Samuel Ady Sanjaya

PTI – Implementing IT : Ethics, Impacts, and Security

Posted: December 10th 2012

Minggu ini telah mempelajari jenis masalah yang berkaitan dengan sistem informasi, berbagai dampak yang dapat terjadi, dan berbagai ancaman  yang dapat merusak sistem informasi.

Etika merupakan  penentuan hal yang baik atau yang buruk. Sedangkan Kode etik adalah prinsip yang memandu anggota organisasi. Dalam suatu organisasi tentu tidak lepas dari masalah etika, yaitu :

  1. Privasi maksudnya yaitu apa yang dikumpulkan, disimpan, dan berbagi tentang orang lain
  2. Akurasi maksudnya yaitu apa yang dilakukan untuk menjamin data yang otentik dan akurat
  3. Properti yaitu sesuatu yang memiliki kekayaan intelektual dan bagaimana mereka diberi kompensasi untuk itu
  4. Aksesibilitas yaitu yang dapat memperoleh informasi.

Intellectual Property Issues berwujud properti yang dibuat oleh orang-orang atau organisasi, dilindungi oleh rahasia dagang, paten, dan hukum hak cipta.

Trade Secret yaitu mekanisme untuk melindugi ide-ide. Jadi misalkan  sebuah perusahaan memiliki ide, dengan menggunakan mekanisme Trade Secret, perusahaan tersebut memiliki kepemilikan yang utuh dalam ide tersebut.

Paten merupakan hak eksklusif untuk penemuan yang diberikan kepada penemu selama 20 tahun.

Hak Cipta merupakan pencipta kekayaan intelektual diberikan kepemilikan untuk hidup mereka ditambah 50 tahun.

Dalam penggunaan IT untuk membantu pekerjaan manusia, ada dampak yang muncul karena penggunaan IT tersebut. Dampak penggunaan IT:

  1. Dampak terhadap organisasi: dengan IT organisasi lebih efisien dan efektif karena dapat meringkas struktur-struktur yang ada dalam organisasi tersebut.
  2. Terhadap pekerjaan : IT dapat membantu pekerjaan lebih efisien, menghemat tenaga, menghemat uang.
  3. Terhadap individu : dengan IT manusia bisa memperoleh berbagai pengetahuan. Namun, nilai kemanusiaan bisa luntur dan lebih ingin sendiri, banyak kebutuhan, perusahaan semakin tergantung pada IT, dapat merusak secara fisik.
  4. Terhadap sosial, punya banyak teman, perbaikan kualitas hidup, membantu penyandang cacat. Selain itu IT juga dapat menyebabkan kejahatan melalui jejaraing sosial.

 

Di dalam teknologi informasi ada hal lain juga yang perlu di perhatikan yaitu mengenai keamanan. Keamanan ini bisa berupa ancaman-ancaman yang disengaja maupun tidak disengaja. Ancaman keamanan yang tidak dengan kesengajaan itu seperti :

  1. Kesalahan dari  Pengguna itu sendiri atau yang sering disebut dengan human error
  2. Masalah Lingkungan seperti bencana alam, kecelakaan, konsleting atau
  3. Kesalahan pada sistem Komputer itu sendiri, karena memang produknya masih banyak bug

Adapun ancaman keamanan yang merupakan kesengajaan yaitu seperti serangan yang sifatnya criminal dan untuk kepentingan pribadi. Bentuknya bisa berupa :

  1. bentuk – bentuk malware/ virus yang mengakibatkan kerusakan pada sistem.
  2. Denial of Service, yaitu serangan yang dilakukan oleh orang- orang yang tidak bertanggung jawab untuk melumpuhkan sebuah server dengan cara memberikan perintah kepada server secara  berulang-ulang.
  3. serangan layanan e-commerce situs web
  4. Penipuan pemrograman yang di sengaja

 

Untuk mencegah dari berbagai gangguan, perusahaan maupun individu di dalamnya harus membangun mekanisme perlindungan yaitu : mencegah kerusakan, mendeteksi ancaman, melakukan backup data untuk merecovery, dan melakukan perawatan terhadap sistem.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php