Riska A Sitompul

PTI : Perangkat Lunak (Software)

Posted: September 27th 2012

Perangkat Lunak atau yang biasa sering kita sebut dengan Software dapat dikategorikan menjadi 2 kategori, yaitu sebagai berikut:

1. System software, adalah intruksi yang mengelola sumber daya hardware seperti mengontrol dan mendukung aktivitas dari sistem komputer, mendukung software aplikasi demgan mengarahkan fungsi dasar dari komputer, memfasilitasi pengembangan program, pengujian debugging, dan juga system software merupakan indepeden dari semua jenis aplikasi.

2. Application software, adalah sebuah program yang menjalankan aktivitas pengoahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna, seperti untuk membuat laporan manajemen,dll.

Bahasa Pemprograman merupakan bahasa pemrograman yang memungkinkan orang untuk menjalankan intruksi ke komputer apa yang harus dikerjakan, bahasa pemprograman juga digunkan bila kita ingin mengembangakan sebuah aplikasi. Bahasa pemrograman memiliki 5 generasi, generasi yang pertama yaitu Bahasa mesin (Machine language), Assembly language, Procedural language, Nonprocedural language, dan generasi terakhit adalah Natural language programming languages.

Permasalahan yang banyak dialami organisasi atau perusahaan yaitu adanya tekanan kompetitif yang menyebabkan perlunya perubahan dalam prosedur organisasi, namun semua berbagai jenis software dan hardware yang digunakan menyebabkan perubahan yang sulit dikendalikan. Sehingga enterprise membuat solusi yang tepat dalam mengatasi permaslahan tersebut, yaitu paket software dengan modul fungsionalitas yang terintergrasi(SDM, operations, marketing, finace, accounting, dll ), menggunakan middleware untuk mengintegrasikan aplikasi yang berbeda, dan enterprise software mengelola semua operasi didalam organisasi. Solusi-solusi tersebut dibuat agar enterprise dapat menghasilkan sistem organisasi terpadu.

 


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

PTI : Perangkat Keras

Go to post

PTI - Mengelola Data dan Informasi Organisasi

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php