Sari Aritonang

Data Knowledge & Decision Support

Posted: December 5th 2012

Pada pertemuan mengenai “Data Knowledge & Decision Support” menjelaskan mengenai:

1. Hal yang dilakukan seorang manajer yaitu membuat keputusan dalam proses pencapaian tujuan. Dalam  

     membuat keputusan itu sendiri dibedakan menjadi 3 macam, antara lain:

a) Peran Interpersonal, misalnya : tokoh, pemimpin, penghubung,

b) Peran Informational, misalnya: monitor, penyebar, juru bicara,

c) Peran Putusan, misalnya: pengusaha, handler gangguan, pengalokasi sumber daya, negosiator.

2. Alasan seorang manager membutuhkan IT yaitu:

a) Komputerisasi membantu mengelola kompleksitas,

b) Meneliti berbagai alternatif sangat cepat,

c) Memberikan analisis secara sistematik.

3. Sumber daata sendiri bisa dari data internal, data pribadi atau data eksternal.

4. Metode pengumpulan data bisa dilakukan secara manual, dengan instrumen dan sensor atau scanning    

     (transferelektronik).

5.Data yang berkualitas memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

a) Akurat -> data akurat,

b) Aman -> bebas dari manipulasi,

c) Relefan -> sesuai dengan apa yang sedang dikerjakan,

d) Timely -> data terkini atau data yang sesuai pada saat itu,

e) Komplit -> isi data lengkap atau tidak ada yang dikurangi,

f) Konsisten -> sesudah dan sebelum diakses isinya sama (tidak berubah).

6. Pengertian dari data mart yaitu data storage yang sifatnya umum. Biasanya data mart digunakan di Alfamart,

      Indomart, dll.

7. Pengertian bussiness intellegence yaitu suatu sistem cerdas yang tidak hanya dari 1 proses, tetapi banyak proses.

Contoh: DSS.

DSS mempunyai fungsi untuk menyediakan dukungan terkomputerisasi dalam proses pengambilan keputusan dan juga  untuk mewakili, memahami, dan menyederhanakan situasi keputusan.

8.Ada beberapa model dalam informasi, yaitu:

a) Analog -> artinya berperilaku seperti sistem nyata.

b) Quantitative Model -> artinya model kompleks dengan berhubungan dan melakukan eksperimentasi.

c) Mental Model -> artinya bagaimana seseorang berpikir tentang situasi.

d) Iconic ->artinya fisik replika dari suatu sistem.

9. Komponen dan strukur DSS, antara lain:

a) Manajemen Data -> berisi data yang relevan untuk situasi keputusan.

b) User Interface -> memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dan memerintahkan DSS.

c) Model Manajemen -> perangkat lunak dengan keuangan, statistik, ilmu manajemen, atau model kuantitatif lainnya.

d) Manajemen Pengetahuan -> memberikan pengetahuan untuk solusi dari masalah, mendukung salah satu subsistem lain atau

bertindak sebagai komponen independen.

Langkah-langkahnya:

– Mendefinisikan

– Mengklasifikasi

– Memakai model matematisnya

– Mencari solusi yang dapat memecahkan masalah

– Memilih salah satu solusi

10. Sistem Informasi Eksekutif (EIS)

Hal-hal yang perlu berhubungan dengan  EIS antara lain:

a) Waktu terbatas

b) Perlu untuk memantau dan mengidentifikasi tren bermasalah

c) Perlu eksternal maupun internal informasi

d) Akses yang cepat ke data yang diperlukan

e) Sangat mudah user interface

f) Grafis

g) Sering berhubungan dengan layanan informasi online (misalnya, Dow Jones Berita Retrieval)

h) Menggabungkan email

Kemampuan EIS, antara lain:

a) Menelusuri

b) Faktor penentu keberhasilan dan indikator kinerja utama

c) Bisa menganalisa trend

d) Bisa menganalisa pada subsistem

11. Decision Support Systems Group

Decision Support Systems Group memiliki beberapa fungsi, yaitu:

a) Memfasilitasi solusi keputusan semistructured dan tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan

b) Membantu kelompok menjadi produktif dengan mengurangi beberapa perilaku kelompok negatif

c) Mendukung proses kelompok dengan mendorong generasi ide, meningkatkan komunikasi, dan menerapkan alat-alat analisis

yang diperlukan untuk masalah

12 OLAP (Online Analytical Processing)

OLAP adalah suatu kegiatan pengguna akhir yang melibatkan set data yang besar dengan hubungan yang kompleks.

Kelebihan penggunaan OLAP:

a) Terintegrasi

b) Dapat diakses dimana saja

c) Kalkulasi yang kompleks


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php