sabdaJAP

Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis

Posted: September 7th 2012

 

Dunia sekarang ini sedang berkembang. Diantaranya yang marak adalah dunia bisnis. Dalam pertemuan kedua tanggal 4 September kemarin, gambaran keseluruhan yang dipelajari adalah mempelajari bagaimana IT diperlukan atau bagaimana peran IT dalam dunia bisnis. Konsep-konsep dasar yang terdapat didalamnya adalah Infrastruktur Informasi dan Arsitektur Informasi .

Infrastruktur Informasi adalah elemen-elemen yang membuat suatu informasi diproses, contohnya adalah Hardware komputer, Network, dan Database. Cara kerjanya adalah memelihara, mengelola, mengatur, dan mengoperasikan sebuah sumber data. Sedangkan Arsitektur Informasi adalah menerapkan sistem yang efektif dan efisien untuk suatu organisasi bisnis, yang memerlukan perencanaan, pelaksanaan, pengaturan, dan evaluasi sesuai keinginan masing-masing organisasi. Guna dari sistem yang efektif dan efisien tidak lain untuk mendapatkan keunggulan dalam berkompetisi.

Sistem Informasi adalah sistem yang mengumpulkan, memproses, menganalisis data dan menyampaikan informasi untuk tujuan tertentu. Tipe-tipe sebuah Sistem Informasi adalah sebagai berikut:

1. Transaction Processing System (Sistem Transaksi Data). Adalah alat bantu yang mengumpulkan, menyimpan data, dan melakukan proses transaksi data. Contohnya adalah saat kita membeli dan membayar di kasir, akan ada transaksi jual-beli. Sistem akan meng-scan barang, mengetahui kode barang, dan harga barang tersebut. Contoh lain adalah yang digunakan agen perusahaan asuransi, yang membantu agen mengumpulkan data-data nasabah sebelum dikirim ke pusat.

2. Management Information Systems. Fungsinya adalah mengelola suatu/banyak data yang telah ditransaksikan, dan menghasilkan suatu laporan. Contohnya seperti pada transaksi jual-beli tadi, pada akhirnya akan menghasilkan laporan seperti barang apa yang telah terjual, berapa banyak yang terjual, dan sebagainya.

3. Office Automation System. Adalah sistem otomatis. Contohnya seperti sistem dalam meng-scan hasil ujian.

4. Intelligent Support System (ISSs): Fungsinya hampir sama dengan Management Information System, yang berbeda adalah ISSs dapat mempelajari history. Dapat juga membuat suatu trend. Contohnya dalam transaksi jual-beli tadi, akan bisa dilihat jenis pakaian apa yang paling sering dibeli oleh konsumen, maka pemilik toko akan mengorder lebih banyak jenis pakaian yang paling sering dibeli tersebut. Maka semakin banyak konsumen yang membelinya, jadilah suatu trend baru dalam berpakaian.

itulah ringkasan dari pertemuan kedua matakuliah Pengantar Teknologi Informasi.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php