Riska A Sitompul

PTI : Internet, Intranet dan Extranet

Posted: November 11th 2012

Internet adalah jaringan komputer terbesar di dunia. Ciri yang khas dari internet yaitu pertukaran informasinya sangat mudah, menggunakan standart dan protokol yang terbuka, tidak eklusif, dan dalam jaringan saling berhubungan. Layanan-layanan yang ditawarkan internet adalah E-mail, web, chat, instant messaging, file transfer, message board, USENET newsgroups, Streaming audio and video,Telnet, Internet telephony, Internet fax, serta World Wide Web.

World Wide Web memungkinkan berbagai macam aplikasi untuk bisnis, termasuk intranet dan extranet. Yang dimaksud dengan intranet yaitu jaringan internal yang menggunakan teknologi internet. Intranet ini digunakan untuk mendeploy aplikasi perusahaan, yang diutamakan dalam intranet ini adalah keamanannya Sedangkan Extranet yaitu Perluasan dari sebuah intranet untuk dipilih oleh outside business partners seperti suppliers, distributors, dan key customers.

Dalam penggunaan WWW banyak kendala-kendala yang terjadi  termasuk kemacetan, dan keamanan privasi. Berikut adalah 8 tipe dari Web sites:

1. Portal (contoh: Yahoo.com)

2. News (contoh: Kompas.com)

3. Informational

4. Business/marketing

5. Educational (contoh: Pendidikan.net)

6. Entertainment

7. Advocacy

8. Personal (contoh: WordPress.com)

 

 


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

PTI : Telekomunikasi dan Jaringan

Go to post

PTI : Fungsional, Enterprise and Interorganizational Sistem

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php