ryu1917

Yuk Lestarikan Ikan Bala Shark

Posted: December 8th 2020
Balantiocheilos melanopterus

Ikan ini dikenal dengan istilah perdagangan ikan hias dengan nama ikan Bala Shark, mungkin karena sepintas seperti ikan hiu. ikan ini merupakan komoditi perdagangan ikan hias. Saat ini populasi spesies ikan ini di alam sudah sulit didapat, baik di Kalimantan, maupun di Sumatra. Terinformarsikan di Thailand sudah berhasil memijahkan spesies ikan ini dan banyak dipasarkan di pasar ikan hias Indonesia.

Klasifikasi ikan Bala Shark yaitu sebagai berikut:

Filum : Chordata
Kelas : Teleostei (Pisces)
Bangsa : Cypriniformes
Suku : Cyprinidae
Marga : Balantiocheilos
Spesies : Balantiocheilos melanopterus (Bleeker 1850)

Bentuk badan spesies ini seperti layaknya jenis dari suku Cyprinidae yang telah dikenal masyarakat umum, seperti ikan mas (Cyprinus carpio), Tawes (Barbonymus goionotus.), Nilem (Ostechilus vittatus). Tubuhnya keperakan; di bagian kepala mulutnya memiliki bibir bawah tebal menanjang ke arah belakang dan membentuk celah yang menjadi kantung yang membuka kebelakang; bibir atas berlekuk-lekuk; jari-jari sirip punggung mengeras dan bagian pinggirannya bergerigi; tidak bersungut; sirip punggung, sirip dubur, sirip ekor, dan sirip perut berpinggiran hitam. Habitatnya berupa sungai. Penyebarannya adalah Sumatra, Borneo, Malaya, Thailand, Kamboja, dan Laos.

Di dunia, marga Balantiocheilos terdapat dua spesies, namun di Indonesia hanya dijumpai satu jenis yaitu Balantiocheilos melanopterus. Daerah sebarannya sebenarnya cukup luas, namun karena eksploitasi yang berlebihan, maka populasi di habitatnya semakin mengkhawatirkan dan sudah sulit didapat. Ancaman utama dari ikan ini yaitu Berupa dampak kegiatan perdagangan, karena termasuk ikan hias yang populer. Lingkungan juga merupakan faktor ancaman dari ikan ini karena habitatnya saat ini banyak tertekan akibat eksploitasi yang berlebihan dan alih fungsi lahan sehingga dapat menurunkan kualitas air sebagai habitat ikan ini. Statusnya hingga tahun 2013 belum ditetapkan oleh undang – undang RI, dan menurut IUCN Redlist Statusnya yaitu Endangered (EN).

Sebagai mahasiswa teknobiologi saya akan mengajak teman – teman disekitar saya untuk menjaga kelestarian dari ikan bala shark ini. Aksi nyata yang dapat dilakukan secara mudah dalam menjaga kelestarian ikan bala shark ini dapat dilakukan dengan cara sosialisasi. Sosialisasi dapat dilakukan di media sosial dimana anak muda sekarang cenderung aktif di media sosial, dimana ajakan untuk menjaga kelestarian ikan bala shark tersebut jika dilakukan pada media sosial cenderung dibaca oleh anak muda jaman sekarang terutama mahasiswa sehingga diharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut dapat menjaga kelestarian ikan bala shark ini terutama di habitat aslinya.

Sumber: Ubaidillah dkk. 2013. BIOTA PERAIRAN TERANCAM PUNAH DI INDONESIA Prioritas Perlindungan. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan Ditjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan Bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.


7 responses to “Yuk Lestarikan Ikan Bala Shark”

  1. Ignasius Trisna Laksana says:

    Wah ternyata ikan juga perlu dilestarikan…menarik sekali artikelnya..semoga ikan-ikan yang langka menjadi perhatian para ahli konservasi..Salam Sehat!

  2. Artikel yang sangat menarik, menambah wawasan tentang ikan hias bala shark yang ternyata terancam punah, dan mengingatkan kesadaran kita untuk lebih menghargai dan melestarikan biota laut lainnya.

  3. deyaeufresia04 says:

    wah keren sekali,,jadi tahu bahwa ada ikan hias bala shark ini dan dia terancam punah juga,,terima kasih infonya

  4. Sharonrose Graciabella says:

    Wah menarik banget nih artikelnya, semoga kita semua bisa ambil bagian untuk melestarikan ikan ini ya

  5. divaamira says:

    Saya baru tahu kalau ada ikan jenis ini, semoga kedepannya ikan bala shark bisa dilestarikan dan semakin dikenal semua orang!

  6. caeciliadayu says:

    wah menarik sekali informasi yang diberikan bisa menambah pengetahuan, saya baru tahu ikan ini dan ternyata terancam punah, semoga ikan bala shark bisa kita dilestarikan bersama..

  7. anastasianovita219 says:

    Isi artikelnya menarik, aksi yang dilakukan semoga bisa terealisasikan sehingga dapat menjaga kelestarian dari ikan bala shark ini ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php