Move On

Internet, Intranet dan Extranet

Posted: November 6th 2012

Pada mataeri ini akan memperlajari tentang evolusi, operasi dan layanan internet, segmen internet yang disebut www(world wide web), serta intranet dan extranet untuk aplikasi internet. Internet merupakan hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya dan diketahui internet selalu berkembang dari jaman ke jaman. Kita tahu bahwa kita sering menggunakan internet, fasilitas- fasilitas apa saja yang telah kita dapatkan tanpa disadari? yaitu web, email, FTP. chat, file transfer, dan instant messaging lainnya.

Intranet adalah Jaringan Komputer yang khusus untuk penggunaan pada lingkungan di dalam batasan suatu Organisasi. Dilihat dari sudut teknisinya, Intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi Internet dan WWW di dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN) dan LAN adalah sekumpulan komputer – komputer yang saling dihubungkan pada suatu daerah atau lokasi tertentu.

Extranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik yang berguna untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual, mitra (partner), pelanggan dan lainnya. Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan,untuk berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain- lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php