Riska A Sitompul

PTI : Electronic Commerce

Posted: November 26th 2012

Electronic Commerce dimulai awal 1970 dan hanya terbatas untuk perusahaan besar. Ruang lingkup E-Commerce saat ini meliputi kalaborasi dengan mitra bisnis diselurih dunia, menyediakan layanan konsumen, lelang, dan sebagainya.

E-Commerce adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet.

E-Business adalah perluasan dari konsep E-Commerce, tidak hanya terdiri pembelian dan penjualan barang tapi juga meliputi layanan konsumen, kalaborasi dengan rekan bisnis, melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan. Dalam E-Business ada 2 istilah yaitu Pure dan Partial, Pure dan Partial E-Commerce dapat dibedakan berdasarkan tingkat digitalisasi dari produk, proses bisnis, dan delivery agen. Tipe E-Commerce

  • •Business-to-business EC (B2B)
  • •Collaborative commerce (c-commerce)
  • •Business-to-consumer EC (B2C)
  • •Consumer-to-businesses (C2B)
  • •Consumer-to-consumer (C2C)
  • •Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  • •Government-to-citizens (G2C) and others
  • •Mobile commerce (m-commerce)

E-market adalah pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar ( barang, layanan, uang dan informasi). E-market sama dengan Inter-organisasi sistem, tetapi Inter-organisaasi sistem antara dua atau lebih perusahaan. Perbedaan keduanya lebih pada cara pemprosesan transaksi atau apa yang di pertukarkan.

Raffles Hotel dan Qantas Airways adalah contoh beberapa pengguna E-Commerce


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

PTI : Fungsional, Enterprise and Interorganizational Sistem

Go to post

PTI : Wireless and Mobile

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php