Samuel Ady Sanjaya

PTI – Computer Hardware

Posted: September 22nd 2012

Hardware atau perangkat keras adalah bagian dari komputer yang memiliki fungsi untuk memproses instruksi dari data-data input yang kemudian akan menghasilkan output. Hardware mempunyai beberapa komponen utama, yaitu :

  • CPU(Central Processing Unit)
  • Memory
  • Input Device
  • Output Device.

CPU(Central Processing Unit) merupakan sebuah mikro processor yang melaksanakan instruksi yang diberikan oleh user dan memberitahu komputer bagaimana feedback yang harus diberikan. CPU sendiri masih mempunyai komponen di dalamnya, yaitu : processor; memory; adapter cards(terdiri dari sound card, modem card, video card, dan network card); ports; drive bays; dan power supply.

Memory adalah perangkat hardware yang mempunyai fungsi untuk menyimpan instruksi yang terdiri dari primary memory dan secondary memory. Primary memory merupakan tempat penyimpanan sementara yang di dalamnya terdapat tiga hal, yaitu : informasi yang sedang dikerjakan, perangkat lunak aplikasi yang sedang digunakan dan perangkat lunak sistem informasi. Primaty memory terdiri dari register, RAM, cache memory dan ROM. Secondary memory adalah tempat untuk menyimpan data-data yang telah dikerjakan dan kemudian dapat diakses kembali.

Input Device merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi.Ada 2 jenis input, yaitu : Data (audio, video, gambar, dll) dan Instruksi (program, pengguna tanggapan, dan perintah)

Output Device adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menghasilkan informasi dari data yang telah diinput kemudian di proses. Hasil keluaran data dapat berupa audio, video, atau cetakan gambar tulisan dan yang lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php