Rivan_Kurniawan95

Database

Posted: October 4th 2012

Materi kali ini menjelaskan tentang database. Pertama tama, mari mengenal istilah istilah berikut ini:

  1. Field                      : Grup logikal yang mengandung beberapa karakter, baik angka maupun huruf. Field dapat mengandung tipe data khusus, seperti Text, Numeric, AutoNumber, Currency, Date, Memo, Boolean, Hyperlink, Object(BLOB).
  2. Record                  : Grup logikal yang terdiri dari beberapa field yang saling berhubungan.
  3. File                        : Grup logikal yang terdiri dari beberapa record yang saling berhubungan.
  4. Database             : Grup logikal yang terdiri dari beberapa file yang saling berhubungan.
  5. Primary Key       : Field yang memiliki identitas yang unik dan beda dari yang lain.
  6. Secondary Key  : Field yang tidak memiliki identitas unik.

Melihat pengertian di atas, imajinasikan ada 5 buah mangkok dari ukuran kecil sampai ukuran yang besar. Mangkok yang terkecil adalah karakter, lalu mangkok tersebut dimasukkan ke dalam mangkok yang lebih besar, yaitu field. Lalu ‘mangkok’ field tersebut dimasukkan ke dalam ‘mangkok’ record. Kemudian ‘mangkok’ record dimasukkan ke dalam ‘mangkok’ file yang berukuran lebih besar. Terus, mangkok tersebut dimasukkan ke dalam mangkok yang paling besar yaitu ‘mangkok’ database.

Sehingga dapat diambil kesimpulan, yaitu seperti sebuah hirarki data.

Database

File

Record

Field

Character

Lalu, terdapat 2 tipe database, yaitu Centralized dan Distributed. Centralized database mempunyai kecepatan transmisi yang lambat tetapi recovery data lebih mudah. Sedangkan distributed mempunyai kecepatan transmisi yang cepat.

Kita akan mengenal DBMS di materi ini. DBMS adalah singkatan dari Database Management System. DBMS adalah kumpulan software yang menyediakan akses ke database. Komponen DBMS adalah Data Model, Data Definition Language(DDL), Data Manipulating Language(DML), Data Dictionary. Keuntungan menggunakan DBMS itu meningkatkan integritas data, meningkatkan keamanan, meningkatkan fleksibilitas IS, meningkatkan akses data, mengurangi kompleksitas IS, mengurangi biaya pengembangan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php