Roys Yanto Aris

Data, Knowledge, and Decision Support

Posted: December 3rd 2012

Pada pertemuan PTI kali ini,kita akan  membahas mengenai Data, Knowledge and Decision Support.

 

Data-data yang kita butuhkan bisa berasal dari internal, personal dan eksternal yang dikumpulkan dengan cara manual, dengan sensor dan peralatan maupun scanning atau electronic transfer. Kualitas data perlu diperhatikan sesuai dengan kegunaannya.

Karakteristik high quality data:
  1. akurat
  2. aman
  3. relevan
  4. tepat waktu
  5. lengkap
  6. konsisten
Decision Support Systems adalah sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur di mana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat.
Enterprise Decision Support
Dalam Enterprise Decision Support terdapat Executive Information Systems dan Group Decision Support Systems.
  • Executive Information Systems memenuhi kebutuhan informasi dari eksekutif.
  • Group Decision Support Systems mendukung pekerjaan kelompok dengan mendorong munculnya ide, meningkatkan komunikasi, penerapan tools analisa yg dibutuhkan.

 

Decision Support Systems

Dibutuhkan ketika keputusan tidak terstruktur

Karakteristik dan Kemampuan

  • Mendukung pengambil keputusan di semua tingkat manajerial
  • Mendukung pengambilan keputusan saling tergantung dan / maupun berurutan beberapa
  • Mendukung semua tahapan pengambilan keputusan dan berbagai proses pengambilan keputusan dan style
  • Dapat disesuaikan dari waktu ke waktu untuk berurusan dengan perubahan kondisi
  • Mudah untuk membangun
  • Memanfaatkan model dan link ke data dan basis pengetahuan
  • Mengeksekusi sensitivitas anallisis

Sensitivitas analisis

Studi tentang efek bahwa perubahan dalam satu atau lebih bagian dari model terhadap bagian lain dari model

what-if Analisis

memeriksa dampak dari perubahan dalam asumsi atau input data lain pada solusi yang diusulkan

Goal-seeking Analisis

menemukan nilai dari input yang diperlukan untuk mencapai tingkat yang diinginkan output

Komponen dan Struktur DSS

Manajemen Data
Termasuk database (s) berisi data yang relevan untuk situasi keputusan
User Interface
Memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan dan memerintahkan DSS
Model Manajemen
Termasuk perangkat lunak dengan keuangan, statistik, ilmu manajemen, atau model kuantitatif lainnya
Manajemen Pengetahuan
Memberikan pengetahuan untuk solusi dari masalah; mendukung salah satu subsistem lain atau bertindak sebagai komponen independen

Enterprise Decision Support

Executive Information Systems
  • Meet information needs of executives
•Very limited time
•Need to monitor and identify problematic trends
•Need external as well as internal information
  • Rapid access to data needed to executives
  • Very easy user interface
  • Highly graphical
  • Often connected with online information services (e.g., Dow Jones News Retrieval)
  • Incorporates email
  • Capabilities of EIS
•Drill down
•Critical success factors and key performance indicators
•Status access
•Trend analysis
•Ad hoc analysis
•Exception reporting
•Intelligent EIS
•Integration with DSS; web accessibility
Decision Support Systems Group
  • Memfasilitasi solusi keputusan semistructured dan tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan
  • Membantu kelompok menjadi produktif dengan mengurangi beberapa perilaku kelompok negatif
  • Mendukung proses kelompok dengan mendorong generasi ide, meningkatkan komunikasi, dan menerapkan alat-alat analisis yang diperlukan untuk masalah

GDSS Implementasi
Face-to-face pertemuan – keputusan ruangan ‘khusus dibuat dengan komputer dan perangkat lunak terkait GDSS, penggunaan difasilitasi oleh pemimpin terlatih
‘War room’ Perusahaan – informasi yang ditampilkan secara grafis dan analisis dilakukan
Dukungan untuk tim virtual – alat tim kolaboratif untuk tim geografis, diskusi dukungan, kalender, polling, dll

Apa yang bisa kita lakukan dengan data yang tersimpan?

  • Analytical Processing – the activity of analyzing accumulated data
  • Online analytical processing (OLAP)
    • An end-user activity
    • Involve large data sets with complex relationships
    • Use Decision Support Systems models
    • Is retrospective

Data mining – pencarian cerdas dari data yang disimpan dalam data mart atau gudang

  • Temukan informasi prediktif
  • Temukan pola diketahui
  • End user melakukan tugas pertambangan dengan alat yang sangat kuat
  • Minning tool menerapkan teknik komputasi canggih (learning, intelligence)

Online Analytical Processing (OLAP)

Analisis oleh end user dari desktop mereka, secara online, menggunakan alat bantu seperti spreadsheet
Menganalisis hubungan antara berbagai jenis elemen bisnis
Libatkan kumpulan data
Membandingkan kumpulan data selama periode waktu yang hirarkis (bulanan, kuartalan, tahunan)
Hadir data dalam perspektif yang berbeda
Melibatkan perhitungan yang kompleks antara elemen data
Merespon dengan cepat permintaan pengguna

Data Visualization

Menganalisis data dapat menjadi lebih berguna jika disajikan dengan menggunakan teknik Visualisasi Data
Visual Interaktif Modeling – tampilan grafik keputusan
Simulasi Interaktif Visual – Model simulasi animasi dan dapat dilihat dan dimodifikasi oleh pengambil keputusan
Sistem Informasi Geografis – menampilkan data yang berhubungan dengan lokasi geografis menggunakan peta digital

What is Knowledge Management?

Konsep Kunci
Pengetahuan aset – tentang pasar, produk, teknologi, dan organisasi yang memiliki bisnis atau perlu memiliki
Praktik terbaik – koleksi solusi yang paling sukses dan / maupun studi kasus
Modal intelektual – koleksi pengetahuan yang dikumpulkan oleh organisasi selama bertahun-tahun
Pengetahuan sistem – mengumpulkan pengetahuan, menyimpannya dalam database, memelihara database, dan menyebarluaskan pengetahuan untuk pengguna
Kompetitif intelligence – pengumpulan informasi kompetitif

IT Support for Knowledge Management

Knowledge identification – what is important?
Knowledge discovery and analysis – finding and organizing knowledge
Knowledge acquisition – going and getting needed knowledge by asking or promoting idea generation
Establishment of organizational knowledge bases – storing and organization corporate knowledge
Knowledge distribution and use – ensuring that those who need knowledge can access it

Implementing Knowledge ManagementMengatur kembali sebagai pengetahuan berbasis organisasi

Menciptakan posisi baru, chief knowledge officer (CKO)

  • menciptakan infrastruktur manajemen
  • membangun budaya pengetahuan
  • membuatnya menjadi lunas

Memfasilitasi pembelajaran organisasi

Belajar dari pengalaman mereka untuk bertahan hidup


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php