Hacking tidak hanya terjadi pada website yang memiliki banyak pengunjung. Namun hal ini juga bisa terjadi pada akun WhatsApp.

Para pelaku akan berusaha mendapatkan akses ke WhatsApp. Setelah masuk, mereka dapat melakukan seluruh percakapan atau membalas pesan seolah-olah itu dari korban.

Tanda – Tanda WhatsApp di Bajak

tanda wa di bajak

Ada sejumlah tanda bahwa akun WhatsApp Anda telah diretas oleh orang lain. Berikut ciri-ciri yang dikutip dayakobelco.co.id dari berbagai sumber :

  1. OTP

One Time Password (OTP) adalah kode yang berisi enam digit nomor otentikasi yang dikirim melalui SMS. Kode ini adalah pintu gerbang untuk mengakses WhatsApp.

OTP akan dikirim ketika pengguna mencoba masuk ke akun mereka. Jadi jika ada one time password yang masuk, kemungkinan ada orang lain yang telah menginstal akun Anda di perangkat lain. Abaikan saja pesan tersebut dan jangan berikan OTP kepada siapa pun.

  1. Keluar dari WhatsApp Web

Ini bisa menjadi tanda selanjutnya bahwa akun WA Anda telah diretas. Anda dapat melihat apakah perangkat lain yang tidak dikenal mencoba mengakses akun WhatsApp Anda.

Anda dapat melakukan ini dengan menekan ikon tiga titik di kanan atas aplikasi. Pilih WhatsApp Web Mode dan Anda akan melihat perangkat mana yang digunakannya.

  1. Baca pesannya

Saat sebuah pesan terbaca, ini bisa jadi kemungkinan akun WhatsApp Anda telah diretas atau dieksploitasi.

  1. Pesan yang dikirim sendiri

Jika Anda tidak pernah merasa ingin mengirim pesan, ini bisa menjadi tanda bahwa akun WhatsApp Anda telah diretas. Tingkatkan kesadaran segera.

Bagaimana Cara Mencegah WhatsApp di Bajak Orang Lain

Untuk menghindari pembajakan akun, Anda harus mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp. Dengan cara ini lebih sulit bagi penjahat untuk mendapatkan akses ke akun, karena mereka tidak mengetahui PIN yang digunakan untuk verifikasi 2 langkah.

Berikut cara mengaktifkannya:

  • Klik ikon tiga titik di aplikasi WhatsApp.
  • Pilih Pengaturan.
  • Buka Pengaturan Akun.
  • Pilih Verifikasi dua langkah.
  • WhatsApp akan meminta untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah dengan PIN. Klik Aktifkan untuk mengaktifkan fitur.
  • Buat PIN, masukkan enam angka sesuai keinginan.
  • Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan alamat email yang terkait dengan akun tersebut. Ini untuk jika Anda ingin mengubah PIN Anda suatu hari nanti.

Sumber Artikel

Comments are closed.

css.php