Rumus Rumus Ala Abi Gael

Rumus Muatan Listrik dan Contoh Soalnya

Posted: October 9th 2018

Muatan listrik, rumus dan contoh masalah: ketika Anda belajar listrik statis di sekolah menengah, Anda akan menemukan pengajuan pada muatan listrik. Dalam bahasa Inggris istilah muatan listrik disebut muatan listrik. Apa penampilan muatan listrik ini? Apa sifat dan rumusnya?

Pengertian muatan listrik

Muatan listrik adalah properti (muatan dasar) yang dibawa oleh partikel dasar yang menyebabkan partikel dasar mengalami gaya traksi yang menarik dan menjijikkan. Muatan listrik dari partikel dasar bisa positif dan negatif. Jika dua objek dengan beban yang sama akan ditolak dan dua objek akan menarik jika bebannya berbeda. Kapanpun Anda tahu, partikel-partikel dasar dan sub-atomik, seperti elektron dan proton, memiliki muatan listrik. Elektron dengan muatan negatif dan proton dengan muatan positif.

Isi listrik terdiri dari dua jenis, yaitu:

  • Elektron membawa muatan negatif.
  • Proton yang membawa muatan positif.

Setiap posisi memiliki
1 muatan elektron = -1.6.10-19 coulomb
1 muatan elektron = + 1.6.10-19 coulomb

Muatan listrik suatu benda ditentukan oleh jumlah proton dan elektron yang terkandung dalam objek.

Jika suatu objek adalah kelebihan elektron = kekurangan proton (Σ elektron> Σ Proton), maka objek tersebut bermuatan negatif
Jika suatu objek tidak memiliki elektron = kelebihan proton (Σ elektron <Σ Proton), maka objek bermuatan positif
Jika jumlah elektron = jumlah Σ proton = Σ elektron, maka objek tidak dibebankan (muatan netral)

muatan listrik

Sifat Muatan Listrik

Ternyata ternyata sifat muatan listrik mirip dengan alam pada manusia. Yang berikut ini lengkap:

Biaya serupa akan ditolak dan biaya yang berbeda tidak akan ditarik. Ini seperti pria dan wanita. Jika lawan jenis akan memiliki kecenderungan untuk menarik dan jika jenis kelamin yang sama akan memiliki kecenderungan untuk menolak.

Muatan listrik adalah kuantitas utama fisika yang diukur dalam satuan coulomb yang dilambangkan dengan (C). Coulomb sama dengan 6,24 x 1018 e (e = muatan proton). Jadi ikatan yang terkandung oleh proton adalah 1.602 x 10-19 coulomb. Elektron memiliki muatan yang sama dengan proton tetapi jenis yang berbeda (-) 1,602 x 10-19 coulomb.

Muatan listrik mirip dengan massa. Ia memiliki hukum kekekalan atas beban, serta hukum kekekalan massa. Gaya yang dihasilkan oleh dua muatan memiliki karakter yang sama dengan gaya gravitasi yang dihasilkan oleh dua objek dengan massa tertentu. Gaya konten ini juga konservatif dan terpusat.

Rumus muatan listrik

Rumus yang diterapkan dalam muatan listrik adalah formula yang ditetapkan dari hukum Coulomb. Hukum Coulomb ditemukan oleh Charles Augustin de Coulomb pada akhir abad ke-18. Ilmuwan Prancis ini menemukan hukum yang disebut hukum coulomb. Hukum ini berbunyi
“Daya tarik atau tolakan antara dua muatan listrik sebanding dengan biaya mereka dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak yang memisahkan dua tuduhan itu.”

secara matematis

rumus muatan listrik adalah F = k (q_1.q_2) / r ^ 2

dengan
F = tarik / tolak gaya (newton)
q = muatan listrik (coulomb)
r = jarak antara dua tuduhan
k = konstanta = 1 / 4πεo = 9 x 109 N.m2 / C2
εo = permitivitas listrik dalam vakum / udara = 8,85 x 10-12 C2 / Nm2

Jika media pemuatan tidak dalam ruang hampa atau udara, gaya pengiriman beban q1 dan q2 akan lebih rendah

F air / vakum <F sedang

Ini karena nilai daya permisif listrik dalam medium tidak lebih besar. Permissibility εo diganti dengan ε

ε = εr εo

dalam ruang hampa, nilai εr adalah 1, sementara dalam uara εr itu adalah 1.0006. Jadi, gaya coloumb di tengah-tengah rumusan adalah

F_medium = 1 / 4πε. (Q_1.q_2) / r ^ 2 F_medium = 1 / ε_r .F_vakum

Masalah sampel

Ada benda dengan massa 40 gram dan diisi q1 = 1 μC tergantung dari tali ringan dengan massa yang diabaikan. Di sebelah kiri objek ada muatan q2 dengan muatan -2 μC yang menyebabkan posisi objek bergerak ke kiri (lihat gambar di bawah). Jika diketahui bahwa k = 9.109 Nm2 / C2 dan G = 10 ms-2, tentukan berapa banyak ketegangan yang dialami string!

Menjawab

Untuk menjawab masalah ini, Anda harus menentukan terlebih dahulu besarnya kekuatan Coulomb (gaya tarik yang menarik muatan) dan kemudian menemukan tegangan yang kita gunakan aturan phytogora karena tegangan string adalah hasil dari dua kekuatan, gravitasi muatan q1 dan kekuatan Coulomb.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php