Santi Lovena

3 Startup Yang Cocok Dengan Masyarakat Indonesia

3 Startup yang Lebih Memahami Pasar Indonesia

Sejak beberapa tahun terakhir, semakin banyak startup yang dirintis generasi Z. Mulai dari pakar senior hingga mahasiswa fresh graduate dan pelajar berlomba – lomba membuka peluang bisnis dari teknologi yang ditekuni.

Membangun startup digital bukan perkara mudah. Selain memahami konsep organisasi, dan mendatangkan laba, founder juga harus mengerti apa selera pasar di tanah air.

Selera masyarakat dipengaruhi berbagai hal. Seperti tingkat pendidikan, penghasilan, budaya dan sebagainya. Dari berbagai startup yang ada, muncul 3 startup digital yang dinilai mencoba untuk lebih memahami pasar Indonesia yang unik. Apa saja? Berikut ulasannya..

1. Startup KitaBisa.com, platform urun dana yang humanis

Seolah tahu bahwa masyarakat Indonesia itu sangat sensitif, berjiwa sosial tinggi dan humanis, M. Alfatih Timur atau yang biasa dipanggil dengan nama Timmy membuat platform KitaBisa.com. Startup yang bergerak di sektor crowd funding ini memungkinkan para pengguna untuk mengumpulkan dana sosial bertujuan membantu sesama atau yayasan sosial.

Hanya dalam hitungan bulan, sudah diramaikan oleh ribuan pengguna dan ratusan ribu donatur. Market place untuk zakat online ini rupanya sangat memahami kebiasaan masyarakat tanah air yang berjiwa sosial tinggi.

2. Startup Kudo, platform e-commerce online to offline

Seolah berusaha memahami apa selera dan kebiasaan konsumen masyarakat di Indonesia, Kudo mencoba untuk memadukan transaksi online dan offline dalam satu platform.

Jadi, cara kerja Kudo menyasar kalangan menengah ke bawah di Indonesia untuk berjualan online di aplikasi mobile. Tetapi, sistem pembayarannya bisa tunai. Dengan cara membayar tunai kepada agen yang bermitra dengan Kudo di kota masing – masing.

3. Startup Sale Stock, platform e-commerce yang simpel untuk mata

Menolak mainstream yang ada, startup SaleStock justru tampil dengan website yang simpel, bersih dan nyaman di mata. Tidak terlalu banyak iklan, thumbnail produk – produk, rekomendasi produk sejenis, dan berbagai “hiasan” layar lainnya.

Namun, justru di sinilah keunikan dan letak keunggulan SaleStock, para pengguna yang kebanyakan kaum hawa atau ibu – ibu malah jadi lebih betah untuk berbelanja. Selain itu, Sale Stock juga menyediakan fitur chat box yang sangat ramah dan responsif dalam menanggapi setiap pertanyaan para konsumen secara detail. Membuat pengguna kehilangan rasa ragu, dan segera memastikan diri untuk membayar produk yang ingin dibeli.

Blog Terbaru

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php