Move On

Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Posted: September 23rd 2012

Konsep Mendasar :

  • Fasilitas, Layanan, dan Pengelolaan/Management yang mendukung semua sumber daya komputasi di sebuah perusahaan
  1. Hardware.
  2. Software.
  3. Fasilitas Komunikasi Jaringan.
  4. Basis data, tempat menyimpan.
  5. Information management personal.
  • Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
    – Suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI)
    – Bagian dari ITIL :
  1. Service Strategy : Inti dari ITIL Service Lifecycle adalah Service Strategy.
  2. Service Design : Agar layanan TI dapat memberikan manfaat kepada pihak bisnis, layanan-layanan TI tersebut harus terlebih dahulu di desain dengan acuan tujuan bisnis dari pelanggan
  3. Service Transition : Service Transition menyediakan panduan kepada organisasi TI untuk dapat mengembangkan serta kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan TI baik yang baru maupun layanan TI yang diubah spesifikasinya ke dalam lingkungan operasional.
  4. Service Operation : Service Operation merupakan tahapan lifecycle yang mencakup semua kegiatan operasional harian pengelolaan layanan-layanan TI.
  5. Continual Service Improvement :
    Continual Service Improvement (CSI) memberikan panduan penting dalam menyusun serta memelihara kualitas layanan dari proses desain, transisi dan pengoperasiannya.

 

 

  • Information Architecture :

seni menggambarkan suatu model atau konsep informasi yang digunakan dalam aktivitas-aktivitas yang membutuhkan detail eksplisit dari suatu sistem kompleks. Contoh aktivitas tersebut adalah :

  1. sistem pustaka pemrograman
  2. sistem manajemen isi
  3. pengembangan web
  4. interaksi pengguna
  5. pengembangan basis data
  6. pemrograman
  7. penulis teknis
  8. arsitektur perusahaan
  9. desain perangkat lunak sistem kritis

Konsep Dasar

kombinasi dari teknologi informasidan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.

  • Klasifikasi SI berdasarkan fungsi (Jeffrey L. Whiiten)
  1. Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing System/TPS)
    Sebuah sistem yang meng-capture dan memproses data transaksi bisnis. Misalnya: pesanan, kartu absensi, pembayaran, KRS, reservasi dll.
  2. Sistem Informasi Manajemen (Managemen Information System/MIS)
    Sistem informasi yang menyediakan pelaporan yang berorientasi manajemen berdasarkan pemrosesan transaksi dan operasi organisasi.
  3. Sistem Informasi Eksekutif (Executive Information System/EIS)
    Sistem informasi yang diperuntukkan oleh manajer eksekutif untuk mendukung perencanaan bisnis dan menilai performa rencana tersebut.
  4. Sistem Pakar (Expert System)
    Sistem informasi yang meng-capture dan menghasilkan kembali pengetahuan ahli pemecahan masalah atau para pengambil keputusan dan mensimulasikan kembali “pemikiran” ahli tersebut.
  5. Sistem Komunikasi dan Kolaborasi (Communication and Collaboration System)
    Sistem yang memungkinkan komunikasi lebih efektif antara orang-orang dalam maupun luar organisasi untuk meningkatkan kemampuan berkolaborasi.
  6. Sistem Otomatisasi Kantor (Office Automation System)
    Sistem informasi yang mendukung aktifitas bisnis kantor secara luas yang menyediakan aliran kerja yang diperbaiki antar personil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php