Move On

INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI- Perangkat Lunak Komputer

Posted: September 26th 2012

Pada minggu ke-5 ini mempelajari tentang Perangkat Lunak Komputer dimana kita membedakan 2 perangkat lunak (software) yaitu SystemSoftware dan Application Software. System Software merupakan instruksi yang mengelola sumberdaya Software, dan Application Software merupakan otak/ instruksi yang melakukan tugas dari pengguna. contoh untuk keduanya itu adalah perangkat keras “Printer”,  sebelum kita melakukan printing harusnya kita menginstall programnya (application software), sehabis itu mau melakukan printing, dan kita membuat perintah melalui program itu, lalu akan dikeluarkannya doc. yang kita perlukan melalui printer itu, pada saat printer itu bekerja, itulah system softwarenya.

Perkembangan Perangkat lunak (the software crisis) tidak bisa dilakukan dengan cepat untuk bersaing dilingkungan bisnis yang dinamik. Sebuah perusahaan yang memiliki sistem yang update memang akan berkembang dengan informasi, jika tidak maka akan tertinggal. tetapi peningkatan komplek potensi akan mengakibatkan bugs. masalah lainnya ada pada ‘testing dan debugging” yang tentunya sangat mahal  dan cukup menghabiskan waktu. bagaimana tidak? saat membuat software baru , tentunya memerlukan banyak orang untuk percobaan memakai software baru tersebut, mencari kesalahan yang ada, supaya pada saat di launchingkan, tidak terdapat error-error yang berat dalam penggunaan.

Pentingnya kita mengingat bahwa bagaimana pun, secepat apa pun software dapat berkembang, tentunya kita harus tetap menjaga software yang telah ada, karena 80% tugas dari seorang IT adalah pemeliharaan sistem.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php