Riska A Sitompul

PTI : Fungsional, Enterprise and Interorganizational Sistem

Posted: November 18th 2012

Dalam Sistem Informasi terdapat 2 istilah penting, yaitu Transaction Processing Systems (TPS) dan Management Information System (Mis). Transaksi adalah setiap peristiwa yang terjadi selama operasi bisnis. TPS sendiri berperanĀ  mencatat transaksi dan menyimpan data yang menjabarkan setiap proses bisnis yang terjadi. Ciri-ciri TPSĀ  adalah otomatis, berulang, konsisten, bersifat besar, menyediakan pondasi untuk sistem informasi lainnya, dan memberikan impresi /kesan kepada konsumen mengenai kualitas dari suatu bisnis.Sistem Akuntansi dan keuangan terbagi menjadi 3, yaitu Perencanaan Keuangan dan Penganggaran, Investasi Manajemen, dan Kontrol Keuangan.

Cara Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perencanaan adalah mengelola file perorangan dan persediaan keterampilan, mengelola tunjangan, dan menyesuaikan dengan laporan pemerintah. Alasan integrasi sistem informasi yaitu kurangnya basis fungsional sehingga tidak bisa memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh karyawan, tidak mengijinkan departemen yang berbeda, dan data penjual jadi sering diinput dengan cara manual. Metode menghubungkan sistem yang ada dan menggunakan aplikasi supply management dilakukan untuk mengintegrasi sistem informasi.
Tipe Sistem interorganisasional ada 6 macam yaitu sistem global, Elektronik data interchange (EDI), Electronic transfer dana (EFT), ekstranet, Shared databases, dan Integrated messaging. Interorganisasional dan sistem informasi global memberikan peluang besar tetapi sangat kompleks (rumit).

 


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

PTI : Internet, Intranet dan Extranet

Go to post

PTI : Electronic Commerce

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php