Sandra Dewi Buntoro

Growth Strategy

Posted: May 24th 2018

Syalom semua,

 Yang pertama saya akan membahas mengenai Growth Strategy,
dimana growth strategy sendiri adalah stragtegi yang melibatkan perluasan dari 
organisasi yang ada saat ini dan tujuan dari growth strategy sendiri adalah
meningkatkan total pendapatan, produk atau jalur layanan, dan lokasi operasi.

Yang kedua saya akan membahas mengenai Growth Through Concentration, dimana growth
through concentration sendiri adalah perkembangan di area bisnis yang sama. Contohnya
adalah Mc Donald's strateginya bertumbuh di Asia, Timur Tengah, Afrika, Eropa dan
Amerika.

Yang ketiga saya akan membahas mengenai Growth Through Diversification, dimana growth
through diversification sendiri ada 2 yaitu :
- Strategy of Related Diversification :
Akuisisi investasi di bidang bisnis yang baru dan berbeda. Contohnya Starbuck membeli
Tazo Tea dan Evolution Fresh, hal ini membantu starbuck untuk memperluas produksinya.
- Strategy of Unrelated Diversification :
Memasuki area bisnis yang berbeda. Contohnya adalah India's Tata Group mempunyai 98
perusahaan yang berbeda seperti besi, informasi, dan komunikasi, hotel, energi, dan
produk konsumen.

Yang keempat saya akan membahas mengenai Growth Through Vertical Integration, dimana
growth through vertical integration sendiri ada 2 yaitu:
- Backward Vertical Integration :
Bisnis bergerak lebih jauh dari pelanggan untuk mendapatkan pemasokannya. Contohnya
PT. Kimia Farma membangun jaringan optiknya sendiri yaitu apotik kimia farma.
- Forward Vertical Integration :
Strategi dijalankan dengan meraih kendali atas jalur distribusi. Contohnya kelompok
Kompas Gramedia memiliki banyak anak perusahaan media termasuk penerbitan.

Yang kelima saya akan membahas mengenai Liquidation, yaitu bisnis berhenti dan aset
dijual untuk membayar kreditor.

Yang keenam saya akan membahas mengenai  3 hal yaitu :
1. Downsizing : strategi mengurangi ukuran operasi. Contohnya adalah Meg Whitman
memutuskan unutk memberhentikan 14% pekerjanya.
2. Divestiture : menjual bagian dari organisasi untuk memfokuskan kembali perhatian
pada bidang bisnis inti. Contohnya eBay membeli Skype dengan ekspektasi tinggi lalu
menjualnya pada investor dengan kerugian.
3. Turnaround : mencoba memperbaiki masalah kinerja tertentu. Contohnya Pt. Pos
Indonesia melakukan turnaround menjadi network company.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php