Samuel Ady Sanjaya

PTI – Computer Software

Posted: September 28th 2012

Software atau yang Bahasa Indonesianya Perangkat Lunak adalah serangkaian program yang berisi kumpulan instruksi-instruksi untuk melakukan suatu proses pengolahan data. Data yang diproses oleh software, nantinya akan menjadi ouput yang dapat berupa gambar, audio maupun video.

Programmer membuat suatu software untuk menjalankan hardware komputer. Software berfungsi sebagai translator dari bahasa yang dimengerti pengguna, ke bahasa yang dimengerti oleh komputer. Software di era modern ini semakin interaktif dan atraktif untuk pengguna, sehingga dapat memudahkan pengguna untuk melakukan suatu perintah. Tidak seperti dulu, dimana pengguna harus mengerti bahasa komputer yang rumit untuk melakukan suatu perintah.

Software secara umum dapat di bedakan menjadi 2, yaitu :

1. System Software 

adalah program yang mengatur dan mengendalikan fungsi dasar dari suatu komputer. Sistem kerjanya adalah untuk mengatur input, ouput, processor, penyimpanan dan lain-lain. Jadi system software ini bersifat wajib ada agar suatu hardware dapat digunakan. Contoh dari system software adalah Windows, Linux, iOs dan yang lain. System software terdiri dari dua bagian yaitu : System Control Programs dan System Support Programs.

2. Software Application

adalah software yang dirancang sebagai tambahan dari program dasar. Fungsinya adalah  mendukung user untuk melakukan kerja khusus seperti mengolah kata, gambar, video atau kerja yang lain.  Contoh Software Aplikasi ini diantaranya Ms Excell untuk mengolah angka, Ms Word untuk mengolah kata, Corel Draw dan Adobe Photoshop untuk mengolah gambar.

Ketika mengerjakan suatu pekerjaan, biasanya digunakan beberapa aplikasi baik dalam satu PC, beberapa PC atau bahkan dalam suatu jaringan, berikut penjelasannya :

  • Multitasking                         :  menjalankan dua atau lebih program secara bersamaan.
  • Multithreading      : menjalankan dua atau lebih program dari aplikasi yang sama secara bersamaan.
  • Timesharing                         : beberapa pengguna yang berbagi CPU dengan pengguna yang lain.

Ada juga istilah-istilah lain yang sering digunakan, antara lain :

  • Virtual memory            : memori yang tidak nyata, yang mensimulasikan memori yang lebih dari memori utama. Software untuk membuat memori virtual ini antara lain : Daemon Tools dan Alcohol 120%
  • File management & Security : memanajemen file untuk diubah bentuk aksesnya, seperti menggunakan fitur read only dan hidden object
  • User Interface               : perintah-perintah yang telah disederhanakan yang bertujuan untuk memudahkan pengguna untuk melakukan suatu perintah.

 

Adapun salah satu bentuk Operating System yang populer yaitu MDOS (Major Dekstop Operating System). Produknya antara lain: Windows 95, Windows NT, Windows 98, Windows 2000, Windows ME, dan Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan yang terbaru Windows 8.

Selain OS diatas ada juga produk OS lainnya, sperti : LINUX (Ubuntu), UNIX, Java Operating System (Java OS), IBM O/S 2, Macintosh OS.

Ada juga beberapa jenis-jenis software yang dapat dibedakan menjadi :

  • Freeware

Software yang tidak berlisensi, sehingga untuk memakainya bebas dan gratis. Namun biasanya software yang freeware mempunyai keterbatasan fitur dibanding dengan yang paid software.

  • Shareware

Software ini biasanya dikenal sebagai software demo, dimana pengguna dapat menjajal menggunakan sofware berbayar namun hanya dalam jangka waktu tertentu.

  • Paid Software

Software yang mewajibkan penggunanya membayar atau membeli untuk menikmati produk tersebut. Biasanya software yang berbayar adalah software yang penggunaanya kompleks, maka semakin kompleks suatu software, harganya semakin mahal.

Dalam perkembangannya dari tahun ke tahun, bahasa yang digunakan untuk memahami mesin semakin berkembang dan mendekati bahasa manusia, sehingga pengguna tidak harus memahami betul bahasa komputer untuk melakukan suatu perintah. Yang harus memahami adalah pembuat software atau programer saat membuat program. Berikut adalah perkembangan bahasa komputer :

  • Machine Language
  • Assembly Language
  • Procedural Language
  • Non-procedural Language
  • Intelegent Language

 

 


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

PTI - Computer Hardware

Go to post

PTI - Managing Data and Information

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php