Sari Aritonang

Electronic Commerce

Posted: November 12th 2012
  • Sejarah E-Commerce
            E-Commerce muncul pada awal 1970-an. E-commerce awalnya terbatas untuk perusahaan besar dan internet belum terbuka untuk komersil.
  • E-commerce antara lain terdapat dalam pengiklanan, rumah perbankan, membeli saham, mencari pekerjaan, dll.
  • Pengertian E-Commerce

E-Commerce adalah proses jual beli, pertukaran informasi, pertukaran layanan, dll melalui media internet.

  • Ada beberapa macam E- Commerce, antara lain:

1). Tradisional E-Commerce:

Artinya melakukan semua dimensi secara fisik.

Cirinya: Organisasi ekonomi lama, melakukan semua bisnis secara off-line, menjual produk fisik dengan

cara agen fisik.

2). Pure E-Commerce

Artinya melakukan semua dimensi secara digital.

Cirinya: Murni secara online (maya) organisasi, organisasi ekonomi baru, menjual produk atau jasa hanya secara online.

3). Partial EC

Artinya melakukan campuran dimensi secara digital dan fisik.

Cirinya: Klik-dan-mortir organisasi, melakukan kegiatan EC, bisnis utama mereka di dunia fisik.

  • Ada beberapa tipe E-Commerce, antara lain:

1. Business-to-business EC (B2B)

2. Collaborative commerce (c-commerce)

            3. Business-to-consumer EC (B2C)
            4. Consumer-to-businesses (C2B)
            5. Consumer-to-consumer (C2C)
            6. Intrabusiness (intraorganizational) commerce
            7. Government-to-citizens (G2C) and others
            8. Mobile commerce (m-commerce)
  • EC aplikasi didukung oleh infrastruktur dan 5 daerah dukungan, yaitu manusia, kebijakan publik, standar teknis dan protokol, mitra bisnis, dukungan layanan.
  • Mekanisme Pembayaran Elektronik
    Contoh:

    1. Elektronik pemeriksaan
    a). Nasabah membuka rekening dengan bank,
    b). Pelanggan e-mail yang dienkripsi cek elektronik ditandatangani dengan tanda tangan digital,
    c). Pedagang deposito cek di account nya, uang didebet di rekening pembeli dan dikreditkan ke rekening penjual.

    2. Elektronik Kartu kredit
    a). Terenkripsi pembayaran – pembeli e-mail atau dia nomor kartu kredit itu kepada penjual di Internet,
    b). Pembayaran Encrypted – rincian kartu kredit dienkripsi untuk keamanan.

    3. Elektronik kas di PC
    a). Bank menyediakan software khusus untuk konsumen,
    b). Pelanggan membeli “uang elektronik” dari bank melalui perangkat lunak,
    c). Bank mengirimkan catatan uang elektronik untuk pelanggan ini, mendukung dengan tanda tangan digital.

    d). Uang yang disimpan pada PC pembeli dan dapat dihabiskan di setiap toko elektronik yang menerima e-cash.

    e). Perangkat lunak ini juga digunakan untuk mentransfer e-kas dari komputer ke komputer pembeli penjual.

    f). Penjual baik deposito e-cash di bank atau menggunakan e-cash untuk melakukan pembelian di tempat lain.

    4. Elektronik kartu pembayaran dengan e-cash,
    a). Kartu Kredit dengan menggunakan strip magnetik,
    b). Kartu menyimpan informasi tentang uang tunai prabayar yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran.

    5. Smart Card,
    a). Kartu dengan mikroprosesor dapat menyimpan informasi lebih banyak
    6. Orang-ke-orang sistem pembayaran,
    7. Transfer dana antar individu (PayPal).

    8. Transfer Dana Elektronik (EFT)

    Elektronik transfer uang ke dan dari lembaga keuangan menggunakan telkom jaringan.
    9. Elektronik dompet
    10. Pembelian kartu

     


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php