Riska A Sitompul

PTI : Perangkat Keras

Posted: September 23rd 2012

Komponen Perangkat Keras dari sistem informasi yaitu CPU, Memory, Input devices, dan Output devices. Di dalam komponen tersebut, CPU yang berfungsi menjalankan instruksi yang memberitahukan bagaimana komputer bertindak dan Memory yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara merupakan 2 komponen utama pada Motherboard.

-) Motherboard adalah papan sirkuit utama didalam unit sistem terdiri dari processor chips/memory chips/adapter cards, motherboard ini juga biasa disebut dengan system.

Yang mengeksekuesi untuk melakukan tugas pengolahan disebut dengan mikroprosesor. Berikut merupakan komponen dari mikroprosesor:

  • Control Unit
  • Arithmetic Logi Unit
  • Register
  • Primary Storage

Memori juga dikenal sebagai memori utama. Di dalam memori terdapat komponen elektronik yang menyimpan intruksi, data, dan hasil. Memori terdiri dari 1 atau lebih chips di motherboard atau circuit board lainnya. Lokasi dimana menyimpan tiap byte disebut addiess.

-) Primer memori adalah tempat penyimpanan sementara yang memegang 3 hal, yaitu: informasi anda bekerja dengan, perangkat lunak yang anda gunakan, dan perangkat lunak sistem informasi. Jenis-jenis primer memori yaitu: Register, RAM, Cache Memory, dan ROM.

Sekunder memori adalah nonvolatil memori yang dapat dihapus secara elektronik dan memprogramyang memiliki keunggulan dari pada primer memori, yaitu kapasitas penyimpanan besar, lebih murah daripada primer memori, lebih lambat daripada primer sekunder, dan juga magnetik dan optik media penyimpanan.

 


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

PTI : Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Go to post

PTI : Perangkat Lunak (Software)

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php