Riska A Sitompul

PTI : Telekomunikasi dan Jaringan

Posted: November 4th 2012

Komputer Komunikasi adalah proses dimana beberapa komputer yang saling terhubung dan saling berperintah, sedangkan Sistem Telekomunikasi adalah perangkat keras dan perangkat lunak yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainya. Telekomunikasi ini terdiri dari beberapa komponen, yaitu hardware, software, media, networks, protokol, data communication providers, dan aplikasi. Telekomunikasi memiliki 2 sinyal listrik yang sering digunakan yaitu sinyal analog yang bersifat kontiniu (amplitudo dan frekuensi), dan sinyal digital yang penyampaian informasinya dalam bentuk biner. Kedua sinyal ini masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan, maka tergantung situsi dan kondisi pakai.

Perangkat keras komputer yang digunakan dalam mentransmisi data dan penerimaan adalah modem, multiplex, dan Front-end Processor. Sedangkan kabel-kabel pendukungnya antara lain adalah Twisted-pair wire (murah, mudah bekerja dengan lambat mudah gangguan, tingkat keamanan rendah, contoh: telepon), Coaxial cable (kapasitas tinggi, aman, mahal, tingkat keamanan rendah), Fiber-optic cable (mengirimkan informasi sebagai gelombang cahaya melalui serat gelas, cepat, kapasitas tinggi, aman), Microwave (kapasitas tinggi, lebih murah dibandingkan coaxial cable, menggunakan tower, didaerah bukit susah nembak), Satellite (kapasitas sangat tinggi, mencakup banyak area bahkan seluruh dunia, mahal, propagasi delay, memrlukan enkripsi keamanan), Radio (baik digunakan dalam jarak pendek, murah, mudah diinstall, kecepatan tinggi, tidak aman), dan Infrared.

Network (jaringan) adalah alat media komunikasi dan perangkat lunak yang digunkan untuk menghubungkan 2 atau lebih sistem komputer. Jaringan memiliki 2 jenis, yaitu:LAN (Local Area Network) yang mencakup jarak geografis yang relatif kecil, baik digunakan di kantor dan rumah dan WAN (Wide Area Network) yang mencakup jarak geografis yang relatif sangat luas, seprti pada internet yang dapat digunakan seluruh masyarakat dunia.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

PTI - Mengelola Data dan Informasi Organisasi

Go to post

PTI : Internet, Intranet dan Extranet

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php