Rumus Rumus Ala Abi Gael

Cara Menghitung Kecepatan Sudut

Posted: September 3rd 2018

Jika kita membandingkan rotasi dua roda jari yang berbeda, maka kita akan menemukan bahwa panjang lintasan dalam putaran antara kedua roda akan berbeda. Ini karena keliling lingkaran berbeda, sedangkan rotasi roda memiliki panjang jalur yang sama dengan keliling lingkaran roda. Untuk memahami perbedaan ini, maka kita perlu memahami konsep kecepatan sudut dan kecepatan linier dalam lubang melingkar biasa.

Memahami kecepatan sudut (kecepatan sudut)
Definisi kecepatan sudut adalah besarnya sudut sudut lingkaran yang dibentuk oleh lintasan titik yang bergerak secara sirkuler per satuan waktu. Kecepatan sudut juga disebut kecepatan sudut. Satuan kecepatan sudut adalah rad / detik. Unit lain yang dapat digunakan, misalnya, rad / menit atau rad / jam.

Rumus kecepatan sudut

Kecepatan sudut adalah sudut perjalanan dibagi dengan waktu perjalanan. Rumus untuk menentukan kecepatan sudut (kecepatan sudut) suatu objek yang bergerak dalam lingkaran adalah sebagai berikut.

Kecepatan sudut = sudut perjalanan / waktu perjalanan

kecepatan sudut

Rumus kecepatan sudut
ω = kecepatan sudut (rad / detik)
π = lingkaran konstan = 22/7
f = frekuensi (putaran / detik)
T = periode (kedua)

Frekuensi (f) adalah jumlah putaran yang dibuat objek dalam satu detik. Frekuensi suatu objek bergerak dengan memutar n kali sebanyak t detik adalah f = n / t dari rotasi konstelasi.

Periode (T) adalah waktu yang diperlukan untuk suatu objek untuk menyelesaikan rotasi lengkap. Periode objek yang bergerak berputar n kali, selama t detik adalah T = t / n detik.

Misalkan objek A berputar dengan periode 4 detik untuk setiap putaran, sementara objek B berputar dengan frekuensi 2,5 putaran per detik. Kemudian kecepatan sudut objek A dan objek B dapat dihitung menggunakan rumus sebelumnya.
ωA = 2π / T = 2π / 4 = π π rad / detik
ωB = 2πf = 2π x 2,5 = 5π rad / detik
Kemudian kecepatan sudut objek A adalah ½ π rad / s dan kecepatan sudut objek B adalah 5π rad / s.

Memahami kecepatan linear (kecepatan tangensial)
Definisi kecepatan linier adalah panjang jalur suatu titik yang bergerak secara sirkuler per satuan waktu. Kecepatan linier disebut kecepatan tangensial. Unit kecepatan linear adalah meter / detik. Unit lain yang dapat digunakan, misalnya, cm / detik, meter / menit, meter / jam, dll.

Rumus kecepatan linier

Kecepatan linear adalah jarak yang ditempuh dibagi dengan waktu perjalanan. Jarak putaran sama dengan keliling lingkaran yaitu 2.π.r (r adalah jari-jari atau jari-jari lingkaran). Rumus menentukan kecepatan linier (kecepatan linier) suatu objek yang bergerak dalam lingkaran dengan cara berikut.

Kecepatan linier = jarak tempuh / waktu perjalanan
Rumus kecepatan linier

v = kecepatan linear (rad / detik)
π = lingkaran konstan = 22/7
r = radius (jari-jari lingkaran)
f = frekuensi (putaran / detik)
T = periode (kedua)

Misalkan objek C berputar dengan radius 70 cm dan jangka waktu 2 detik untuk setiap putaran, sementara objek D berputar dengan radius 70 cm dan frekuensi 0,25 putaran per detik. Kemudian kecepatan linier objek C dan objek D dapat dihitung menggunakan rumus sebelumnya.
vC = 2πr / T = 2 x (22/7) x 70/2 = 220 cm / s = 2,2 m / s
vD = 2πrf = 2 x (22/7) x 70 x 0,25 = 110 cm / s = 1,1 m / s
Kemudian kecepatan linier objek C adalah 2,2 m / s dan kecepatan linier objek D adalah 1,1 m / s.

Rasio kecepatan sudut ke kecepatan linier
Persamaan kecepatan sudut adalah ω = 2π / T, sedangkan persamaan kecepatan linier v = 2πr / T, hubungan antara kecepatan sudut dan kecepatan linier adalah sebagai berikut.

v = ωr

misalnya, diketahui bahwa benda bergerak berbentuk lingkaran dengan kecepatan sudut 0,5π rad / s dan radius rotasi 140 cm. Kemudian, kecepatan linier objek dapat dihitung dengan metode berikut.
v = ω.r = 0,5 x (22/7) x 140 = 220 cm / s = 2,2 m / s

Contoh perhitungan kecepatan sudut dan kecepatan linier dalam objek melingkar dalam gerakan

Masalah contoh 1
Masalah: sebuah objek bergerak secara melingkar di sudut radia selamat tinggal dalam 4 detik. Hitung kecepatan sudut objek! Nyatakan dalam π!
Jawaban:
Itu diketahui
Sudut pemindahan = π
Waktu perjalanan = 4 dtk
Dia bertanya
ω =?
Penyelesaian
ω = sudut perjalanan / waktu perjalanan = π / 4 = ¼ π
Kemudian kecepatan sudut objek adalah ¼ π

Itulah contoh soal dan rumus kecepatan sudut, semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php