Roys Yanto Aris

Telekomunikasi dan jaringan

Posted: October 12th 2012

Telekomunikasi dan Jaringan.

memiliki arti sebuah proses yang terjadi antara 2 atau lebih perangkat multimedia atau komputer yang mampu mentransfer suatu data, instruksi, dan informasi. Dengan ini suatu organisasi akan sangat dimudahkan dalam bekerja, misal dalam transfer data dan berbagi informasi, baik dalam jaringan lokal maupun interlokal.

Dalam jaringan terdapat komponen-komponen pendukung terjadinya suatu komunikasi, yaitu:

1. Hardware

Perangkat utama dalam telekomunikasi, berfungsi sebagai alat pengirim dan penerima data. Terdapat 3 jenis yaitu Modem (analog-digital), Multiplex (kabel telepon) dan Front End Processor.

2. Media

Komunikasi tidak akan berlajan ketika tidak ada media. Media memiliki peran sangat penting di telekomunikasi. Beberapa media telekomunikasi yaitu Twisted pair wire, Kabel coaxial, Kabel fiberoptic, Microwave, Radio, Infrared, dll.

3.  Network

Network memiliki fugsi sebagai penghubung antara media, hardware maupun software dalam komunikasi. Network terbagi menjadi 2 yaitu LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network)

4.  Software

Software merupakan komponen penting dalam telekomunikasi. Software berperan sebagai sistem dari telekomunikasi tersebut. Berfungsi sebagai keamanan terhadap privasi dan error-fixing.

5.   Provider

Penyedia layanan provider, layanan yang menyangkut Internet (Internet Service Provider)

6.   Protocol

Protocol berfungsi sebagai pengatur bagaimana komunikasi bisa ditampilkan. Protocol antara lain yaitu Ethernet dan Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP-IP)

Sinyal komunikasi ada 2 macam yaitu sinyal analog dan digital.
Sinyal analog mengirimkan informasi dengan mengubah karakteristik gelombang informasi tersebut menjadi semacam amplitudo dan frekuensi.
Sinyal digital berbentuk bilangan biner yang mudah dibaca komputer.

Ada 3 macam kabel yaitu twisted-pair wire, coaxial cable dan fiber-optic cable.
Twisted-pair wire biasanya digunakan untuk kabel telefon. Murah dan mudah digunakan namun lambat dalam mengirimkan sinyal dan keamanannya rendah sehingga kita mudah kesetrum.
Coaxial cable harganya lebih mahal dibandingan dengan twisted-pair wire. Sulit digunakan dan tingkat keamanannya rendah.
Fiber-optic cable mengirimkan informasi dalam bentuk gelombang ccahaya dan kabel ini terbuat atas glass fiber. Dalam mengirimkan informasi kabel ini bisa bekerja cepat dan cukup aman karena terdiri atas beberapa lapis. Sayangnya kabel ini sangat mahal dan mudah rusa serta sulit untuk digunakan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php