Ridwan Blog

Cara Mudah untuk Mengetahui Kondisi Rem Mobil Anda

Posted: March 13th 2018

Rem pada mobil memiliki fungsi yang cukup signifikan untuk menahan lajunya kendaraan beroda empat ini ataupun memberhentikannya, ketika tujuan perjalanan telah dicapai. Selain sebagai alat utama dalam menghentikan laju kendaraan, rem juga memiliki peranan yang cukup penting dalam memberikan tingkat keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Melihat fungsi penting dari rem mobil inilah, maka sangat dianjurkan bagi kita para pengendara mobil menurut infokendaraan.com, untuk mengecek terlebih dahulu kondisi dari rem sebelum menggunakan kendaraan roda empat tersebut. Dengan melakukan pengecekan inilah, maka keadaan dan kondisi rem akan dapat kita ketahui, sehingga keselamatan dalam berkendara pun akan lebih Anda dapatkan dengan pasti.

Untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi dari rem mobil yang akan Anda gunakan tersebut, ada beberapa cara ataupun tahapan yang dapat Anda lakukan. Tahapan-tahapan tersebut sangat efektif dan mudah untuk Anda lakukan, sehingga tidak akan menghabiskan waktu yang Anda miliki. cara yang dapat Anda lakukan tersebut, dapat Anda aplikasikan pada berbagai jenis rem mobil yang ada, baik rem mobil automatic ataupun rem mobil lainnya, sehingga Anda tak perlu khawatir akan fungsi dari komponen keselamatan tersebut.

Berikut ini beberapa cara mengetahui kondisi dari rem mobil yang akan kita gunakan, dimana cara tersebut antara lain adalah:

Cara Mudah untuk Mengetahui Kondisi Rem Mobil Anda

• Jika Anda menekan pedal rem, dan Anda rasakan getaran, dengan disertai bunyi yang aneh, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa bagian dari disk brake rem mobil Anda mengalami ketidakrataan pada bagian permukaannya, dimana hal inilah yang mengharukan Anda untuk mengganti disk brake tersebut.
• Ketika mobil hendak digunakan dan terlebih dahulu dilakukan pemanasan, dimana pada saat tersebut keluar bau hangus, maka Anda wajib mewaspadai akan daya tahan yang ditimbulkan oleh rem mobil, dimana hal tersebut mengindikasikan adanya kebocoran oli pada bagian kaliper.

Jika Anda sedang menggunakan mobil kesayangan Anda untuk melakukan pemanasan, dan Anda rasakan kekuatan ataupun kecepatan dari mobil yang digunakan menurun, maka dapat dipastikan bahwa hal tersebut merupakan pengaruh dari adanya kondisi rem mobil yang kurang optimal. Untuk mencegah terjadinya gejala kerusakan akibat mobil tersebut, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk melakukan perawatan secara berkala. Selain untuk menjaga fungsi dari rem agar dapat berjalan sebagai mana mestinya, hal tersebut juga dapat menambah pengalaman kita dalam dunia otomotif.

Jika berbagai gejala yang seperti disebutkan diatas telah terjadi pada kendaraan Anda, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk segera membawanya ke bengkel tercepat, agar nantinya dapat memperoleh perawatan dan perbaikan dengan optimal. Proses perbaikan rem mobil tersebut tidak dapat Anda lakukan sendiri, tanpa keahlian khusus karena memang hanya dapat dilakukan oleh seorang tenaga ahli, mengingat tingkat kesulitan dalam menggunakannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php