Move On

INFRASTRUKTUR IT – Mengelola Data Organisasi dan Informasi

Posted: October 4th 2012

Basis data adalah sekumpulan informasi yang disimpan dalam sebuah komputer secara sistematik yang untuk mendapatkan informasi dari dalam basis data tersebut dapat menggunakan sebuah komputer. dan, biasanya basis data digunakan oleh tenaga ahli yang memiliki tugas untuk mengontrol sistem basis data sacara keseluruhan, pendesign basisdata, dan jugapengguna akhir.

Field (baris) merupakan kombinasi dari 2 atau lebih karakter. Field sendiri terdiri dari sizenya, namenya, dan type data. Field size, merupakan jumlah maksimal dikarakter yang  dapat ditampung sebuah field. Sebuah field name yang unik, sebagai identif dari setiap field, dan type data merupakan jenis spesifik(khusus) dari data yang di tampung.

Entity, Atribut, Primary key, dan secondary key merupakan konsep dasar yang harus diperhatikan. Contoh penggunaan dalam entity “data Dosen (NIP, ability dosen (%)”.contoh untuk atribut “(nama , usia)”.¬† Biasanya atribut itu dijelaskan oleh field dan entity itu di jelaskan oleh record. contoh penggunaan dalam primary key “No. KTP”, dan secondary key digunakan untuk membentuk group dari record.

Data base approach, program dan user yang saling memberikan data, serta tidak mungkin terjadinya redundant data. perbedaan penyimpanan data antara file processing dan data base, dalam penyimpanannya file processing akan mengalami duplicate data dan data base lebih meringkas data yang disimpan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php