Rivan_Kurniawan95

Telekomunikasi dan Jaringan

Posted: October 16th 2012

Materi ini akan mempelajari telekomunikasi dan jaringan. Apa itu komunikasi komputer? Komunikasi komputer adalah proses yang terjadi antara 2 atau lebih komputer atau computer device yang mampu untuk mentransfer data dan berbagi sumber daya. Komponen dalam sistem telekomunikasi adalah hardware, media(perantara), network(jaringan), software, provider.

Telekomunikasi memiliki 2 tipe sinyal, yaitu Analog dan Digital.

  1. Analog  : Gelombang yang tidak terputus. Pengiriman sinyal dengan memanipulasi frekuensi dan atau amplitudo.
  2. Digital    : Gelombang diskret. Pengiriman sinyal dalam bentuk binary, sehingga mudah dipahami komputer.

 

Hardware komunikasi ada 3, yaitu….

  1. Modem                                                : Singkatan dari MOdulator DEModulator. Modem berfungsi untuk megubah sinyal analog menjadi digital maupun sebaliknya.
  2. Multiplex                             : Multiplex berfungsi untuk mentransmisikan beberapa sinyal ke dalam satu media.
  3. Front end processor       : Disebut juga otak dari komunikasi. Front end processor adalah sebuah alat khusus untuk mengelola komunikasi.

Sekarang, masuk ke bagian media komunikasi. Media komunikasi secara garis besar ada 2, yaitu berkabel(wire-based) dan nirkabel(wireless). Media berkabel ada 3 jenis, yaitu:

  1. Twisted Pair Wire
  2. Coaxial Cable
  3. Fiber Optic

Sedangkan yang wireless bisa melalui banyak cara, seperti:

  1. Gelombang Micro(Microwave)
  2. Satellite
  3. Gelombang Radio
  4. Infrared

Bandwidth adalah kumpulan dari frekuensi. Semakin besar bandwidth, semakin besar pula kapasitas, dan kecepatan transmisi. Transmisi memiliki 2 tipe, yaitu asinkronus yang mentransmisikan karakter per karakter dan sinkronus yang mentransmisikan kumpulan karakter jadi satu. Akurasi transmisi menentukan seberapa baik data diterima dan seberapa cepat data ditransmisikan.

Sekarang, kita masuk Network. Network adalah komponen yang menyambungkan 2  komputer atau lebih. Network secara lingkungan ada 2, LAN dan WAN. Dalam jaringan, kita akan mengenal istilah gateway, bridge, router.

  1. Gateway              : Gateway adalah prosesor dari komunikasi yang menghubungkan network yang berlainan dengan cara mentranslansikan protokol.
  2. Bridge                   : Bridge berfungsi untuk menghubungkan 2 jaringan yang bertipe sama.
  3. Router                  : Router berfungsi untuk memetakan pesan dalam beberapa LAN atau WAN yang saling berhubungan.

LAN atau Local Area Network adalah jaringan yang ada pada suatu area geografis yang kecil seperti rumah atau perkantoran. Dalam LAN dapat dikenal 5 topologi jaringan yang berbeda, yaitu star, bus, ring, hirarki, dan hybrid(gabungan dari beberapa topologi menjadi satu). Beberapa LAN dihubungkan dengan alat bernama bridge. Lalu LAN dapat juga terhubung ke jaringan lainnya melalui gateways.

WAN, singkatan dari Wide Area Network adalah jaringan yang ada pada suatu area geogragis yang luas. WAN terbesar di dunia adalah internet.

Sekarang, kita akan membahas tentang software jaringan komunikasi. Software ini dibutuhkan untuk mengecek error, memformat pesan pesan, dan memastikan keamanan dan privasi data. Komponen dari software komunikasi adalah Network OS, Network Management Software, Protocols.

  1. Network OS                                                       : OS ini membolehkan semua alat dalam jaringan untuk berkomunikasi. Contohnya adalah Windows NT.
  2. Network Management Software              : Software ini membuat task manajemen sebuah jaringan menjadi lebih simple.
  3. Protocols                                                             : Protocols mengatur suatu komunikasi dilakukan. Tipe protocol ada 2 yaitu Ethernet dan Transmission Control Protocol/Internet Protocol(TCP-IP)

Lalu, apasih aplikasi telekomunikasi pada kehidupan sehari hari? Aplikasinya banyak banget….! Ada Electronic Mail(e-mail), Videoconference, Electronic Data, Electronic Funds Transfer, Faksimil, Distance Learning, dan Telematics.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php