Rumus Rumus Ala Abi Gael

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Posted: December 10th 2019

Contoh laporan teks tentang hasil observasi – Tahukah Anda bahwa observasi adalah studi di mana salah satu teknik pengumpulan data digunakan dalam studi tertentu.

Sejauh menyangkut teks hasil pengamatan, teks memiliki makna isi teks yang menjelaskan informasi apakah hewan, tumbuhan, fenomena alam, karya manusia, dan fenomena sosial sesuai dengan fakta.

Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat contoh teks laporan pengamatan di artikel ini. Singkatnya, hasil pengamatan adalah teks yang menyajikan hasil pengamatan secara sistematis dan objektif sesuai dengan fakta dan fakta.

Teks pengamatan juga akan menggambarkan bentuk, karakteristik, dan sifat umum suatu objek. Objek-objek yang dapat digunakan untuk pengamatan saja dapat berupa berbagai jenis orang, hewan, tumbuhan, benda dan berbagai peristiwa yang sedang atau telah terjadi di dunia ini.

Kebanyakan, orang-orang pun sering keliru dengan contoh teks laporan hasil observasi dengan contoh teks laporan hasil penelitian biasa. Padahal kedua jenis laporan tersebut sudah tentu mempunyai perbedaan dalam struktur isinya.

laporan observasi
laporan observasi

Struktur Laporan Hasil Observasi

Sebelum membahas lebih detail contoh teks laporan pengamatan, perlu diketahui laporan pengamatan secara umum. Salah satunya adalah bahwa laporan pengamatan memiliki struktur sendiri. Struktur mana yang berbeda dari jenis laporan lainnya. Struktur laporan observasi itu sendiri terdiri dari.

Deklarasi atau klasifikasi umum
Deklarasi atau klasifikasi umum adalah pembukaan teks. Bagian klasifikasi ini memberikan definisi atau informasi tentang pengamatan yang dilakukan sebelumnya.

Paragraf yang terdiri dari aspek yang dilaporkan
Bagian ini terdiri dari informasi terperinci dari pengamatan yang telah dilakukan. Lebih rinci paragraf berisi klasifikasi atau urutan klasifikasi mulai dari kelas terbesar hingga kelas terkecil. Sebagai contoh, klasifikasi objek pengamatan diikuti oleh faktor lingkungan, perilaku, peran, genetik, fungsional, fisik atau kepribadian objek.

Karakteristik hubungan observasi

Yang membedakan teks laporan pengamatan dari jenis laporan penelitian lainnya adalah sebagai berikut.

  • Target. Laporan pengamatan harus diselesaikan berdasarkan objek yang diamati tanpa pengaruh atau visi pribadi oleh kompiler
  • Nyata. Selain menjadi objektif, laporan juga harus disiapkan berdasarkan kenyataan di lapangan. Inilah bagaimana kebenaran dapat diuji dengan mudah dan dapat dibenarkan.
  • Sistematis. Bahkan laporan yang diselesaikan harus sistematis atau harus teratur dan teratur. Laporan tersebut juga harus sesuai dengan penulisan standar teks pengamatan dari laporan itu sendiri.
  • Ada objek Dan karakteristik laporan itu sendiri harus diperhatikan hasil dari objek. Benda-benda ini dapat berupa hewan, tumbuhan, manusia atau benda lain yang ditemukan di lingkungan dan di alam semesta.

Contoh teks laporan observasi

Karena masih banyak orang yang tidak mengerti laporan pengamatan. Di bawah ini adalah beberapa contoh teks dari laporan observasi yang dapat digunakan sebagai referensi sehingga tidak salah untuk membedakan atau membuat laporan observasi. Contoh teks dari laporan observasi yang dapat dipelajari dan dipahami adalah sebagai berikut.

Contoh teks laporan pengamatan tentang pemanasan global

Teks laporan pengamatan tentang pemanasan global
Pemanasan global sering disebut sebagai pemanasan global, suatu proses yang menaikkan suhu bumi setiap tahun karena peningkatan emisi karbon, salah satunya berasal dari kegiatan industri. Terjadinya pemanasan global akibat efek gas rumah kaca dalam bentuk karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO) dan gas metana.

Gas-gas yang menyebabkan efek rumah kaca atau dalam bahasa Indonesia efek gas rumah kaca di atmosfer bumi sehingga sinar UV dipertahankan oleh atmosfer. Ini akan menyebabkan peningkatan suhu rata-rata di bumi. sehingga jika ini terjadi dalam jangka panjang, itu akan menghasilkan kenaikan permukaan laut karena pencairan es kutub utara dan selatan.

Lebih jauh, pemanasan global juga disebabkan oleh dekomposisi ozon (O3) menjadi oksigen (O2) dan elemen O. Karena itu ozon tidak dapat menghilangkan sinar UV sehingga menembus langsung ke permukaan bumi. sedangkan penyebab utama dari efek rumah kaca adalah perilaku manusia itu sendiri, salah satunya adalah penebangan pohon dan penggunaan listrik yang berlebihan.

Contoh teks laporan pengamatan tentang hewan

Teks laporan pengamatan tentang hewan

Naga Komodo
Anda tahu, naga adalah spesies reptil terbesar di Indonesia yang dilindungi oleh pemerintah. Komodo hidup di semak-semak dan di banyak hutan Indonesia. Komodo juga dianggap reptil terberat di Indonesia karena memiliki berat badan sekitar 100 kg atau lebih.

Hewan Komodo terbesar di Indonesia itu sendiri mengukur tinggi dan beratnya yang mencapai 166 kg dan panjangnya mencapai 3 meter. Namun secara umum panjang dan berat komodo sendiri hanya sekitar 91 kg dan 2,5 meter. Untuk beberapa jenis naga sendiri ada beberapa yang mencapai di atas panjang dan berat rata-rata.

Komodo sendiri memiliki jenis kulit bersisik, berwarna abu-abu, dengan bentuk moncong yang runcing, kaki-kakinya lengan yang kuat dan memiliki ekor yang berotot. Untuk mendeteksi keberadaan mangsanya, misalnya bangkai hewan, hewan ini menggunakan indera penciuman yang akut. Dengan kemampuan indera penciuman, hewan-hewan ini dapat mencium mangsanya hanya beberapa meter di depannya.

Selain itu, komodo juga dapat memangsa reptil lain seperti mamalia besar. Karena hampir semua bagian gigi Komodo ditutupi oleh gusi sehingga gigi tidak terlihat. Yang unik, saat hewan ini makan dan mengunyah, gusi berdarah. Ini terjadi karena itu menjadi sarana mengembangkan bakteri berbahaya di mulut.

Bakteri yang hidup di mulut komodo dapat menyebabkan darah korban menggigit keracunan. Ini akan menggigit mangsa dan kemudian mengikutinya sehingga mangsanya lemah dan tidak bisa pergi. Namun sayang, hewan ini dalam bahaya. Ini disebabkan oleh pemburu hewan yang tidak bertanggung jawab sehingga habitatnya rusak.

Beruang Madu

Beruang madu yang sama adalah spesies beruang terkecil di dunia. Tingginya hanya sekitar 140 cm, dengan tinggi punggung 70 cm dan berat antara 50 dan 65 kg.

Bahkan bulu beruang matahari cenderung pendek tetapi mengkilap dan tampaknya menutupi seluruh tubuh matahari kecuali di telapak kaki. Ciri-ciri khusus hewan ini juga memiliki warna oranye, yang berada tepat di bawah leher.

Hewan ini hidup di pohon. Mereka dapat bergerak dengan kecepatan 48 km / jam dan memiliki kekuatan yang sangat kuat. Ini karena hewan-hewan ini diklasifikasikan sebagai mamalia. Betina dari beruang madu merawat bayi mereka setelah melahirkan.

Beruang madu juga termasuk dalam semua pemakan. Mereka tidak hanya mengonsumsi madu berdasarkan namanya, tetapi mereka juga memakan beragam buah dan tanaman di hutan hujan tropis, termasuk spesies palem. Selain madu dan tanaman, beruang madu juga suka memakan serangga, burung, dan hewan kecil lainnya.

Meskipun kekuatan hewan-hewan ini sangat kuat, tetapi beruang madu milik hewan yang dapat dengan mudah diserang. Jadi mereka juga dalam bahaya karena habitat alami mereka telah hilang dan rusak. Namun ada beberapa negara yang masih mempertahankan populasi beruang surya untuk menghindari kepunahan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php