
  • Penjualan bisa menabung e-cash di bank atau  menggunakannya untuk melakukan trnasaksi lainnya
  • Mekanisme Pembayaran Electroniccontinued)

–        Pembayaran Electronic dengan e-cash

  • Credit cards menggunakan magnetic strips
  • Kartu menyimpan informasi mengenai prepaid cash yg bisa digunakan untuk melakukan pembayaran

–        Smart cards

  • Kartu dengan microprocessors, bisa menyimpan lebih banyak informasi

–        Person-to-person payment systems

  • Transfer dana antara individu (PayPal)

–        Electronic Funds Transfer (EFT)

  • Transfer uang secara Electronic dari dan kepada  financial institution menggunakan jaringan telekomunikasi

–        Electronic wallets

–        Purchasing cards

  • Keamanan

–        Enkripsi – proses membuat pesan tidak terbaca kecuali oleh pihak kunci dikripsi yang sesuai

  • Single-key encryption
  • Public/private key encryption
  • Public key infrastructure

–        Electronic Certificates

–        Secure Socket Layer (SSL)-protocol yg digunakan untuk mengenkrispi pesan

–        Secure Electronic Transaction Protocol (SET)- protocol untuk pemrosesan kartu kredit

WEEK 9

Nama : Sartika Br Purba

NIM : 090705950

Resume PTI Minggu Kesembilan :  “Sistem Informasi Functional, Enterprise, dan Interorganizational”

Sistem Informasi Fungsional:

v  karakteristik

  • Terdiri dari beberapa SI kecil yang fokus pada tugas yg spesifik
  • secara spesifik  aplikasi SI bisa diwujudkan dalam
    • Aplikasi yg benar benar independen
    • Terintegrasi  membentuk suatu sistem fungsional departemen yang koheren
    • Di integrasikan lintas departemen untuk mendukung proses bisnis yg lebih luas

v  Management Information Systems

  • Menyediakan informasi rutin kepada manajer pada area fungsional

Transaction Processing Systems

Transaction processing systems (TPS) di rancang untuk mencatat dan menyimpan data yg menjabarkan setiap business event yg terjadi

v  TPSs : automated, berulang, konsisten, high-volume tasks

v  TPSs menyediakan fondasi untuk sistem informasi lainnya

v  TPS memberikan impresi/kesan kepada konsumen mengenai kualitas dari sebuah bisnis

v  Karakteristik dari TPSs

v  Data yg diproses dalam volume yg besar

v  Sumber data sebagian eksternal, dan output sebagian besar untuk pengguna internal

v  TPS beroperasi secara regular (on demand, daily, weekly, etc.)

v  Membutuhkan kapasitas penyimpanan (database) besar

v  Memerlukan pemrosesan berkecepatan tinggi (due to the high volume)

v  Data Input dan output dikenali dan mudah dipahami (highly structured)

v  Melibatkan level detil yg tinggi tetapi low computation complexity

v  Membutuhkan level accuracy, data integrity, dan security yang tinggi

v  Membutuhkan kehandalan pengolahan yg tinggi;  organizations cannot function for long without TPSs

v  Mendukung  Inquiry processing

v  Secara tradisional, TPS di implementasikan pada sistem main frame  menggunakan batch processing

v  Online Transaction Processing (OLTP)

v  Dapat dibanggun menggunakan client/server architecture, hemat

v  Internet (Intranet) Transaction Processing

v  mengijinkan multimedia data transfer

v  fast response time

v  storage of large databases of graphics and videos

v  real time

v  low cost

Accounting and Finance Systems

v  Financial Planning and Budgeting

  • Prediksi financial dan economic
  • Penganggaran biaya (Budgeting)

v  Investment Management

  • Akses ke laporan ekonomi dan finansial
  • Analisa finansial

v  Financial Controls

  • Kontrol anggaran
  • Auditing
  • Analisa kesehatan finansial
  • Analisa Profitability dan kontrol biaya (cost)

Marketing & Sales Systems

Customer Service

  • Analisa  profil dan preferensi konsumen
  • mass customization – high volume production of specialized product
  • targeted advertising
  • customer inquiry systems dan automated Help Desk

Telemarketing

  • advertisement and reaching customers
  • order processing
  • customer service
  • sales support
  • account management

Distribution Channels

  • Manajemen pengiriman
  • Improve retail stores

Marketing Management

  • Men set dan me monitor harga dari produk dan layanan
  • Memonitor dan mengevaluasi produktivitas dari salesperson
  • Evaluasi keuntungan dari products / customers
  • Menilai trend penjualan
  • Analyze new products, services, and markets

Ethical and Social Issues in IT-supported Sales Activities

  • Pengumpulan dan penggunaan informasi
  • concern kepada masalah privasi

Tren saat ini– Customer Relationship Management (CRM)

  • concern kepada pengembangan relasi one-to-one kepada konsumen

Production & Operations Management Systems

v  Planning Production/Operations

  • Material Requirements Planning; MRP II
  • Just-In-Time
  • Project Management  (PERT &  CPM)
  • Short-term scheduling

v  Automatic Design Work and Manufacturing

  • Computer Aided Design (CAD)
  • Computer Aided Manufacturing (CAM)
  • Computer Integrated Manufacturing (CIM)

Human Resources Management Systems

Recruitment

  • Melacak semua lowongan yg terbuka
  • Mengiklankan lowongan melalui internet
  • Seleksi karyawan

Human Resources Maintenance and Development

  • Pelatihan karyawan
  • Penilaian performa
  • Analisa Turnover (omset), keterlambatan, absensi

v  Human Resources Management and Planning

  • Mengelola  personnel files dan skills inventory
  • Mengelola tunjangan
  • Menyesuaikan dengan government reporting
  • Personnel planning
  • Succession planning
  • Labor negotiations

Integrated Information Systems

v  Alasan integrasi

  • Kekurangan dari SI berbasis fungsional:
    • Tidak bisa memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh karyawan
    • Tidak mengijinkan departemen yg berbeda berkomunikasi dengan efektif
    • Data penjualan, inventory, dan produksi sering di inputkan secara manual ke sistem komputer yg terpisah

v  Bagaimana mengintegrasikan SI

  • Menghubungkan sistem yg ada
    • Memaksimalkan penggunaan sistem yg ada dan mengijinkan adanya penambahan aplikasi baru
  • Menggunakan aplikasi supply chain management
    • Mengatasi isolasi dari struktur departemen tradisional dengan mengintegrasikan pengelolaan pada beberapa area fungsional
  • Menggunakan aplikasi Enterprise Resource Planning
    • Mengelola semua proses bisnis utama menggunakan  arsitektur aplikasi tunggal  secara real time
    • Meningkatkan efisiensi untuk meningkatkan kualitas, produktifitas dan profitibilitas

v  Sistem elektronik melibatkan aliran informasi antara dua atau lebih perusahaan yang berada pada on-going relationship

v  tujuan – pengelolaan transaksi yg efisien

v  Banyak bisnis besar yg membutuhkan adanya hubungan dengan supplier melalui applikasi IOS

v  IOSs dapat di implementasikan dengan

  • Private, third-party networks (value-added networks)
  • Publicly accessible networks (Internet)

v   Types of Interorganizational Systems

  • Global systems
  • Electronic data interchange (EDI)
  • Electronic funds transfer (EFT)
  • Extranets
  • Shared databases
  • Integrated messaging

Issues in IOS / Global IS Design

v  Perbedaan  budaya

v  Perbedaan Economic dan political

v  Fokus pada  Cross-border data transfer

 

 

WEEK 8

Nama : Sartika Br Purba

NIM : 090705950

Resume PTI Minggu Kedelapan :  “INTERNET, INTRANETS DAN EXTRANETS”

Infrastuktur internet :

v  Perusahaan komunikasi komersial adalah penyedia utama physical network backbone internet

v  Pemerintah US berkontribusi dana untuk beberapa proses administrasi primer

v  Infrastruktur Internet  di sediakan oleh penyedia layanan jaringan

v  Koneksi antara dan aliran informasi antara backbone providers  bersifat terbuka dan gratis

Internet masa depan :

v  Internet2

  • Kolaborasi  lebih dari 180 universitas di US untuk mengembangkan jaringan dan aplikasi terdepan dan tercanggih untuk riset dan pembelajaran
  • Grup dari jaringan dengan bandwidt sangat tinggi pada Internet.
  • Kerja sama antara universitas, industi, dan pemerintahan.
  • A new, faster telecommunications network with limited access devoted exclusively to research purposes

v  Next Generation Internet (NGI)

  • Federal government led initiative to advance Internet technology and applications.
  • A multiagency, U.S. federal government research  and development program that is developing revolutionary applications that require advanced networking.

The Operation of the Internet :

v  Aliran paket informasi antara komputer diatur oleh sebuah aturan umum (protocols):

  • Internet protocol (IP)
  • Transport control protocol (TCP)

v  Internet adalah  packet-switching network

  • Pesan di dekomposisi menjadi paket, mengandung bagian dari pesan, plus informasi mengenai pengiriman dan penerimaan pada komputer, serta bagaimana paket terelasi dengan paket lainnya
  • Packet berjalan secara independen dan bisa  melalui rute yg berbeda
  • Packet di susun kembali menjadi pesan yang diterima oleh komputer
  • Setiap komputer pada internet di identifikasikan dengan IP address
  • Sebagian besar komputer juga memiliki nama domain
  • Network Solutions, Inc. Memiliki monopoli atas pendaftaran nama domain sampai tahun 1999.
  • Saat ini, 82 perusahaan dapat mendaftarkan nama domain
  • Cybersquatting – Membeli  nama domain untuk dijual kembali.
  • New top-level domain zones: pada November 2000,  terdapat penambahan pada global top-level domains di internet sejak tahun 1980s.

v  Mengakses Internet

  • Connect via LAN Server
  • Connect via Serial Line Internet Protocol/Point Protocol (SLIP/PPP)
  • Connect via an Online Service (AOL, MSN)

Layanan internet- Communications :

v  E-mail – electronic messaging

v  USENET newsgroups – forum yg mengumpulkan grup pesan dari pengguna berdasarkan teman umum

v  LISTSERV – distributes email messages to all subscribers

v  Chatting – live, interactive, written conversations based on topic groups

v  Instant messaging – instant text messaging between Internet users

v  Telnet – user on one computer doing work on another computer

v  Internet telephony – conducting voice conversations over the Internet

v  Internet fax – real time document transmittal

v  Streaming audio and video

Layanan internet– Information Retrieval :

v  File Transfer Protocol (FTP) – electronic transfer of files from one computer to another

v  Archie – tools to enable searching for files at FTP sites

v  Gophers – menu-driven information search tool

v  Veronica – text search through Gopher sites

v  Wide Area Information Servers (WAIS) – database search tool

Layanan Internet– Web Services :

v  Pengiriman komponen perangkat lunak melalui website dari pada melalui cara tradisional (disks, CDs)

v  .NET – Microsoft’s new platform for XML Web services.  Integrates web sites and programs to deliver applications.

Layanan internet– World Wide Web :

v  Aplikasi yg menggunakan fungsi  Internet transport

v  Sistem dengan standart universal  untuk menyimpang, menerima, menformat, dan menampilkan informasi via  client/server architecture

v  Based on HTML – standard hypertext language yg digunakan di Web

v  menangani text, hypermedia, graphics, dan sound

Internet Challenges :

v  Teknologi baru

  • Adopted by vendors more rapidly than users and customers can implement them
  • Web developers cannot assume that users can run their innovations successfully

v  Regulasi Internet

  • Organisasi teknis(e.g., World Wide Web Consortium) mengembangkan standart untuk mengatur fungsionalitas internet
  • Organisasi tersebut  tidak dikenai tanggung jawab baik secara hukum atau operasional terkait penggunaan internet
  • Bagaimana mengontrol konten yg kontroversial di Web?

v  Internet Expansion

  • Pertumbuhan lalu lintas internet yg luar biasa telah mempengaruhin beberapa elemen dari jaringan

v  Slower retrieval times

v  Unreliable data transmission

v  Penolakan layanan karena overloaded servers

  • Pendekatan untuk mengatasi permasalahan tsb

v  Improved hardware technology

v  Improved Web management software

v  Internet Privacy – Web sites  mengumpulkan informasih dengan atau tanpa sepengetahuan pengguna

  • Cookie – file data yang ditempatkan di hard drive pengguna saat mengunjungi site pertama kali. Mengumpulkan data  pada halaman yg dikunjungi atau konten yg dilihat.
  • Tiga pendekatan potensial mengenai isu privasi

v  Pemerintah mengijinkan grup mengembangkan standart privasi; does not take any action now unless real problems arise

v  Pemerintah merekomendasikan standart privasi untuk internet; does not pass laws at this time

v  Pemerintah meloloskan hukum yg mengatur bagaimana informasi  personal bisa dikumpulkan dan digunakan di internet

  • Keamanan transaksi finansial juga menjadi perhatian

Internet :

v  Jaringan private yg menggunakan aplikasi Internet dan protokol TCP/IP

  • Menyediakan akses yg mudah terhadap informasi perusahaan bagi karyawan
  • Digunakan untuk men-deploy aplikasi perusahaan
    • Examples – policies and procedures manuals; human resource forms; product catalogs
  • Keamanan menjadi perhatian utama
    • Security measures include – public key security, encryption, digital certificates, firewalls

 

 

 

 

 

 

 

 

 

WEEK 7

Nama : Sartika Br Purba

NIM : 090705950

Resume PTI Minggu KETUJUH :  “Jaringan dan Telekomunikasi

Hardware dan software yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya, komponennya : Hardware, media, jaringan, software, data komunikasi, protocol, aplikasi

Sinyal Komunikasi terbagi dua :

  • Sinyal Analog

Gelombang bersifat continues

Informasi disampaikan melalui perubahan karakter dari gelombang (amplitude and frequency)

  • Sinyal Digital

Discrete pulses/denyut

Informasi di sampaikan dalam bentuk biner (on or off pulses)

Mudah dipahami oleh komputer

Hardware devices yang digunakan dalam transmisi dan penerimaan data adalah :

  • Modem : Perangkat yg mengubah sinyal analog ke digital (dan sebaliknya); memungkinkan transmisi sinyal melalui sistem telpon
  • Multiplex : Peralatan yang mentransmisikan beberapa sinyal melalui media tunggal , contoh: movie stream
  • Front-end Processor : Komputer khusus yang ditujukan untuk mengelola tugas komunikasi

Wire-based Communication Channels

  • Twisted-pair wire (telephone wire)

Murah dan mudah dipergunakan

Lambat, mudah terkena gangguan, keamanan rendah

  • Coaxial cable

Membawa lebih banyak data, terlindung dari gangguan/ interference

Lebih mahal; keamanan rendah; Hard to work with

  • Fiber-optic cable

Mengirimkan informasi dalam bentuk gelombang cahaya melalui glass fiber

cepat; kapasitas besar; aman; not subject to interference; Hard to work with

  • Microwave

Kapasitas besar; relatif murah dari pada wire

Membutuhkan line of sight transmission towers; sering terganggu lingkungan sekitar

  • Satellite

Kapasistas sangat besar; Jangkuan area lebih luas

Mahal; propagation delay; membutuhkan enkripsi untuk keamanan data

  • Radio

Sesuai untuk short distance communication; murah; easy to install; high speed

Interference problems; kurang aman

  • Cellular radio technology
  • Infrared

Memahami media komunikasi :

  • Transmission speed

Bandwidth – rentang frekuensi yang tersedia  dalam saluran

More bandwidth, more channel capacity

  • Transmission mode

Character by character (asynchronous)

Streams of characters (synchronous)

  • Transmission accuracy

Accuracy controls di tambahkan pada messages

Error detection dan correction diperlukan

Tujuan dari Local Area Networks :

  • Menghubungkan komputer dan perangkat lain yang memungkinkan resource sharing
  • Berbagai topologi dapat digunakan, masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan
  • Beberapa LANs bisa dihubungkan melalui bridges
  • LANs bisa dihubungkan ke external networks melalui gateways
  • Required technology:
    • Cables atau wireless technology
    • Network interface adaptor cards
    • Network management software
  • Pemilihan topologi ditentukan berdasarkan pemilihan software, interface cards, dan wiring strategy.

 

 

WEEK 6

Nama : Sartika Br Purba

NIM : 090705950

Resume PTI Minggu KEENAM : “Mengelola Data dan Informasi Organisasi”

Dasar dari penyusunan dan akses data

Hirarki Data : Basis data mengandung file, file mengandung  records, record mengandung fields, field mengandung characters

8 bits => 1 byte => 1 character

Field – Pengelompokan logis dari karakter menjadi sebuah kata, kalimat, atau angka , Unit terkecil daridata yg di akses pengguna :

Field size : jumlah maksimal dari karakter yang bisa ditampung sebuah field

Field name Unik, sebagai identifikasi dari setiap field

Data type Jenis spesifik dari data yg ditampung

Record  – Pengelompokan logis dari field yang terkait

Media sekuensial (tape) menyimpan records secara sekuensial berdasarkan key values

Direct (or random) media (disks) menggunakan teknik lain

File – Pengelompokan logis dari records yang terkait

Database – Pengelompokan logis dari files yang terkait

Banyak program dan pengguna bisa berbagai data di database

Data aman karena hanya authorized users yang bisa mengakses data tertentu

Menempatkan data pada database, ada dua pilihan :

  1. Centralized database
    1. Semua file berada pada satu lokasi fisik yg sama
    2. Menyediakan database administrators  dengan kemampuan mengelola keseluruhan database pada satu lokasi
    3. Konsistensi data ditingkatkan dan lebih aman
    4. File hanya bisa di akses melalui centralized host computer
    5. Proses Recovery lebih mudah
    6. Rentan terhadap single point of failure
    7. Speed problem terkait transmission delays
  2. Distributed

Salinan lengkap dari basis data atau sebagian dari basis data, berada pada lebih dari satu lokasi, dekat dengan pengguna

 

Pengembangan Database :

Pertama, Kembangkan Conceptual design – model abstrak basis data dari prespektif pengguna atau bisnis

Kedua, organisasikan dengan Entity-Relationship (ER) modeling

n  Proses perencanaan desain basis data

n  Entity classes ð  Instance ð  Identifiers ð  Relationships

Ketiga, analisa struktur dari data dengan menerapkan proses Normalisasi  Metode untuk relational database menjadi lebih efisien

Helps achieve

+ minimum redundancy

+ maximum data integrity

+ best processing performance

Keempat, implementasikan struktur data fisik dari basis data pada  database management system software

+ Create tables

+ Define fields and field properties

+ Establish primary keys

+ Define table relationships

+ Add actual data (records) to tables

 

 

 

 

 

 

WEEK 5

Nama : Sartika Br Purba

NIM : 090705950

Resume PTI Minggu KELIMA : “PERANGKAT LUNAK KOMPUTER”

APK di kembangkan dengan cepat karena :

  • Bersaing dengan dinamika bisnis
  • Mengimbangi dengan pesat dari perangkat keras.

Perangkat Lunak Komputer dibagi dua :

1. System software : intruksi yang mengelola berbagai computer-komputer hardware

Sistem perangkat lunak juga dapat :

  • Mengontrol dan mendukung kegiatan sistem computer
  • Mendukung aplikasi perangkat lunak dengan mengarahkan fungsi dasar computer
  • Memfasilitasi pengembangan program, pengujian, dan debugging
  • Adalah independen dari setiap jenis tertentu aplikasi

System software ini dibagi dua :

1) Sistem Pengendalian Program

Kontrol penggunaan semua sumber daya sistem (hardware, software, data); sistem operasi

2) Support System Program

Khusus mudukung kemampuan system

Contohnya :

  • kinerja monitor

memantau proses pekerjaan

menghasilkan laporan statistik pada penggunaan sumber daya sistem

  • Keamanan monitor

memantau penggunaan sistem komputer untuk melindungi dan sumber daya dari penggunaan yang tidak sah, penipuan, atau perusakan

2. Aplikasi Software : Intruksi yang melakukan tugas spesifik dari pengguna.

Jenis Software Aplikasi :

  1. Proprietary aplikasi perangkat lunak

Alamat kebutuhan bisnis yang spesifik atau unik bagi perusahaan

2. Off-rak-aplikasi perangkat lunak

Penjual program yang dikembangkan dijual ke banyak organisasi

Mungkin paket standar atau mungkin disesuaikan

Bahasa Pemograman

  • Berbagai bahasa pemrograman memungkinkan orang untuk memberitahu komputer apa yang harus dilakukan
  • Yayasan untuk mengembangkan aplikasi

Program Dipahami oleh Komputer dengan cara :

  1. Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman (source code)
  2. Program akan menterjemahkan code tersebut
  3. Program yang ditulis dalam bahasa mesin (kode objek), dan kemudian diproses dengan CPU

 

 

 

WEEK 4

Nama : Sartika Br Purba

NIM : 090705950

Resume PTI Minggu KEEMPAT : “PERANGKAT KERAS KOMPUTER”

Komponen perangkat keras dari sistem informasi:

  • CPU (central processing unit) / unit system : menjalankan intruksi yang memberitahukan computer bertindak, proses menjalankan intruksi
  • Memori (penyimpanan primer dan sekunder) : tempat penyimpanan sementara untuk data dan intruksi
  • input device
  • output device

Control Unit

  • Akses instruksi program
  • Decode (menafsirkan) petunjuk
  • Kontrol aliran data di seluruh system
  • Arus data melalui jalur yang disebut bus

Arithmetic-Logic Unit

  • Melakukan perhitungan data
  • Lakukan perbandingan data

register

  • Penyimpanan kecepatan tinggi daerah
  • Menyimpan data dan instruksi

Juga dikenal sebagai memori utama

  • Komponen elektronik yang menyimpan instruksi, data, dan hasil
  • Terdiri dari satu atau? Chips lebih? Motherboard atau? Papan sirkuit lainnya
  • Setiap byte disimpan di lokasi yang unik? Disebut address.
  • Primer dan sekunder memori
  • Media penyimpanan bahan fisik yang digunakan untuk penyimpanan (juga disebut penyimpanan sekunder

Primary Storage adalah tempat penyimpanan sementara yang memegang tiga hal Informasi Anda bekerja dengan perangkat lunak aplikasi yang Anda gunakan perangkat lunak sistem operasi. Meningkatkan kapasitas memori meningkatkan kinerja system dengan Tinggi kapasitas penyimpanan

Jenis Penyimpanan Primer

  • Daftar – bagian dari CPU, sangat cepat, kapasitas yang sangat terbatas
  • Random Access Memory (RAM) – memory chip pada motherboard, penyimpanan umum dari instruksi program dan data; volatile
  • Cache Memory – lebih cepat dari RAM, digunakan untuk menyediakan penyimpanan intermediate antara penyimpanan sekunder dan RAM
  • Read-only Memory (ROM) – chip menyimpan petunjuk permanen dibutuhkan oleh komputer, non-volatile.

Secondary memory

Nonvolatile memori yang dapat dihapus secara elektronik dan memprogram. Besar kapasitas penyimpanan, Lebih murah daripada Penyimpanan Primer, Lebih lambat dari Penyimpanan Primer, Magnetik dan optik media penyimpanan

Machine Instruction Cycle

  • Instruksi diambil dari penyimpanan utama oleh Control Unit
  • Control Unit decode instruksi
  • ALU menerima data dan instruksi dan melakukan perhitungan atau perbandingan
  • Hasilnya disimpan dalam penyimpanan utama.

 

 

WEEK 03

Nama : Sartika Br Purba

NIM : 090705950

Resume PTI Minggu KETIGA : “TEKNOLOGI INFORMASI DI LINGKUNGAN BISNIS”

  • Informasi Infrastruktur :

Fasilitas seperti layanan, jasa dan pengelolaan yang mendukung semua sumber data komputasi dalam organisasi, perencanaa  High Level :

  • Kebutuhan informasi yang terupdate pada sebuah perusahaan
  • Bagaimana kebutuhan dapat dipergunakan dengan baik

 

  • Informasi Arsitektur :

Menggabungkan kebutuhan informasi, infrastuktur informasi yang direncanakan dan aplikasi perangkat lunak, membantu memastikan apakah IT sesuai dengan kebutuhan strategi bisnis dalam perusahaan. Contoh : arsitektur IT E-business pada perusahaan

 

ü  Sistem Informasi : Sebuah system yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menganalisis data kemudian menyampaikan informasi nya dengan tujuan tertentu. (Turban & Rainer, 2003)

ü  Management Information Systems : Mendukung keputusan yang diambil secara rutin, mengakses, menata, merangkum dan menampilkan informasi. Menekankan pada laporan rutin dari permasalahan yang sudah diantisipasi. Dan menjawab permintaan serta perkiraan trend.

ü  Intelligent Suport System : termasuk didalamnya pakar yang menyediakan pengetahuan cerdas, yang tersimpan disistem bagi pengguna

ü  End user computing : Penggunaan atau pengembangan dari system informasi untuk pengguna utama dari output sebuah system seperti analisis manager atau professional lainnya.

ü  Mobile computing : Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan konsumen atau rekan bisnis diluar area fisik perusahaan. Menggunakan teknologi jaringan wireless,

ü  Office Automation System : Semacam system yang pengelola kota yang dikembangkan untuk mendukung kerja kantor atau administrasi.

ü  Sistem pendukung keputusan : Mendukung pengambilan keputusan yang bersifat kompleks

ü  Knowledge Management Systems : mendukung proses menciptakan, mengumpulkan, mengorganisasikan, mengintegrasikan dan menyebarkan pengetahuan perusahaan

ü  Gudang data(data warehousing) : basis data yang dirancang untuk mendukung DSS, ESS dan semua aktifitas yang membutuhkan analisis data.