Riska A Sitompul

PTI : Wireless and Mobile

Posted: December 2nd 2012

Wireless adalah teknologi yang beroperasi tanpa kabel / nirkabel. PDAs, cellular phones, smart phones, dan WAP merupakan perangkat dari bagian wireless, sedangkan Microwave transmission systems, Satellite transmission, Footprint, Broadcast transmission dan Propagation delay merupakan bagian dari wireless transmission media.

Jaringan area pribadi (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer (misalnya, telepon, PDA, ponsel pintar) dekat satu orang. Bluetooth digunakan untuk membuat PANs kecil; menghubungkan hingga 8 perangkat dalam area 10 meter, menggunakan komunikasi daya rendah, radio berbasis, dapat mengirimkan hingga 1 Mbps. Zigbee dapat memindahkan data hanya seperempat secepat Bluetooth, dapat menangani ratusan perangkat sekaligus, aplikasi yang paling menjanjikan adalah pembacaan meter. IEEE standar untuk WLAN adalah keluarga 802.11, yang dikenal sebagai Wi-Fi (Wireless Fidelity), banyak orang menggunakan wi-fi dikarenakan biaya yang rendah dan akses internet yang sederhana, tetapi wi-fi juga memilik bebrapa masalah ketika kita menggunakannya yaitu roaming, biaya, dan keamanan. WiMax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah nama untuk standar IEEE 802.16, akses nirkabel jarak hingga 31 mil, kecepatan transfer data 75 Mbps, aman sistem yang menawarkan suara dan video.

Mobile computing mengacu pada real-time, koneksi nirkabel antara perangkat mobile dan lingkungan komputasi lain, seperti internet atau intranet dan memiliki 2 karakteristik utama yang membedakannya dari bentuk-bentuk lain dari komputasi, manfaat menggunakan mobile computing adalah selalu ada dimana saja, update dalam informasi yang baru, konetktivitas yang mudah, dapat membuat produk dan menjadi lokal.

 


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

PTI : Electronic Commerce

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php