Rico Rusmana Putra

Data, Knowledge, and Decision Support

Posted: December 6th 2012

Data, Knowledge, and Decision Support

Dalam sebuah organisasi, seorang manager (Mid Manager sampai Top Manager) berperang dalam mengelola atau membuat keputusan. Ada beberapa factor dalam mengelola keputusan, diantaranya adalah interpersonal (gaya mengambil keputusan), informational (memantau informasi), dan Decisional (membuat keputusan). Seorang manager memerlukan IT karena manager mengelola informasi dan dengan IT dapat menganalisa secara lebih cepat dan akurat. Sebelum mengambil keputusan tentu harus ada data yang berupa data internal, personal, atau external yang didapat secara manual, instrument dan sensor, scanning/transfer elektronik, atau dengan cara yang lainnya.

Data dikatakan berkualitas jika akurat, aman, relevan, terkini, utuh, dan konsisten. Mengambil keputusan dilakukan melalui beberapa fase yaitu intelligence phase, design phase, choice phase, dan implementation of solution. System pengambil keputusan memberikan komputerisasi untuk proses pembuat keputusan. End-user melakukan model untuk merepresentasi, mengerti, dan memudahkan situasi pengambilan keputusan. Yang dimaksud dengan model adalah penyederhanaan representasi dari sebuah realita. Beberapa macam model yaitu iconic model, analog model, mathematical model, dan mental model.

Decision support system atau system pengambil keputusan digunakan ketika keputusan tidak terstruktur. Karakteristik dari system tersebut adalah mudah untuk dibangun, melakukan analisis secara detail, dapat diadaptasikan menurut kondisi yang terjadi, dan lainnya. Komponen dari system ini adalah data management, user interface, model management, knowledge management. Data yang telah diambil selanjutnya dianalisis atau biasa disebut dengan proses analytical processing. Online analytical processing menggunakan decision support system, berguna karena merespon secara cepat permintaan user.  Selain itu, pengetahuan (knowledge) merupakan sumber terorganisir yang dapat disimpan dan dikelola. IT mendukung dalam knowledge management yaitu dalam identifikasi, analisis, perolehan, pembentukan, dan lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php