Rivan_Kurniawan95

Teknologi Informasi di Lingkungan Bisnis

Posted: September 10th 2012

Hi, Guys, Apa itu Infrastruktur Informasi? Infrastruktur Informasi adalah fasilitas, servis, dan manajemen yang membantu sumber sumber komputasi. Dapat pula berarti elemen elemen yang membuat sebuah informasi dapat diproses. Terdapat 5 jenis, yaitu:

1)         Hardware

2)         Software

3)         Jaringan

4)         Database

5)         Sistem informasi manajemen

So, apa itu Arsitektur Informasi? Arsitektur informasi adalah sebuah rencana yang menjelaskan syarat syarat informasi dan bagaimana syarat tersebut dapat terpenuhi. Arsitektur Informasi mempersatukan syarat syarat informasi, infrastruktur informasi yang ada dan telah direncanakan serta aplikasi software. Arsitektur informasi juga membantu menjamin sebuah organisasi menemukan kebutuhan bisnisnya yang tepat.

Apakah arti sebuah sistem informasi? Menurut Turban dan Rainer pada tahun 2003, sistem informasi adalah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menganalisa data dan informasi untuk tujuan tertentu. Menurut Turban dan Rainer, sistem informasi berbasis komputer adalah sistem inforasi yang dikembangkan untuk menyediakan solusi pada masalah bisnis. Sedangkan sistem informasi berbasis komputer menurut Shelly, Cashman, Vermaat pada tahun 2004 adalah penggunaan hardware, sortware, brainware (user), data, prosedur untuk menghasilkan suatu informasi yang berkualitas. Terdapat 8 tipe sistem informasi, yaitu:

1)      Transaction Processing System (TSP)

2)      Management Information System (MIS)

3)      Office automation System

4)      Decision Support System

5)      Intelligent Support System

6)      End User Computing

7)      Knowledge Management System

8)      Data Warehouse

9)      Mobile Computing

1. Transaction Processing System (TSP)

*  Membantu per-bisnis-an.

*  Mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan data transaksi bisnis dasar.

*  Menyediakan pondasi data untuk sistem lainnya.

*  Dapat menjadi kompleks dan dapat dimanipulasikan.

*  Esensial untuk menuju kesuksesan bisnis.

*  Contoh : Sistem transaksi PayPal, sistem yang digunakan agen kartu kredit, transaksi jual beli onlie, e-ticket, e-banking, m-banking, e-ktp.

2. Management Information System (MIS)

* Membantu dalam pengambilan keputusan

* Mengakses, mengatur, meringkas, dan menampilkan informasi.

* Mengantisipasi masalah dan melakukan laporan rutin.

* Meramalkan sebuah tren dan menjawab pertanyaan.

* Contoh : Sistem presensi untuk dapat mengikuti UAS atau tidak, stock dan report bulanan, report billing warnet, IPK dan pengeluaran nilai huruf, sistem DO 2 tahunan UAJY, sistem penjurusan SMA berdasarkan inputan nilai.

3. Office Automation System

Sistem seperti pada pengolahan kata yang dikembangkan untuk membantu perkantoran dan pekerja pada pengetikan.

4. Decision Support System (DSS)

Sistem ini berfungsi untuk membantu managerial dalam mengambil keputusan. Terdiri dari Executive Information System (untuk manager level tinggi seperti direksi) dan Group Support System.

5. Intelligent Support System (ISS)

Sistem ini memiliki kemampuan mempelajari history sehingga dapat mengetahui proses dari awal sistem dibuat hingga saat membuat keputusan.

6. End user computing

Penggunaan atau pengembangan dari sistem informasi oleh pengguna seperti seorang analis, manajer, dan ahli ahli.

7. Knowledge Management System

Sistem yang membantu dalam pembuatan, pengumpulan, pengaturan, pengintegrasian sebuah pengetahuan yang dimiliki suatu organisasi.

8. Data Warehousing

Adalah database yang didesain untuk membantu DSS, ISS, dan analitikal lainnya serta aktivitas end-user.

9. Mobile Computing

Sistem yang dapat melakukan komputasi secara berpindah pindah.

Sistem informasi dalam suatu organisasi dikembangkan untuk membantu bagaimana organisasi tersebut terstruktur. Sistem informasi terdiri dari beberapa aplikasi. Dan aplikasi adalah sebuah sistem yang dikembangkan untuk tujuan tertentu. Bantuan sistem informasi diperlukan oleh seseorang tergantung dari tingkatnya.

* Top manager membuat keputusan strategis.

* Middle manager membuat keputusan taktis.

* Line manager membuat keputusan operasi.

* Pekerja pada bidang informasi membuat dan mengintegrasikan informasi.

* Pekerja pengetikan menggunakan dan memanipulasikan informasi.

@ Hirarki/tingkatannya adalah:

*Strategic Decision

^Tactical Decision

^Operation decision

^Integrate knowledge

^Manipulate information

Karena sistem informasi ditantang untuk menambahkan hal-hal yang strategis, manajemen sistem informasi menjadi lebih kompleks. Maka organisasi membentuk departemen sistem informasi dikepalai oleh seorang Chief Information Officer (CIO).

Dari semua di atas, dapat diringkas:

1)      Infrastruktur Informasi : Terdiri dari semua fasilitas, servis, dan manjemen yang membantu semua sumber komputasi.

2)      Arsitektur Informasi : Menjelaskan syarat informasi dan bagaimana syarat itu terpenuhi.

3)      Klasifikasi Sistem Informasi : Terdiri dari Transaction Processing System, Management Information System, Office Automation System, Decision Support System, Intelligent Support System, End User Computing, Knowledge Management System, Data Warehousing, dan Mobile Computing.

4)      Sistem infrmasi didesain untuk membantu struktur organisasi.

5)      Manajemen sumber sistem informasi adalah tanggung jawab dari departemen sistem informasi dan end users.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php